SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Jumat, 31 Oktober 2014

Solopos.com, SOLO – Kisruh DPR jadi berita utama Harian Umum Solopos hari ini, Jumat (31/10/2014). Seperti dilaporkan, Perseteruan dua kubu antara Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP) di parlemen berisiko melumpuhkan DPR dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai legislatif. Perseteruan ini juga membuat citra DPR tercoreng.

Terkait kenaikan harga BBM, pemerintah menyiapkan program perlindungan sosial. Menko Perekonomian, Sofyan Djalil, menjelaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki tiga jenis program perlindungan sosial.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Simak rangkuman berita Harian Umum Solopos edisi Jumat, 31 Oktober 2014 berikut;

PIMPINAN TANDINGAN: DPR Berisiko Lumpuh

Perseteruan dua kubu antara Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP) di parlemen berisiko melumpuhkan DPR dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai legislatif. Perseteruan ini juga membuat citra DPR tercoreng.

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Andalas, Saldi Isra, memastikan pembahasan setiap kebijakan DPR bakal terus mengalami jalan buntu. “Mereka akan sulit untuk menghasilkan kebijakan legislasi,” katanya kepada Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Kamis (30/10) Selain itu, paparnya, lemahnya konsolidasi antarfraksi juga berisiko menumpulkan pengawasan DPR terhadap pemerintah. “Jika terus-terusan terbelah, mereka akan sangat susah menggunakan hakhak mereka.”

Ketua Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Sebastian Salang, menyesalkan perebutan kursi pimpinan di DPR yang berujung munculnya DPR tandingan. Citra DPR periode 2014-2019 dinilai sudah tercoreng. ”Di awal, paling tidak kerusuhankerusuhan di sana sudah mencoreng wajah dancitra mereka,” kata Sebastian Salang.

(Baca Juga: Prabowo Tuding Pimpinan DPR Tandingan Hambat Pemerintahan Jokowi-JK, Perseteruan KMP-KIH Bisa Lumpuhkan Parlemen, Pengamat: DPR Tandingan Inkonstitusional, Koalisi Merah Putih Sapu Bersih Pimpinan Komisi DPR)

PERLINDUNGAN SOSIAL: Jurus 3 Kartu Hadapi Kenaikan Harga BBM

Sebelum menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, pemerintah menyiapkan program perlindungan sosial. Menko Perekonomian, Sofyan Djalil, menjelaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki tiga jenis program perlindungan sosial. Tiga program tersebut adalah Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Keluarga Sejahtera

Kartu Indonesia Sehat (KIS) adalah program asuransi kesehatan gratis yang merupakan perluasan skema bantuan premi BPJS kesehatan ke kelompok masyarakat pra sejahtera.

Kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan replika program Kartu Jakarta Pintar (KJP), bantuan dana pembelian perlengkapan dan peralatan sekolah bagi siswa miskin.

Adapun Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) rencananya berbentuk bantuan tunai yang disalurkan dalam bentuk e-money kepada keluarga miskin.

(Baca Juga: Pertamina: Kenaikan Harga Tak akan Mencegah Kelebihan Konsumsi BBM, Konsumsi BBM Bersubsidi Diprediksi Over 1,9 Juta Kiloliter, Siap-Siap Sebelum 1 Januari 2015 Harga Bensin Naik!, Prioritas Puan Maharani: Bikin Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar)

KISAH INSPIRATIF: 10-11, Prestasi Anak-Anak Karanggede

Yang muda yang berkarya. Pelajar dari SMAN 1 Karanggede Boyolali membuktikan mereka mampu berkarya dan diakui di tingkat nasional. Proses kreatif mereka dituturkan kepada wartawan Solopos, Muhammad Irsyam Faiz, berikut ini.

Siapa bilang karya berkualitas hanya bisa dibuat oleh anak-anak yang berasal dari kota? Karya berupa film pendek yang dibuat siswa siswi SMA Negeri 1 Karanggede, Boyolali, ini menjadi bukti bahwa karya yang berkualitas juga bisa dibikin oleh anak-anak yang jauh dari pusat keramaian kota. Film pendek berjudul 10-11 itu telah memenangi berbagai lomba baik tingkat lokal maupun nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya