SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (4/1/2024).

Solopos.com, SOLO—Informasi terkait masyarakat yang berhak membeli elpiji 3 kg hanya yang sudah terdaftar di Pertamina, di mana ketentuan tersebut berlaku sejak 1 Januari 2024 mewarnai pemberitaan Harian Umum Solopos edisi Kamis (4/1/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) menyebut pembelian elpiji 3 kg dengan syarat KTP telah berjalan 100%. Bagi masyarakat yang belum terdata, dapat bertransaksi setelah mendaftar.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Area Manager Communication, Relations & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional JBT PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho, mengatakan penerapan ketentuan itu telah dilakukan secara bertahap.

”Di akhir tahun 2023, 100% pangkalan elpiji 3 kg sudah bertransaksi secara digital, konsumen harus menunjukkan KTP. Maka per awal Januari 2024 sudah 100% [pembelian elpiji 3 kg berdasar KTP di pangkalan],” jelas dia, Rabu (3/1/2024).

Dia menjelaskan mulai 1 Januari 2024, hanya pengguna yang terdaftar yang bisa membeli elpiji 3 kg. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk melaksanakan transformasi pendistribusian elpiji 3 kg tepat sasaran. Brasto menjelaskan pada 2023 lalu pihaknya telah mencocokkan data elpiji 3 kg di sejumlah daerah di Jawa Tengah termasuk Soloraya.

TikTok Batasi Aktivitas Akun Pemerintah, Politikus, dan Parpol

JAKARTA—Platform video ber-durasi singkat TikTok membatasi akun pemerintah, politikus, dan partai politik (parpol) dalam berkampanye melalui aplikasi tersebut. Pembatasan dilakukan untuk menjaga integritas serta netralitas TikTok serta mencegah penyebaran misinformasi melalui TikTok selama Pemilu 2024 di Indonesia.

TikTok juga melarang akun pemerintah, politikus, dan parpol untuk berpromosi politik melalui fitur iklan di platformnya, termasuk akses ke fitur monetisasi seperti gift dan tip pada layanan TikTok. ”Kalau iklan [politik], kami memang melarang. Tapi kalau kontennya sepanjang itu tidak melanggar panduan komunitas, silakan,” tutur Public Policy and Government Relations TikTok Indonesia, Faris Mufid, di Jakarta, Rabu (3/1/2024).

Faris menegaskan jika ada pemilik akun TikTok yang melanggar hal tersebut, maka TikTok Indonesia akan mengambil tindakan tegas yaitu menghapus akun yang melakukan pelanggaran panduan komunitas. ”Menjelang pemilu, TikTok akan terus menegakkan peraturan yang ketat terhadap misinformasi pemilu serta operasi yang bertujuan untuk menyebarkan pengaruh,” katanya.

Produk Halal Dominasi Perdagangan

JAKARTA–Total perdagangan produk halal, baik ekspor maupun impor, mencapai US$53,43 miliar atau setara Rp827 triliun. Ekspor produk halal nilainya mencapai US$2,33 miliar sedangkan impornya senilai US$11,10miliar. Terjadi surplus perdagangan produk halal sebesar US$31,23 miliar.

Hal tersebut disampaikan Dirjen Pengembangan ekspor Nasional Didi Sumedi dalam acara media briefing Kinerja Ekspor Produk Halal Indonesia di Jakarta yang dipublikasikan di laman Indonesia.go.id, Minggu (31/12/2023).

Terjadi penurunan nilai ekspor produk halal pada periode Januari-Oktober 2023 sebesar 18,77% dibandingkan periode yang sama tahun 2022. “Namun demikian, terjadi kenaikan volume ekspor produk halal pada Januari-Oktober 2023 sebesar 8,10% sehingga sebetulnya kemampuan ekspor kita sepanjang ini baik-baik saja,” kata Didi.

BMKG Ramal 19 Kecamatan Banjir

WONOGIRI–Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut 19 kecamatan di Kabupaten Sukoharjo dan Kabupaten Wonogiri berpotensi mengalami banjir pada awal 2024 ini. Hal ini menyusul ada tiga pemicu cuaca ekstrem di berbagai daerah.

Informasi itu diumumkan BMKG melalui laman resminya, Rabu (3/1/2023). Pada penjelasan dinamika atmosfer terkini, BMKG menyebut cuaca ekstrem berupa hujan lebat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir dan longsor di beberapa daerah.

“Mencermati perkembangan potensi cuaca saat ini hingga pertengahan Januari 2024, BMKG terus melakukan update monitoring kondisi cuaca untuk mengantisipasi peningkatan cuaca ekstrem, dan berdasarkan analisis terkini diidentifikasi hingga sepekan kedepan terdapat kondisi dinamika atmosfer yang memicu adanya potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah,” tertulis dalam siaran pers BMKG, Rabu.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (4/1/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya