SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (6/10/2023).

Solopos.com, JAKARTA–Ulasan tentang Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) resmi mengajukan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo di tengah kasus dugaan korupsi di kementeriannya yang sedang disidik KPK diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (6/10/2023).

Limpo datang menemui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya yang juga sesama kader Partai Nasdem, Kamis (5/10/2023) sore pukul 17.20 WIB melalui pintu selatan Kompleks Istana Kepresidenan yang melewati Wisma Negara.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Kepada wartawan dia pun mengatakan siap menghadapi persoalan kasus dugaan korupsi yang menimpanya secara bertanggung jawab.
­”Saya orang Bugis Makassar dan rasanya harga diri jauh lebih tinggi dari pada pangkat atau jabatan. Biarkan saya hadapi ini, dan beri saya kesempatan membuktikan bahwa saya terbiasa mengurus rakyat,” kata SYL.

”Nasihat-nasihat orang tua saya, nasihat budaya saya dari sana, kalau berani berbuat harus berani tanggung jawab dan saya siap bertanggung jawab,” kata dia. SYL menyampaikan alasan mengundurkan diri dari jabatan menteri pertanian karena ada proses hukum yang harus dihadapi, dan dia harus siap menghadapi secara serius. Ia berharap agar tidak ada penghakiman terhadap dirinya sebelum ada putusan atau vonis yang sah.

Sebelumnya penyidik KPK pada Jumat (29/9/2023), meng­umumkan telah meningkatkan status kasus dugaan korupsi di Kementan ke tahap penyidikan. Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri sebelumnya menjelaskan penyidik lembaga antirasuah telah menetapkan sejumlah pihak sebagai tersangka dalam perkara tersebut.

Puan-Kaesang Sepakati Sejumlah Hal

JAKARTA—Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep akhirnya bertemu. Pertemuan keduanya berlangsung 1,5 jam di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis (5/10/2023). Dalam pertemuan itu, Puan dan Kaesang didampingi jajaran pengurus partai masing-masing.

Menurut Puan, PDIP dan PSI sudah bersepakat untuk bersama-sama menjaga Pemilu 2024 berjalan dengan kondusif. ”Jadi bahwa kami berdua bersepakat dalam mencermati pemilu yang akan datang ini, di tahun politik, bahwa kita akan sama-sama menjaga situasi kondusif, situasi damai, jangan sampai kemudian terjadi friksi atau ketikdaknyamanan dalam menyambut pesta demokrasi ke depan,” jelas Puan seusai pertemuan. Mereka, lanjutnya, satu suara ingin mewujudkan pemilu yang asyik dan gembira.

Lebih lanjut, Puan mengatakan pertemuan dilakukan secara informal sebab diselingi makan siang santai. Meski demikian, mereka juga bicara soal isu politik terkini yang serius. Puan juga tidak menampik mengajak Kaesang untuk membangun Indonesia bersama-sama, namun dia tidak bisa memaksakan kehendak.

Darurat Penguatan Industri Tekstil

JAKARTA- Lesunya kinerja industri tekstil dan produk tekstil (TPT) dibuktikan dengan berlanjutnya fenomena pemutusan hubungan kerja (PHK) di pabrik-pabrik tekstil. Fenomena ini telah terjadi sejak kuartal ketiga tahun 2022 lalu.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN), Ristadi, mengatakan data terbaru menunjukkan ribuan pekerja dari enam perusahaan tekstil terpaksa diberhentikan dan dirumahkan akibat utilitas industri yang semakin turun. Ristadi kepada Bisnis Indonesia, Kamis (5/10/2023) menjelaskan berdasarkan data KSPN per Agustus 2023, sebanyak 4.584 pekerja terdampak PHK, sedangkan 460 pekerja lainnya dirumahkan. Sementara proses pekerja dirumahkan ke arah PHK ada lebih kurang 26.540 pekerja.

Hal ini disebabkan karena berkurang dan kosongnya pesanan yang dialami oleh perusahaan-perusahaan TPT. Ristadi memprediksi angka PHK jauh lebih besar karena banyak perusahaaan yang tidak melaporkan ke pemerintah saat melakukan PHK atau tutup pabrik. Fenomena PHK antara lain dipicu oleh banjir produk impor tekstil yang mengambil alih pasar domestik.

Gapura akan Ditertibkan, Hidran Jadi Catatan

SOLO—Kebakaran gudang barang rongsokan di Kampung Joyosudiran RW 012 Kelurahan Pasar Kliwon, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, padam setelah 24 jam. Musibah ini mengungkap rentannya permukiman di Solo mengalami kebakaran besar.

Dalam kasus kebakaran di Joyosudiran, proses pendinginan terakhir dilakukan pada Rabu (4/10/2023) pukul 17.45 WIB. Sebanyak 25 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menangani kebakaran terbesar kedua di wilayah Kecamatan Pasar Kliwon itu.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mempertimbangkan penertiban gapura atau portal kampung supaya tidak mengganggu mobil Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo ketika hendak mendekati sumber kebakaran. “Ini lagi dirapatkan, idealnya bisa diakses Damkar,” kata Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Kamis (5/10/2023) siang.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (6/10/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya