SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (29/12/2023).

Solopos.com, JAKARTA–Ulasan tentang kekhawatiran soal integritas atau kejujuran proses Pemilu 2024 khususnya dalam pemilihan presiden dan wakil presiden masih kuat disuarakan kubu pasangan capres-cawapres diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Kamis (29/12/2023). Kubu yang paling kencang menyuarakannya adalah tim dari pasangan nomor urut 1 dan nomor urut 3.

Diberitakan Solopos hari ini, Capres Nomor Urut 1, Anies Baswedan, misalnya, mengaku gelisah dengan viralnya pemberitaan mengenai kedatangan pu­luhan ribu lembar surat suara di Taiwan yang disebut didistribusikan sebelum waktunya. Anies mempertanyakan apakah pemilu akan berlangsung adil dan jujur.

Promosi Pelaku Usaha Wanita Ini Akui Manfaat Nyata Pinjaman Ultra Mikro BRI Group

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan kejadian ini menyalahi aturan karena surat suara untuk pemilih luar negeri dengan metode pos seharusnya baru didistribusikan pada 2-11 Januari 2024. KPU pun menyebut semua surat suara itu akan diberi status “rusak” dan akan diganti.

Pertanyaan Anies pun didukung Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar–Mahfud seperti yang disampaikan Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto, Kamis (28/12/2023). “Terkait yang disampaikan Mas Anies tentang pemilu apakah akan berlangsung adil dan jujur, ini berarti kami berhadapan dengan strategi nonpemilu. Kalau strategi pemilu kami bisa mengendalikan, apa yang kami harus lakukan,” ujar Andi.

Sementara itu, terkait strategi nonpemilu, Andi mengatakan bahwa dibutuhkan kesadaran apakah berbahaya bagi demokrasi dan tuntutan reformasi Indonesia. Sebab, sikap TPN, jelas dia, tetap fokus menyiapkan strategi pemilu. Andi kemudian menjelaskan tentang perbedaan antara strategi pemilu dan strategi nonpemilu. Strategi pemilu yang dilakukan TPN Ganjar-Mahfud fokus pada empat hal, yaitu kandidat, pro­gram, komunikasi media, dan kinetik teritorial.

Urban Farming Jadi Ajang Regenerasi Petani

Isu regenerasi petani menjadi perhatian saat ini di saat kebutuhan pangan meningkat namun lahan pertanian dan pelaku usaha pertanian cenderung berkurang. Tak heran jika kegiatan urban farming di Dukuh Pisah dan Gondang, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali digadang-gadang menjadi ajang regenerasi petani yang menarik kaum muda.

Kegiatan pertanian di lingkungan perkotaan di Kra­gilan ini bernama Paguyuban Tunggal Rabuk. Pagu­ yuban petani yang baru berdiri di akhir Agustus 2023 ini telah mengembangkan pro­duksi pupuk organik yang telah memasok produk­nya bagi kebutuhan pertanian kentang di Wonosobo.

Berdasarkan data Sensus Pertanian 2023, Kecamatan Mojosongo menjadi daerah yang tercatat memiliki rumah tangga usaha pertanian (RTUP) urban farming dan usaha pertanian perorangan (UTP) urban farming terbanyak di antara 22 kecamatan di Boyolali. Tercatat, Kecamatan Mojosongo memiliki 15 RTUP dan UTP. Total urban farming di Boyolali ada 69.

Tantangan ”Ekonomi Baru” Terus Muncul

SOLO – Thrifting, social commerce, dan predatory pricing adalah tantangan sekaligus masalah dari ”ekonomi baru” yang menyita perhatian banyak pemangku kepentingan sepanjang 2023. Tantangan sekaligus masalah akan terus muncul pada tahun-tahun mendatang.

Respons cepat ditambah regulasi yang adaptif dan jelas menjadi bagian penting menjaga perekonomian dalam negeri dari aneka bentuk tantangan dan masalah bersumber ”ekonomi baru” yang terus berkembang dengan cepat.

Ulah pedagang dan importir pakaian bekas yang jelas ilegal dan transaksi niaga elektronik yang tidak sesuai perizinan membuat Kementerian Perdagangan kerepotan pada 2023. Toko thrifting yang belakangan identik berjualan barang-barang impor bekas berupa pakaian, sepatu, tas, dan lainnya semakin menjamur secara fisik maupun di lokapasar.

Mencari Solusi Masalah Pengungsi Rohingya

SOLO—Aksi ratusan mahasiswa sejumlah kampus mengusir pengungsi Rohingya yang ditampung di Balai Meuseuraya, Banda Aceh, menjadi puncak dari narasi kebencian yang dibangun secara sistematis beberapa waktu terakhir. Sementara itu, negara masih tak berbuat banyak.

Para mahasiswa menarik dan mengangkut para pengungsi Rohingya dengan truk untuk dipindahkan ke kantor Kemenkumham Aceh, Rabu (27/12/2023). Mahasiswa yang sebagian mengenakan jaket almamater dengan lambang berbagai kampus memasuki ruang serbaguna tempat 137 pengungsi Rohingya menginap itu.

Ini adalah bentuk penolakan terbaru terhadap minoritas Myanmar yang selalu teraniaya itu. Koordinator Badan Pekerja Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Aceh menyebut hampir setengah dari 137 pengungsi itu adalah anak-anak dan lainnya adalah perempuan. Koordinator Badan Pekerja Kontras Aceh, Azharul Husna, mengatakan awalnya para pengungsi itu mendarat di Desa Ladong, Mesjid Raya, Aceh Besar. Mereka berkali-kali ditolak dan dipingpong ke sejumlah lokasi sebelum sampai di Balai Meuseuraya, Banda Aceh.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (29/12/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya