SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (19/9/2023).

Solopos.com, SOLO–Setelah lebih dari seperempat abad melayani para pemangku kepentingan Soloraya dan Indonesia, Solopos terus menjalani transformasi bisnis yang tidak mudah. Terlebih selama tiga tahun terakhir setelah Indonesia mengalami dampak pandemi.

Juga beberapa tahun terakhir setelah disrupsi digital mengubah drastis ekosistem media di Indonesia dan seluruh dunia. Perubahan perilaku audiens, pembaca dan pengiklan, serta perkembangan teknologi yang disruptif, menjadi ancaman, peluang dan tantangan tersendiri.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Bisnis media, karenanya, dituntut untuk tidak saja semakin adaptif, tetapi juga harus agile. Lincah bergerak. Gesit bertindak. Audiens maupun pengiklan tidak bisa lagi didekati dengan cara yang sama. Seperti dulu. Semuanya harus berubah. Bahkan dengan eksperimentasi. Coba-coba. Saya menyebutnya sebagai ”trial and adjust”, untuk tidak mengatakan ”trial and error”.

Itu pulalah yang dilakukan Solopos, sebagai fundamen pokok, metode dan strategi, dari transformasi bisnis yang dijalani, setidaknya tiga tahun terakhir. Sebagai perusahaan media, yang kini terus-menerus melakukan evaluasi dan penyesuaian terhadap peranan news atau berita sebagai panglima, dan pelan namun pasti mengokohkan posisi informasi sebagai ”komoditas” inti.

Objektif utama transformasi ini, yang dimulai dari perubahan manajemen konten hingga model bisnis. Ini tentu saja diikuti perubahan organisasi dan pengukuran kinerja individu dan tim, adalah untuk meningkatkan manfaat atas kehadiran Solopos bagi pemangku kepentingan.

Dengan dasar pendekatan yang ”pragmatis tetapi profesional”, Solopos yang dalam dua tahun terakhir ini mengukuhkan brand barunya sebagai SMG (Solopos Media Group) mulai mendapatkan ”positive impact” dari sisi penguatan trust dan pembalikan (turning around) bisnisnya.

TPA Putri Cempo Disiram Air dari Udara

SOLO–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo berencana menyiram Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Solo, dengan air dari udara atau water bombing, Selasa (19/9/2023).

Hal itu disampaikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Senin (18/9/2023) pagi. Gibran menjelaskan penyiraman air dari udara dilakukan di TPA Putri Cempo seusai Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerapkan water bombing di Gunung Bromo.

“Besok ada water bombing, tanggal 19 ya, baru jalan dari Bromo ini,” jelas Gibran. Menurut dia, belum ada laporan warga sakit infeksi saluran pernapasan akut di Kota Solo. Sekolah terdekat dari TPA Putri Cempo di Kota Solo juga tidak ada yang terdampak kebakaran. “Sejauh ini Mojosongo masih aman soalnya angin arahnya ke Karanganyar. Mohon maaf kalau tak nyaman. Water bombing otomatis Insya Allah bisa langsung selesai, kami kejar ya, biar besok,” ungkap dia.

Mendorong Hilirisasi Bawang Merah

JAKARTA—Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki terus mendorong hilirisasi produk bawang merah. Menurutnya, program ini dapat membantu petani mendapatkan nilai tambah dan jaminan harga dari produk yang dihasilkan saat musim panen raya.

Hilirisasi bawang merah juga akan mendorong kesejahteraan para petani. Sehingga, menurut Teten, hal ini akan berperan serta menjaga stabilitas harga dan inflasi bawang merah sepanjang tahun.

“Kalau kita tidak mengolah hasil pertanian yang sangat dipengaruhi musim, maka kita enggak pernah bisa membangun kesejahteraan petani, kita juga tidak pernah bisa menstabilkan suplai pangan selama setahun penuh karena harga fluktuatif,” kata Teten, Minggu (17/9/2023).

Bawang merah bisa dikembangkan menjadi beberapa produk. Beberapa di antaranya adalah bawang goreng, bawang krispi, tepung bawang merah, hingga pasta.

Kementerian Koperasi dan UKM juga menyatakan kesiapan membantu memasarkan produk olahan bawang merah di pasar domestik maupun luar negeri. Di sisi lain, dia juga menekankan pentingnya menjaga pasokan dan produksi bawang merah secara nasional. Selama ini bawang merah menjadi salah satu penyumbang inflasi terbesar saat musim paceklik.

Tak Ideal Lawan Kirgizstan

SOLO—Tim Indonesia U-24 dalam kondisi kurang ideal mengawali cabang olahraga (cabor) Asian Games Hangzhou 2022 melawan Kirgizstan U-24, Selasa (19/9/2023) pukul 18.30 WIB. Indonesia berada di Grup F yang akan memainkan laga di Zhejiang Normal University East Stadium bersama Kirgizstan, Chinese Taipei, dan Korea Utara.

Untuk menghadapi ajang ini, PSSI telah menetapkan 22 pemain. Sebagian besar sudah berangkat ke China untuk menghadapi laga perdana. Namun sebagian lain harus menyusul lantaran memperkuat klub masing-masing dalam laga pekan ke-12 Liga 1 2023/2024, akhir pekan lalu.

Itu seperti dua pemain PSIS Semarang Luthfi Kamal dan Alfeandra Dewangga. Mereka menyusul ke skuad Garuda lantaran bermain untuk Mahesa Jenar melawan Persis Solo, Sabtu (16/9/2023). Saat itu PSIS kalah 0-2.

Ada pemain satu pemain yang dipanggil PSSI, tetapi bakal tak bisa memperkuat Indonesia U-24 lantaran tak mendapat restu klub. Dia adalah Ramadhan Sananta, striker andalan Garuda. Persis Solo menolak melepas Sananta karena sangat memerlukan tenaganya untuk mengarungi kompetisi Liga 1.

Indonesia U-24 langsung menjalani latihan pemulihan fisik setibanya di Jinhua Youth Sports Scholl Football, Huangzhou, Minggu (17/9/2023) malam. Pelatih Indonesia U-24, Indra Sjafri, mengatakan timnya siap bermain di laga perdana melawan Kirgizstan.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (19/9/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya