SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (10/10/2023).

Solopos.com, MADRID—Ulasan tentang seruan berbagai pihak agar Israel dan kelompok Hamas Palestina beserta para pendukung mereka mencegah konflik bersenjata yang terjadi tidak melebar diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Selasa (10/10/2023).

Seperti diberitakan Solopos hari ini, seruan tersebut antara lain disampaikan Penjabat Menteri Luar Negeri Spanyol, Jose Manuel Albares. “Baku tembak antara Hisbullah dan Israel sangat mengkhawatirkan,” kata Albares dalam wawancara dengan media pemerintah Spanyol, RTVE, Senin (9/10/2023).

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Dia merujuk pada pertempuran antara Hisbullah, kelompok bersenjata yang didukung Iran dan berbasis di Lebanon, dengan pasukan Israel Sabtu lalu, berbarengan dengan serangan terkoordinasi oleh kelompok Hamas Palestina ke sejumlah wilayah Israel. Albares menyebut dia sudah berbicara dengan para sejawatnya di Jordania, Mesir, Qatar, Turki, dan Arab Saudi.

Mereka semua, menurut dia, sepakat untuk melokalisasi konflik dan mengakhiri peningkatan aksi kekerasan. Albares juga menyebut dia sudah dua kali bicara dengan Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen.

“Menlu Israel menegaskan kalau negaranya berhak membela diri. Memang jelas semua negara punya hak seperti itu… namun pada saat yang sama semua bentuk pertahanan diri harus merujuk pada batasan-batasan hukum internasional dan kemanusiaan seperti yang selalu Spanyol tekankan dalam semua konflik,” tegas dia.

Dampak El Nino Lebih Terkendali

JAKARTA—Dampak fenomena cuaca El Nino yang terjadi di wilayah Indonesia pada tahun ini lebih terkendali. Adanya upaya-upaya antisipasi membuat dampaknya tidak separah kondisi beberapa tahun sebelum ini.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menyampaikan fenomena El Nino berdampak pada perubahan pola curah hujan, suhu udara yang meningkat, dan kecenderungan peningkatan titik panas di wilayah yang rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). ”Terkait karhutla, kami sudah siap dengan membasahi lahan gambut sejak Februari. Sampai hari ini pemerintah melakukan TMC [teknologi modifikasi cuaca] yang fokus ke lahan yang diprediksi akan terbakar, meskipun masih ada yang terbakar karena pengaruh tangan manusia,” tuturnya.

Ia mengatakan membasahi lahan gambut perlu dilakukan agar muka air tanah tidak kering yang akhirnya dapat memicu karhutla. Dwikorita juga mengatakan pelaksanaan TMC tidak hanya untuk membasahi lahan gambut, tapi juga untuk membuat kualitas udara di sekitar titik panas tidak semakin memburuk.

Impor Barang Konsumsi akan Dibatasi

JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tenggat dua pekan bagi sejumlah kementerian untuk merevisi aturan terkait kebijakan barang impor, khususnya barang konsumsi.

Arahan yang disampaikan dalam rapat kabinet pada Jumat (6/10/2023) itu bertujuan mengurangi barang impor yang membanjiri pasar domestik dalam beberapa waktu belakangan. “Nanti aturan-aturan Permendag, Peraturan Menteri Pertanian, Peraturan Menteri Keuangan, Peraturan Menteri Kesehatan, Permenkominfo, Peraturan Mendagri, saya lupa tadi, itu dua pekan harus direvisi [berdasarkan] putusan dalam rapat kabinet tadi. Dua pekan untuk diubah, disesuaikan,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat ditemui di Kantor Pusat Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jumat (6/10/2023).

Zulhas tak memerinci permen mana saja yang perlu direvisi. Dalam rapat kabinet itu, pemerintah sepakat mengembalikan lagi pengawasan barang impor ke pabean (border) setelah semula dilakukan di luar kawasan pabean (post border). Zulhas menjelaskan selama ini terdapat banyak pelanggaran terkait pengawasan barang impor. Inilah yang menjadi alasan pengawasan barang impor dikembalikan lagi ke border.

Sayuran Fast Cooking Memberdayakan Difabel

BOYOLALI – Kelompok Pandawa Patra yang menghimpun 25 penyandang disabilitas atau difabel berinovasi menjual sayuran dengan konsep paket fast cooking. Inovasi tersebut sebagai salah satu cara memasarkan produk-produk pertanian mereka sekaligus memberdayakan para penyandang disabilitas dengan mendapatkan penghasilan sendiri.

Kelompok difabel Pandawa Patra mengelola integrated farming di Dukuh/Desa Keposong, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Boyolali. Berbagai sayuran hidroponik, bibit pohon kayu keras, bibit pohon buah-buahan, peternakan, hingga biogas mereka kelola.

Kelompok ini baru saja diresmikan pada pertengahan September 2023, tetapi kelompok difabel di Kecamatan Tamansari tersebut telah berkegiatan bersama sejak 2020.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (10/10/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya