SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Rabu (23/3/2024)

Solopos.com, SOLO—Ulasan tentang Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, dan pemimpin Praja Mangkunegaran, K.G.P.A.A. Mangkunagoro X (MN X), memiliki elektabilitas terkuat berdasarkan survei Solo Raya Polling yang dirilis pada Selasa (26/3/2024), diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (27/3/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, berada di posisi ketiga setelah kedua tokoh di atas. Direktur Solo Raya Polling, Suwardi, mengatakan survei dilakukan terhadap responden yang masuk di daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024. Pihaknya mengambil sampel responden menggunakan metode cuplikan random sampling.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Sampel diambil berbasis DPT TPS sebagai titik lokasi survei. “TLS [time location sampling] berbasis TPS dengan kerangka sampling DPT Pemilu 2024. Penyebaran TLS memperhatikan sosio kewilayahan. Ada delapan responden per TLS,” ungkap dia dalam jumpa pers, Selasa (26/3/2024).

Suwardi menjelaskan total ada 640 responden dari 80 TLS di Solo. Margin of error survei di angka 5% dengan tingkat signifikansi 95% dengan kerapatan tinggi. Sedangkan munculnya 12 nama dijaring dari metode Delphi.

Dalam penerapan metode itu Suwardi berdiskusi dan meminta pernyataan dari 19 tokoh atau stakeholders di Solo. Mereka berasal dari berbagai latar belakang atau profesi. Dari diskusi dengan para tokoh ini muncullah 12 nama calon pemimpin Solo. Selanjutnya Suwardi melakukan uji publik dengan cara survei pada Maret 2024. Dalam survei yang dilakukan, tim pencacah menggunakan pendekatan wawancara.

Tarian Sufi dan Hadrah Bikin Buka Puasa Makin Istimewa

Keistimewaan itu karena adanya acara Bincang Berkah Ramadan bertema Spiritual dan Lingkungan: Air sebagai Penghubung yang didukung Aqua dan Solopos Media Group, serta festival seni yang diramaikan oleh grup hadrah Kanzus Sholawat Putri dan tari sufi dari Komunitas Tari Sufi Mahasiswa Tasawuf dan Psikoterapi UIN Raden Mas Said (Kotamasa’i).

Salah satu penari sufi, Sirodj, mahasiswa UIN Raden Mas Said, memakai baju tari sufi berwarna putih. Ada dua sikke (peci panjang yang kerap dipakai penari sufi) berwarna merah dan cokelat yang dia bawa. Sirodj juga bercerita bagaimana risalah tari Sufi. “Ini menyimbolkan batu nisan, tarian ini dibawakan oleh Jalaludin Rumi [filsuf dan ulama Persia] saat kehilangan gurunya,” kata Sirodj kepada Espos.

Konsumsi Naik, Warga Andalkan THR

JAKARTA–Masyarakat mengandalkan tunjangan hari raya (THR) untuk memperingati Ramadan dan Lebaran. Survei terbaru dari The Trade Desk menunjukkan 67% masyarakat Indonesia berencana mengalokasikan setidaknya seperempat dari THR untuk merayakan Ramadan tahun ini.

Mengutip laman sirclo.com yang diakses Selasa (26/3/2024), masih mengacu survei yang sama, 48% konsumen melaporkan peningkatan belanja yang didorong optimisme terhadap kondisi ekonomi yang membaik.

Dalam ranah daring, data internal Sirclo menunjukkan sepanjang bulan Ramadan tahun 2021 hingga 2023, terdapat pertumbuhan rata-rata angka transaksi belanja online sebesar 62,5%  dan jumlah konsumen yang berbelanja online meningkat 36,5%. Menanggapi fenomena ini, Chief Operating Officer Sirclo, Danang Cahyono, menyatakan optimisme peningkatan daya beli konsumen dari tahun ke tahun selaras dengan peningkatan yang signifikan dalam minat konsumen untuk berbelanja secara online di era digital.

Cerita Tempe dan Senjata Pemasaran

“Kata tempe pertama kali muncul dalam Serat CenthiniCenthini adalah suatu buku tentang kehidupan masyarakat Jawa pada abad ke-16,” kata Made dalam lokakarya tentang lika-liku tempe, Selasa (26/3/2024).

Serat Centhini memuat kata tempe pada jilid 3, 4, 5, 6, dan jilid 10, 11, 12. Keberadaan kata tempe dalam Serat Chentini menandakan tempe sudah menjadi panganan lokal masyarakat selama lebih dari 450 tahun. Made mengemukakan budaya tempe berakar dari tradisi masyarakat Jawa yang dikaitkan dengan berbagai ritual dan kegiatan masyarakat, seperti ritual sunatan, ritual kehamilan, maupun ritual minta hujan.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (27/3/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya