SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Rabu (6/9/2023).

Solopos.com, SOLO–Imbauan agar masyarakat tidak panik dengan harga beras yang cenderung naik belakangan ini, apalagi sampai lantas memborong beras karena panik alias panic buying diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Rabu (6/9/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, Kepala Peru­sahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Solo Andy Nugroho, Sela­sa (5/9/2023), mengurai­kan harga beras akan kembali stabil pada panen raya awal 2024 mendatang. “Tidak perlu panic buying, karena me­mang sebenarnya barangnya tersedia,” terang Andy.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Ia juga mempersilakan masyarakat datang ke Kantor Bulog Solo atau saat ada kegiatan pasar murah dari Bulog. Dalam kegiatan itu harga beras yang ditawarkan Bulog lebih rendah daripada harga pasaran. Stok beras di gudang Bulog Solo saat ada lebih dari 17.000 ton. Ketersediaan stok tersebut masih cukup untuk penyaluran bantuan pangan mulai September serta melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

Stok beras di gudang Bulog tersebut adalah hasil penyerapan dari petani lokal Soloraya ditambah cadangan untuk menghadapi fenomena El Nino. “Dari lokal maupun tambahan suplai cadangan kami untuk menghadapi El Nino, itu ada impor. Ini tetap kami prioritaskan untuk penyaluran itu memakai lokal dulu, kalau memang kurang pakai impor,” tambah Andy.

Andy menjelaskan persentase stok beras impor dan serapan dari petani lokal di gudang Bulog masing-masing 50%. Pihaknya tidak memungkiri jika penyerapan produksi panen lokal belum maksimal.

Jembatan Jurug B Dibuka, Usia Pakai Bisa Seabad

Suara klakson kendaraan nya­­ring terdengar di Jl. Ir. Sutami, Jebres, Solo, di­­bunyikan pa­ra pengguna ja­lan yang menung­gu dibukanya kem­­bali Jembatan Jurug B, Selasa (5/9/2023) siang. Tepat pukul 15.00 WIB, seremoni sederhana di­gelar dengan pelepasan burung dan pengguntingan pita. Seketika, para pengguna jalan langsung melaju melewati jembatan di atas Sungai Bengawan Solo itu.

Salah satu pengguna jalan, Ang­goro Dwi Pamungkas, warga asal Jaten, Karanganyar, mengaku gem­bira dengan pembukaan kembali jembatan ini setelah dibangun se­lama setahun sejak September 2022. “Setahun lebih, saya harus mengantre saat hendak melewati jembatan. Setiap pagi hari dan sore hari, saya selalu melewati Jembatan Jurug. Sekarang, Jembatan Jurug B sudah bisa kembali dilewati. Ya senang karena tidak lagi terjebak macet,” kata dia kepada Espos, Selasa.

Anggoro mengaku kagum de­ngan desain konstruksi jembatan yang memiliki estetika tinggi. Di kedua sisi jembatan, ada ukiran unik yang menyatu dengan pagar jembatan. Hal ini ditambah dengan aksesori lampu penerangan jalan yang dipasang di sepanjang jem­batan. Terlebih, ada jalur pedestrian di sisi kanan dan kiri jembatan un­tuk para pejalan kaki yang hen­dak menyeberangi sungai. “Desain jem­batan cukup unik dan lebih le­bar dibanding Jembatan Jurug C. Pa­ra pengguna jalan lebih leluasa saat melewati jembatan,” ujar dia.

Gapmmi: Kaji Ulang Rencana Cukai Minuman Manis

JAKARTA—Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi) mendesak pemerintah mengkaji ulang rencana penerapan cukai minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) pada 2024 karena dinilai akan berdampak buruk terhadap kinerja perusahaan.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi), Adhi Lukman, Senin (4/9/2023). Menurut dia, kebijakan pengenaan cukai pada MBDK tidak tepat. “Ini kan pasti ada kenaikan harga, dengan kenaikan harga biasanya terjadi penurunan penjualan dan sebagainya. Kami juga akan salah bersaing dengan produk impor,” kata Adhi.

Penerapan kebijakan cukai MBDK tidak efektif lantaran konsumsi pangan olahan hanya mencakup sepertiga dari total pengeluaran konsumsi masyarakat. Sebagian besar pangan olahan tersebut disuplai dari UMKM dan industri kecil rumah tangga.

Sheila On 7 akan Memeriahkan Perayaan Lustrum SMAN 3 Solo

Band asal Kota Jogja Sheila on 7 dijadwalkan tampil dalam konser di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Jumat (20/10/2023). Akhdiyat Duta Mojo (Duta, vokalis), Eross Candra (Eros, gitaris), dan Adam Muhammad Subarkah (Adam, bassist) akan tampil dalam acara Roega Thapsody yang diadakan oleh alumni SMAN 3 Solo yang berhimpun dalam Roemah Tiga.

Roemah Tiga telah bertemu dengan manajemen dan anggota band Sheila on 7 pada 20 Agustus 2023. Setelah melalui beberapa pertemuan dan diskusi akhirnya sampai pada kesepakatan Sheila On 7 menyetujui permintaan Roemah Tiga untuk mengisi acara Roega Thrapsody.

Roemah Tiga akan menggelar serangkaian acara charity dan perayaan lustrum ke-13 SMAN 3 Solo atau ulang tahun lima tahunan ke-13 almamater mereka pada 20-22 Oktober 2023. Ketua Umum Roemah Tiga, Christiana Monica Ramadhan, mengatakan acara dimulai dengan Smaga Edu Expo yang mengundang seluruh warga SMAN 3 Solo, sekolah-sekolah lain, dan sejumlah universitas atau perguruan tinggi.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (6/9/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya