SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (28/12/2023).

Solopos.com, SOLO–Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (28/12/2023), mengangkat headline tentang banyaknya acara berskala besar dan destinasi-destinasi wisata yang makin menarik di Kota Solo membuat pertumbuhan ekonomi di kota ini pada akhir 2023 diyakini lebih tinggi, bahkan melebihi tingkat yang dapat dicapai oleh Provinsi Jawa Tengah.

Diberitakan Solopos hari ini, keyakinan tersebut disampaikan Kepala Per­wakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Nugroho Joko Prastowo, saat pertemuan dengan media di Magelang, Senin (11/12/2023) malam. “Kisarannya untuk Solo 5,6%-5,9%,” kata Joko Prastowo.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

Meski nilainya juga lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional, dia mengakui pertumbuhan ekonomi Solo pada tahun ini lebih rendah dibandingkan tahun lalu. BI mencatat pada tahun lalu pertumbuhan ekonomi Kota Solo sebesar 6,25%.

Ia mengatakan perlambatan tersebut merupakan dampak dari penurunan ekspor akibat konflik global yang masih terus berlangsung. Kondisi ini disebut ber­dampak secara nasional. Joko menambahkan pertum­buhan ekonomi di daerah lain di Soloraya akan di berada di kisaran 5,2%-5,6%, kecuali Boyo­­lali yang pertumbuhannya relatif lebih tinggi dibandingkan dengan Solo.

Dia menjelaskan salah satu sektor yang menggerakkan per­ekonomian di Kota Solo adalah kegiatan atau event yang sering digelar dan dampak dari keberadaan beberapa destinasi wisata baru yang mampu meningkatkan pengunjung atau wisatawan ke Kota Bengawan.

Produk Organik Komoditas Ekspor Potensial pada 2024

JAKARTA — Produk-produk organik—termasuk hasil pertanian organik—akan menjadi komoditas yang dicari di pasar internasional dalam beberapa tahun mendatang. Tahun 2024 bisa menjadikan produk organik asal Indonesia makin moncer di pasar internasional.

Asisten Deputi Kemitraan dan Perluasan Pasar Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Fixy, mengatakan masyarakat dunia mulai memiliki perhatian lebih terhadap isu keberlanjutan. Isu tersebut meliputi produk-produk organik yang bisa didaur ulang dan penggunaan material yang tidak merusak lingkungan. Ekpor komoditas yang potensial pada 2024 adalah sektor organik.

”Isu sustainable, green economy, dan keberlanjutan lingkungan akan menjadi isu yang sangat penting bagi dunia internasional,” ujar Fixy dalam webinar Export Outlook 2024 di Jakarta pada Rabu (27/12/2023) seperti diberitakan Antara. Isu keberlanjutan, ekonomi hijau, dan ekonomi sirkular menjadi pembahasan yang paling banyak diperbincangkan dalam beberapa tahun ke depan.

STY Sangat Yakin Target Timnas Bisa Tercapai

JAKARTA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY), optimistis dapat memenuhi target di Piala Asia 2023 yang akan berlangsung pada 12 Januari sampai 10 Februari 2024 yaitu lolos ke babak 16 besar.

Optimisme tersebut bukan tanpa alasan, STY melihat 28 pemain yang dibawa menjalani pemusatan latihan (TC) di Antalya, Turki, semua bekerja keras untuk mewujudkan target yang diinginkan. “Menghadapi Piala Asia nanti, saya tetap berani dan optimistis, karena saya melihat para pemain sangat bekerja keras, dengan itu pasti akan bisa mewujudkan target yang kita inginkan,” ucap STY, dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (27/12/2023).

Pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu juga mengungkapkan kondisi para pemain di TC Antalya, Turki. Ia mengatakan para pemainnya kini sedang dalam kondisi lelah dan pegal karena menjalani intensitas tinggi latihan yang diprogramnya untuk Piala Asia 2023.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (28/12/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya