SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (17/11/2023).

Solopos.com, SURABAYA–Ulasan tentang Timnas U-17 Indonesia harus mengakui keunggulan Maroko dalam laga penentuan nasib Kamis (16/11/2023) malam diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (17/11/2023). Tim Singa Atlas Muda menundukkan skuad Garuda Muda dengan skor 3-1.

Diberitakan Solopos hari ini, kekalahan ini membuat peluang Indonesia lolos ke babak 16 besar atau fase gugur, kecil lantaran berada di peringkat tiga klasemen akhir Grup A dengan dua poin. Indonesia sebenarnya berharap bisa lolos pada jalur peringkat tiga terbaik yang hanya tersedia empat slot.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Namun, saat ini sudah ada tiga tim berperingkat tiga dengan poin lebih baik dibanding Indonesia yakni Uzbekistan (4 poin-Grup A), Iran (3 poin-Grup C), dan Jepang (3 poin-Grup D). Indonesia hanya bisa berharap poin milik tim berperingkat tiga dan empat di Grup E dan F tidak lebih baik dari Indonesia di klasemen akhir. Tim-tim ter­sebut masih menyisakan satu pertandingan lagi.

Selanjutnya, Maroko akan meng­hadapi peringkat tiga terbaik di antara Grup C/D/E di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, pada 21 November 2023. Sementara Indonesia harus menunggu kepastian peringkat tiga terbaik setelah semua grup selesai bertanding. Gol-gol kemenangan pasukan Singa Atlas Muda diciptakan Anas Alaoi pada menit 28 lewat tendangan penalti, Abdelhamid Ait Boudal di menit 39 melalui sundulan, dan Mohamed Hamony menit 64 lewat tendangan di depan kiper Indonesia.

Sementara, satu gol skuad Garuda Muda dicetak Nabil Asyura pada menit 42 melalui tendangan bebas. Pada awal babak pertama Indonesia mengambil inisiatif se­rangan terlebih dahulu dan menghasilkan sepak pojok ketika pertandingan baru berusia dua menit. Sayang, kesempatan itu belum bisa dimanfaatkan dengan baik. Semenit kemudian giliran Maroko menebar ancaman melalui skema serangan dari sisi kanan pertahanan Indonesia.

Jalan Joglo Dibuka Awal Desember 2023

SOLO—Jembatan rel layang kereta di simpang tujuh Joglo, Banjarsari, Solo, sudah tersambung konstruksinya. Dengan ram­pungnya pembangunan konstruksi bentang utama jembatan yang berupa ke­ rangka pipa baja itu, jalan di simpang tujuh Joglo bisa segera dibuka. Rencananya pem bukaan jalan dilakukan pada awal Desember 2023.

Site Manager Proyek Pembangunan jalur KA elevated [layang] antara Solo Balapan-Kadipiro, Solo, Dendy Purbowo, menjelaskan sudah melakukan rapat dengan pihak-pihak terkait untuk rencana pembukaan jalan, antara lain dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo. “Kemarin hasil rapat dengan Dishub, simpang Joglo akan dibuka kembali di pekan pertama bulan Desember 2023,” kata Dendy saat dihubungi Espos, Kamis (16/11/2023) sore.

Dendy belum bisa memastikan tanggalnya karena masih ada pekerjaan apabila semua rangka jembatan tersambung. Namun ada proyeksi pembukaan dilakukan maksimal pada Kamis (7/12/2023). “Persiapannya nanti pembersihan jalan dan pengamanan struktur jembatan biar enggak ditabrak pengendara,” ungkapnya.

Sentimen Negatif Manufaktur Jelang Akhir Tahun,

JAKARTA – Sentimen negatif membayangi kinerja industri manufaktur jelang akhir tahun. Kelesuan pasar domestik maupun global, disusul pelemahan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, membuat pelaku industri mengerem produksi.

Hal ini terlihat dari Badan Pusat Statistik (BPS) terkait kinerja impor bahan baku/penolong per Oktober 2023 (lihat grafis). iSecara kumulatif atau hingga Oktober 2023, total nilai impor bahan baku penolong tercatat US$19,32 miliar atau turun 12,65% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Di saat bersamaan, Indeks Kepercayaan Industri (IKI) yang merangkum data dan survei pelaku industri, memperlihatkan tren penurunan. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatat penurunan indeks kepercayaan industri (IKI) Oktober 2023 yang menyentuh level 50,70 atau melambat 1,81 poin dibandingkan September 2023 yang mencapai 52,51.

Sumpah Serapah Dunia untuk Israel

JAKARTA—Dunia mengutuk serangan Israel terhadap Rumah Sakit (RS) Al Shifa—RS terbesar di Gaza—Rabu (15/11/2023). Israel menutup telinga dan berdalih RS itu menjadi pusat komando operasi Hamas. Padahal, pengelola RS berulang kali membantah hal itu.

Tentara Israel memasuki RS Al Shifa pada Rabu pagi dan menggeledah kamar dan ruang-ruang bawah tanah dengan dalih mengejar anggota Hamas. Faktanya, serangan Israel menewaskan para tenaga medis yang bekerja merawat pasien.

Pihak berwenang di Gaza melaporkan setidaknya 200 pekerja medis terbunuh di Jalur Gaza sejak dimulainya eskalasi 7 Oktober 2023. Menurut laporan tersebut, korban meninggal dunia tersebut termasuk dokter, perawat, dan paramedis yang bekerja di Jalur Gaza. Total korban meninggal dunia di Gaza mencapai 11.500. Korban meninggal dunia tersebut termasuk 4.710 anak-anak dan 3.160 perempuan.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (17/11/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya