SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (13/10/2023).

Solopos.com, JAKARTA—Ulasan tentang mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ditangkap oleh petugas KPK pada Kamis (12/10/2023) malam diangkat sebagai headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (13/10/2023). Limpo datang bersama rombongan petugas dalam tiga mobil lalu masuk melalui lobi Gedung KPK mengenakan topi dilengkapi rompi dan masker.

Diberitakan Solopos hari ini, kondisi tangan Syahrul Yasin Limpo dalam keadaan terborgol. Limpo menjadi salah satu tersangka kasus korupsi di Kementerian Pertanian. Selain Limpo, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan, Kasdi Subagyo, dan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Muhamad Hatta juga ditetapkan sebagai tersangka.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Mereka disangkakan melanggar Pasal 12 huruf e dan 12B Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindakan Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindakan Pidana Korupsi Jo. Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Ketiga tersangka diduga terlibat dalam perkara tindak pidana korupsi bersama-sama menyalahgunakan kekuasaan dengan memaksa memberikan sesuatu untuk proses lelang jabatan.

Selain itu mereka juga disangka ikut serta dalam pengadaan barang dan jasa disertai penerimaan gratifikasi di lingkungan Kementan.
Kepala Bagian (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan menjelaskan bahwa upaya paksa atau penangkapan terhadap Limpo berdasarkan perkembangan yang diikuti oleh KPK.

Solo Minta Pemprov Jateng Bantu Gelar Piala Dunia U-17

SOLO—Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng dalam penyelenggaraan putaran final Piala Dunia U-17. Ini lantaran Solo adalah satu-satunya kota tuan rumah yang bukan ibu kota provinsi. Sebagai informasi, terdapat empat lokasi pertandingan Piala Dunia U-17 2023, yakni Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta, Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, dan Stadion Manahan di Solo.

Gibran saat dijumpai pada Kamis (12/10/2023) menjelaskan Pemkot Solo melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jateng untuk persiapan Piala Dunia U-17 2023, Selasa (10/10/2023). Pemprov Jateng pun menyatakan akan membantu Kota Solo. “Solo kan satu-satunya venue yang bukan ibu kota [provinsi]. Yang lain kan ibu kota makanya perlu bantuan provinsi. Selama ini gerak dhewe,” kata dia.

Selain meminta dukungan Pemprov Jateng, Gibran akan meminta PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop VI Yogyakarta menambah perjalanan kereta rel listrik (KRL) dan kereta jarak jauh. Sementara itu, menurut dia, baliho untuk mempromosikan Piala Dunia U-17 2023 sudah mulai dipasang di Kota Solo.

Akhirnya Impor Jagung

JAKARTA–Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menyetujui impor jagung pakan sebanyak 500.000 ton. Penugasan impor diberikan kepada Bulog dan akan dilakukan secara bertahap. Keputusan impor ini berarti mengakhiri larangan kebijakan impor jagung untuk pakan sejak 2016 lalu.

Keputusan ini juga merespons kritik legislator terkait peningkatan volume ekspor gandum sebagai substitusi jagung. Diberitakan sebelumnya, legislator mengkritik langkah pemerintah yang mensubstitusi impor jagung dengan gandum. Kenaikan volume impor gandum saat ini dipengaruhi lonjakan harga jagung untuk pakan ternak.

Ketua Komisi IV DPR, Sudin, mengatakan para peternak rakyat mengeluhkan harga pakan jagung yang terus naik. Fasilitasi pendistribusian jagung dari sentra produksi ke sentra peternakan tidak efektif menekan harga jagung di peternak.

Di sisi lain, Sudin mengkhawatirkan impor gandum pakan yang cenderung melonjak. Saat ini, impor gandum sebagai substitusi pakan sudah mencapai 20%-30%. Seiring volume impor gandum yang terus meningkat dikhawatirkan harga jagung di petani bakal tertekan.

Padahal, menurut Sudin, harga gandum impor tidak jauh berbeda dengan harga jagung impor yang di kisaran Rp5.000 per kilogram. “Kalau memang jagungnya kurang yang harus diimpor ya jagungnya, bukannya penambahan itu [impor gandum pakan],” tutur Sudin dalam rapat kerja dengan Menteri Pertanian, Rabu (13/9/2023).

Lutung Jawa Tidak Boleh Ditangkap
Nimatul Faizah Halaman 4 Boyolali Edisi 13 Oktober 2023
BOYOLALI – Keberhasilan warga beberapa desa di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali, menangkap monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) dengan jebakan yang tidak melukai akan diterapkan di daerah lain yang mengalami invasi monyet ekor panjang.

Metode menangkap monyet ekor panjang yang mengganggu lahan pertanian itu selaras dengan konsep konservasi. Invasi monyet ekor panjang di wilayah Kecamatan Tamansari juga mengikusertakan lutung jawa atau surili (Presbytis comata).

Khusus lutung jawa tidak boleh ditangkap. Warga yang mengetahui keberadaan lutung jawa diminta hanya mengusir binatang liar itu. Lutung jawa tergolong binatang yang dilindungi. Karakteristik binatang ini tak seagresif monyet ekor panjang.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Boyolali, Suraji, mengatakan kini telah ada laporan warga tentang gangguan monyet ekor panjang di wilayah Kecamatan Cepogo dan Kecamatan Selo.

”Monyet ekor panjang hanya dijebak dalam kandang, bukan dijerat. Kalau dijerat kan tidak berperikehewanan, seperti dicekik. Metode menangkap monyet ekor panjang yang dipakai warga Kecamatan Tamansari bagus,” kata dia.

Suraji menyebut jumlah surili atau lutung jawa yang juga turun dari hutan di lereng Gunung Merapi dan Gunung Merbabu lalu masuk ke lahan pertanian warga tak sebanyak monyet ekor panjang.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (13/10/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya