SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (1/3/2024).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang harga gabah kering panen (GKP) di beberapa daerah mulai turun Rp100-Rp300/kg, seiring dimulainya musim panen diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Jumat (1/3/2024). Meski harga GKP mulai turun, penurunan harga beras tidak serta merta langsung terjadi.

Ketua DPP Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi), Sutarto Alimoeso, seperti diberitakan Solopos hari ini mengatakan harga beras yang belakangan terus naik sangat dipengaruhi oleh dua hal yaitu pasokan dan faktor intervensi pemerintah.

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

“Kalau pasokan normal atau lebih, tidak ada kenaikan harga. Pada dasarnya kan seperti itu, tergantung supply dan demand saja. Secara persoalan, memang beberapa waktu kemarin berkurang. Pasokan kurang karena memang produksi turun,” kata dia, Jumat.

Selain pasokan, menurutnya fak­tor intervensi pemerintah juga meme­gang peranan penting dalam mem­engaruhi harga barang di pasaran. Intervensi harus dilakukan secara tepat, baik tepat waktu, tepat jumlah, tepat sasarannya, tepat harga dan tepat caranya dalam penyaluran. Itu akan ber­ pengaruh terhadap harga.

Sedangkan jika dihubungkan dengan perkiraan pasokan yang mulai meningkat seiring adanya panen raya di bulan Maret sam­pai April, tentunya juga akan berdampak pada turunnya harga gabah. Bahkan menurutnya saat ini pun sudah ada beberapa daerah yang melakukan panen. Dengan begitu harga gabah kering panen sudah mulai turun di beberapa daerah.

Kursi PSI dan Gerindra Solo Naik, PKB Pecah Telur

SOLO—Hasil rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu Legistatif 2024 tingkat kecamatan di Kota Solo, selesai pada Kamis (29/2/2024). Rekapitulasi ini memberikan gambaran perolehan kursi partai-partai politik di DPRD Solo. Yang mencolok adalah anjloknya perolehan kursi PDI Perjuangan (PDIP), dan naiknya perolehan kursi sejumlah parpol.

Sebelum Pemilu 2024, Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, dalam beberapa kali menyampaikan target 35 kursi DPRD Solo. Namun berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kecamatan, PDIP hanya mendapat 20 kursi.

Sebanyak 20 kursi PDIP di DPRD Solo itu terdiri atas empat kursi dari Dapil I, empat kursi dari Dapil II, tiga kursi dari Dapil III, tiga kursi dari Dapil IV, serta enam kursi dari Dapil V. Dapil I Solo meliputi Pasar Kliwon dan Serengan, Dapil II Solo meliputi Kecamatan Laweyan, Dapil III Solo meliputi Banjarsari A, Dapil IV Solo meliputi Banjarsari B, dan Dapil V Solo meliputi Jebres.

Kejar Ambisi Masuk Organisasi Ekonomi Global

JAKARTA – Indonesia kini dalam proses pengajuan menjadi anggota Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi atau OECD, yang menghimpun negara-negara berperekonomian termaju dan yang berpotensi tinggi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan keuntungan Indonesia bergabung menjadi anggota OECD adalah meningkatkan kinerja investasi dan perdagangan.

Airlangga yakin, dengan bergabungnya Indonesia menjadi anggota OECD, kinerja investasi dan perdagangan akan terdongkrak. Ini lantaran Indonesia harus melakukan penyesuaian diri dengan standar dan kebijakan yang berlaku di antara 38 negara anggota OECD.

MK Hapus Ambang Batas Parlemen

JAKARTA—Mahkamah Konstitusi (MK) menghapus ketentuan ambang batas parlemen (parliamentary threshold) sebesar 4% bagi partai politik mulai Pemilu 2029. Ambang batas 4% dinilai menghilangkan hak berpolitik sehingga bertentangan dengan prinsip kedaulatan rakyat.

Hal tersebut tertuang dalam putusan No. 116/PUU-XXI/2023 terkait pengujian Pasal 414 ayat (1) Undang-undang (UU) No. 7/2017 tentang Pemilu. Permohonan uji materi itu diajukan oleh Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Khoirunnisa Nur Agustyati.

“Dalam pokok permohonan, satu, mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian,” kata Ketua MK Suhartoyo saat membacakan amar putusan di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (29/2/2024).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (1/3/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya