SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (29/2/2024).

Solopos.com, SOLO–Pembahasan tentang di masa tiga tahun pemerintahan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan Wakil Wali Kota Teguh Prakosa, masih ada sejumlah tagihan penuntasan masalah yang perlu diselesaikan diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (29/2/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, masih tingginya angka pengangguran terbuka Kota Solo serta pemanfaatan aset-aset yang berhasil dikuasai Pemkot Solo menjadi sorotan dalam acara dialog Refleksi 3 Tahun Gibran–Teguh: Rangkai Harmoni, Tumbuh Bersinergi di Pendhapi Gedhe Balai Kota Solo, Rabu (28/2/2024).

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Acara yang dipandu Presiden Direktur Solopos Media Group, Arif Budisusilo, ini menghadirkan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Mulyanto, dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo Dwiyanto Cahyo Sumirat. Ada pula Ketua Forum Lembaga Pem­­berdayaan Masyarakat Kelura­han (LPMK) Kecamatan Banjarsari, Suyanto, dan Koordinator Solo Is Solo, Irul Hidayat.

Gibran dan Teguh juga hadir lang­sung dan kemudian mem­berikan tang­gapan atas lontaran pendapat para panelis dan penanggap dari kalangan undangan.

“Pengangguran di Soloraya agak gede, setelah pandemi Covid-19 di sejumlah sektor tidak bisa dimasuki secara sem­barangan orang, maka 2020 sampai 2022 hampir 7% tingkat pengangguran. Maka di wilayah Soloraya, angka pengangguran Solo paling tinggi,” ujar Mulyanto.

Awal Maret Harga Beras Diprediksi Mulai Turun

JAKARTA—Harga beras diprediksi mu­lai turun pada pekan pertama Maret 2024 seiring penurunan harga gabah kering panen atau GKP di tingkat petani. Guru Besar IPB University yang juga Ketua Umum Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AB2TI), Dwi Andreas San­ tosa, mengatakan pan­tauan AB2TI di sejum­lah wilayah di Jawa Timur dan Jawa Barat mendapati penurunan harga gabah.

Misal­nya, di Ngawi dan Tuban harga gabah telah turun Rp1.000 dalam 10 hari terakhir. ”Di Jawa Timur pada 16 Februari [2024] rata-rata harga gabah Rp8.200 [per kilo­gram], kemarin pada 27 Februari 2024 sudah turun jauh sekitar Rp7.000 – Rp7.200 [per kilogram],” ujar Andreas, Rabu (28/2/2024).

Sementara itu, sentra produksi beras di Jawa Barat seperti Subang, Karawang dan Indramayu, kata dia, juga mengalami penurunan harga gabah meskipun tidak signifikan seperti yang terjadi di Jawa Timur. Bahkan, di wilayah Sumatera Selatan harga gabah sudah di angka Rp6.700 per kilogram.

Utang Tertinggi Sepanjang Masa

JAKARTA—Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat posisi utang pemerintah pada Januari 2024 mencapai Rp8.253,09 triliun atau setara dengan 38,75% terhadap produk domestik bruto (PDB). Besaran utang pada awal 2024 ini mencetak rekor tertinggi sepanjang masa.

Posisi utang pada awal tahun ini kembali meningkat jika dibandingkan dengan posisi pada akhir Desember 2023 sebesar Rp8.114,69 triliun. Seperti sebelumnya, Kemenkeu mengklaim rasio utang pemerintah pada Januari 2024 masih di bawah batas aman 60% PDB.

Batas ini berdasarkan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara serta lebih baik daripada yang telah ditetapkan melalui Strategi Pengelolaan Utang Jangka Menengah 2024-2027 di kisaran 40%.

Mengusung Kepercayaan Diri ke Bali

BALI – Ujian berat akan dilakoni Persis Solo saat melawat ke kandang Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, dalam lanjutan Liga 1 2023, Kamis (29/2/2024).

Berbekal hasil apik dalam tiga pertandingan terakhir, Laskar Sambernyawa tentu ingin meneruskan tren positif untuk bisa menjauhi zona degradasi. Tim asuhan Milomir Seslija saat ini berada di posisi ke-12 klasemen dan berpeluang merangsek ke posisi ke-8 klasemen, menggeser Persija Jakarta, jika menang di laga ini. Meski begitu, tentu tidak akan mudah bagi Persis Solo melawan Bali United.

Persis Solo kemungkinan tidak akan diperkuat Sutanto Tan dan Diego Bardanca yang mengalami cidera ataupun Jaime Xavier yang masih diragukan tampil. Meski begitu, Persis Solo kemungkinan sudah bisa menurunkan Ramadhan Sananta sejak menit awal di pertandingan ini.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (29/2/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya