SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (11/9/2023).

Solopos.com, JAKARTA–Ulasan tentang peluang Ridwan Kamil, mantan Gubernur Jawa Barat, untuk menjadi calon wakil presiden bagi Ganjar Pranowo terbuka setelah Partai Golkar “membuka jalan”, diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Senin (11/9/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono menyebut jika Ridwan Kamil atau biasa dipanggil Kang Emil diminta menjadi cawapres Ganjar Pranowo, itu merupakan kehormatan. Dia menye­but tidak ada alasan Partai Golkar me­larang. ”Tentu tidak ada alasan untuk melarang karena saya yakin bahwa dia tetap sebagai salah satu Waketum DPP partai Golkar,” ujar Agung.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Agung juga meyakini Ridwan Kamil akan tetap berada di Golkar, meski melakukan penjajakan untuk mendampingi Ganjar sebagai cawapres dalam Pilpres 2024. Menurutnya, Golkar pernah mengalami situasi semacam itu, yakni saat Golkar tidak mengusung kader pada kontestasi pilpres, tetapi kader tersebut justru diminta sebagai pendamping bagi bakal capres di koalisi lain. Bahkan, Agung mengaku Ridwan Kamil telah mendiskusikan hal itu dengan dirinya dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Sementara itu survei terbaru Polling Institute menunjukkan publik mengingin­kan duet Prabowo Subianto-Erick Thohir, Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil, dan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) pada 2024. Survei Polling Institute ini menanyakan kepada responden siapa cawapres yang paling cocok untuk tiga kandidat capres yaitu Prabowo, Ganjar, dan Anies.

Hasilnya untuk Prabowo, nama Menteri BUMN, Erick Thohir (28,8%) menempati peringkat pertama, diikuti nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (17,3%), dan sisanya hanya memperoleh kurang dari 9% suara. Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim, mengatakan, publik melihat Erick Thohir cocok dengan Prabowo karena kinerjanya sebagai Ketua Umum PSSI sangat bagus.

Pemicu Perekonomian dari Night Market

Penyelenggaraan Night Market Ngarsopuro di Jl. Diponegoro, Solo, tiap Sabtu malam, menjadi pemicu perekonomian yang sangat berarti. Sejumlah pedagang yang membuka lapak di ajang ini menyebut bisa mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah dalam satu hari. Mereka menyebut, Ngarsopuro Night Market tidak pernah sepi dan bahkan mengundang pengunjung dari luar kota.

Salah satu pedagang di Ngarsopuro adalah Tatik, 29, yang berjualan barang kerajinan rotan seperti keranjang hingga pot bunga. Ia menyebut bisa mendapatkan pemasukan hingga jutaan dalam satu malam. Rata-rata ia bisa mendapatkan Rp700.000 hingga Rp800.000.

”Kalau lagi sepi biasanya dapat Rp300.000 tapi rata-rata sekitar Rp700.000 sekali jualan. Bahkan kalau sedang ramai bisa bawa sampai Rp5 juta. Seperti malam ini memang enggak begitu ramai karena ada yang nonton Timnas Indonesia di Stadion Manahan, sejauh ini sudah dapat sekitar Rp300.000 padahal baru jualan satu jam,” jelasnya saat ditemui Espos, Sabtu (9/9/2023).

Impor Sapi dari Australia Dibuka Lagi

JAKARTA—Indonesia kembali membuka gerbang untuk sapi impor asal Australia pada Jumat (8/9/2023), setelah sempat ditunda imbas temuan virus Lumpy Skin Disease (LSD) beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian Bambang menyampaikan Pemerintah Australia telah menyatakan kesanggupannya untuk memenuhi sejumlah permintaan yang disampaikan Indonesia. Australia kembali mengirimkan sapi-sapinya ke Indonesia. “Pembukaan kembali kami sepakati mulai Jumat,” kata Bambang dalam konferensi pers Update Info Sapi Impor Asal Australia Terkait Isu LSD di hari yang sama.

Bambang menuturkan realisasi pengiriman tergantung kesiapan Australia mengingat sempat ada pengiriman yang tertunda imbas temuan LSD. “Tentunya semua kami serahkan kepada Australia, kapan mulai dikirim lagi,” ujarnya.

Harapan Penerbangan Umrah Bertahan

BOYOLALI – Rute penerbangan Solo-Jeddah yang dibuka oleh Lion Air diharapkan bisa bertahan dan bahkan menjadi penerbangan reguler, bukan lagi carter. Hal ini diungkapkan Ketua Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Surakarta, Mirza Ananda.

“Ya berharap sustain [bertahan], karena sempat cancel kemarin, akhirnya September ini jalan lagi ya. Semoga perjalanannya nambah terus, semoga rute Jeddah ke Solo bisa reguler juga, agar ada inbound wisatawan asing masuk ke sini,” ujar Mirza saat ditemui media setelah melepas keberangkatan jemaah umrah di Bandara Adi Soemarmo, Sabtu (9/9/2023).

Mirza mengakui jika penerbangan Solo-Jeddah dari Lion Air masih berupa penerbangan carter dan hanya mengangkut jemaah umrah. Itu sebabnya, dia berharap penerbangan ini bertahan dan bertambah menjadi penerbangan reguler. Mirza berpendapat, penerbangan carter masih belum mampu membawa free and independent traveler (FIT) alias pelaku perjalanan yang tidak terikat masuk ke Indonesia.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (11/9/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya