SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (1/2/2024).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang banyak peternak ayam yang terancam tutup kandang gara-gara harga pakan yang terus tinggi diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Kamis (1/2/2024). Hal itu dipicu makin melejitnya harga jagung sebagai komponen utama pakan ternak unggas.

Diberitakan Solopos hari ini, Ketua Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pin­sar) Jawa Tengah (Jateng), Parjuni, sa­at dihubungi Espos, Rabu (31/1/2024), menjelaskan harga pakan ternak mulai naik sejak akhir Desember 2023. Bahkan dia menyebut setiap pekan, harga pakan ternak cenderung menunjukkan tren kenaikan harga.

Promosi Mudah dan Praktis, Nasabah Bisa Bayar Zakat dan Sedekah Lewat BRImo

Naiknya harga pakan ternak ini, disinyalir karena salah satu ba­han baku pokok pakan ternak, yaitu ja­gung mengalami kenaikan harga hampir 100%. Parjuni menyebut harga jagung saat ini di kisaran Rp9.500 per kilogram (kg), padahal mulanya hanya Rp5.000/kg. Dengan kondisi ini, menurut Parjuni, kalangan peternak harus menanggung beban operasional yang semakin berat.

”Harga pokok produksi [HPP] ayam hidup dan telur jadi tinggi, sedangkan daya beli tidak bisa mengikuti sehingga diprediksi banyak peternak yang akan gulung tikar,” terang Parjuni.

Dia mencontohkan untuk pa­kan ayam broiler dari rata-rata harga Rp8.200/kg hingga Rp8.500/kg menjadi Rp9.200/kg hingga Rp9.500/kg. Sejauh ini, kenaikan pakan ayam broiler tercatat mengalami kenaikan 10% hingga 12,5%. Pihaknya memprediksi kenaikan ini bakal terjadi mencapai 15%.

Indeks Kota Toleran Solo Melorot, Butuh Evaluasi

SOLO—Peringkat Kota Solo dalam Indeks Kota Toleran (IKT) 2023 melorot jauh. Jika dalam IKT 2022 Solo ada di peringkat 4 kota paling toleran, kali ini Solo merosot ke peringkat 10.

Melorotnya peringkat Solo dalam indeks yang dibuat oleh lembaga kajian demokrasi dan perdamaian Setara Institute itu ditanggapi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Solo. Ketua FKUB Solo, Mashuri, menilai bahwa adanya kasus penolakan aktivitas Sekolah Minggu yang digelar Gereja Kristen Jawa (GKJ) di wilayah Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari, Solo, Juni 2023, memengaruhi penilaian IKT Solo.

“Kami kaget juga [dengan hasil survei IKT 2023] tetapi kami evaluasi organisasi. Kemarin ada permasalahan yang sebenarnya kami bisa redam namun di-blow up. Mungkin itu yang menjadi salah satu penyebab ranking kami turun,” kata Mashuri, Rabu (31/1/2024).

Defisit Kebutuhan Kedelai 2,5 Juta Ton

JAKARTA–Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat dari total produksi dalam negeri sebanyak 301.000 ton pada 2022 lalu, kebutuhan dalam negeri mencapai 2,8 juta ton sehingga ada defisit 2,5 juta ton. Dengan kondisi demikian, Bapanas mematok stok kedelai untuk cadangan pangan pemerintah (CPP) pada 2024 minimal 100.000 ton demi keamanan.

Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi, mengatakan dengan target minimal CPP kedelai sebanyak 100.000 ton diharapkan stok kedelai pada akhir 2024 sebanyak 20.000 ton. Arief menjelaskan total produksi kedelai dalam negeri pada 2022 yang mencapai 301.000 ton, sementara total kebutuhan nasional mencapai 2,8 juta ton.

Kebutuhan kedelai masih mengalami defisit sekitar 2,5 juta ton. Oleh karena itu, Arief mengatakan kebutuhan tersebut masih harus dipenuhi dari importasi. “Pemenuhan kedelai nasional yang sebagian besar masih dipenuhi dari luar [impor] menjadi perhatian agar stok dan permintaan kedelai di pasaran tetap terpenuhi,” ujar Arief dikutip dalam keterangan resmi, Selasa (30/1/2024).

Persis Solo Ingin Nikmati Laga Melawan Persib

SOLO – Persis Solo akan menjalani laga tandang berat ketika mereka harus melawat ke markas Persib Bandung pada Minggu (4/2/2024). Persib Bandung adalah tim yang bertengger di papan atas klasemen sementara Liga 1.

Persis Solo baru saja mendapat pendorong mental setelah mereka menumbangkan Madura United dengan skor 3-2 di Stadion Manahan Solo, Selasa (30/1/2024) malam. Menjelang laga tak mudah tersebut, Pelatih Persis Solo, Milomir Seslija, menyatakan timnya akan bermain tanpa beban dan akan menikmati pertandingan.

“Besok [Minggu] adalah game yang penting, banyak tekanan, ketika ada tekanan untuk menang para pemain terkadang tidak bisa menampilkan penampilan terbaik. Maka dari itu, kami berusaha menikmati pertandingan. Melawan Persib Bandung, kami nothing to lose, kami akan bermain dengan baik, kami harus berani dan berusaha yang terbaik untuk tidak hanya bertahan, tapi bisa mencetak gol,” kata Milo sapaan akrab sang pelatih selepas laga timnya menghadapi Madura United.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (1/2/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya