SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (20/2/2024).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang sejumlah calon anggota legislatif atau caleg pendatang baru membuktikan diri berpotensi lolos menduduki kursi di DPRD Kota Solo diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Selasa (20/1/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Senin (19/2/2024) siang, caleg pendatang baru yang berpotensi lolos itu di antaranya Rheo Fernandez, yang merupakan putra Ketua DPC PDIP Solo, F.X. Hadi Rudyatmo.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Perolehan suara Rheo hingga Senin siang ada di ranking ke lima dari 12 Caleg PDIP di Dapil V Solo. Posisinya ada di bawah Ngadiyo, Hon­da Hendarto, Y.F. Sukasno, dan Sagita Puspita Wiranata. Di dapil tersebut PDIP sudah mengunci enam kursi, dan punya peluang satu kursi lagi.

Caleg pendatang baru lainnya yang punya kans besar lolos ke DPRD Solo adalah Kevin Fabiano. Caleg PDIP itu maju dari Dapil III Solo meliputi wi­layah Banjarsari A. Suara dia terbilang meyakinkan. Perolehan suara Kevin hanya kalah dari caleg petahana PDIP, Roro Indradi Sarwo Indah.

Bila bisa mempertahankan menjadi ranking dua, Kevin berkesempatan melenggang ke parlemen. Sebab dari prediksi sejumlah pihak, PDIP mendapatkan tiga kursi DPRD Solo di dapil itu. Di Dapil IV Solo yang meliputi Kelurahan Nusukan, Banjarsari, Joglo, dan Kadipiro, ada pendatang baru yaitu Giyatno yang memimpin perolehan suara sementara untuk PDIP di wilayah itu. Di dapil ini PDIP dikabarkan mendapatkan dua hingga tiga kursi DPRD Solo.

Bergerak Konsolidasi Pascapilpres

JAKARTA—Aneka komunikasi lintas koalisi dan lintas pihak terlihat mulai dijalin seusai proses pemungutan suara Pemilu 2024, khususnya pascapilpres. Hal ini dilakukan meski pengumuman resmi presiden dan wakil presiden terpilih oleh KPU belum dilakukan.

Misalkan saja Koalisi Indonesia Maju (KIM), pendukung Prabowo Subianto-Gi­bran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024 sudah terlihat bergerak membangun ko­munikasi dengan koalisi pengusung pa­sangan capres lain. KIM dalam Pilpres 2024 berhadapan dengan Koalisi Peru­ba­han untuk Persatuan yang menyokong Anies-Muhaimin. Koalisi ini terdiri atas Par­tai NasDem; Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), serta satu partai nonparlemen yakni Partai Ummat.

Selain itu, ada koalisi partai yang mendukung Ganjar-Mahfud terdiri dari PDI Perjuangan (PDIP); Partai Persatuan Pembangunan (PPP); serta dua partai non-parlemen yakni Partai Hanura dan Partai Perindo. Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran akhir pekan lalu melontarkan pernyataan mereka berharap PDIP tidak menjadi oposisi dan menjadi koalisi pemerintah selanjutnya.

Nova Pelatih Timnas U-16, Seleksi Langsung Digeber

JAKARTA – Nova Arianto resmi ditunjuk PSSI sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia U-16. Dikutip dari laman resmi PSSI, Senin ((19/2/2024), penunjukan tersebut dibarengi dengan langkah Nova yang mulai membentuk tim pada Senin dengan menjalani latihan untuk seleksi.

Pembentukan serta seleksi Timnas U-16 tersebut dilakukan di Lapangan B, Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin pagi dan dilanjutkan pada sore hari. Pada seleksi perdana gelombang 1 yang berlangsung pagi tersebut dipantau langsung Direktur Teknik Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Indra Sjafri.

“Saya hadir melihat langsung seleksi U-16. Jadi saya memang ditugaskan Ketum untuk bertanggung jawab atas tim U-20 dan U-17. Namun, saya hanya fokus sebagai pelatih kepala di tim U-20. Untuk U-17, saya mendelegasikan Nova Arianto sebagai pelatih kepala tim,” kata Indra.

Produk Rotan Indonesia Mendominasi Dunia

JAKARTA–Rotan dari Indonesia mendominasi 80% pasokan pasar global. Berdasarkan catatan pemerintah, ekspor produk furnitur Indonesia yang pada 2022 mencapai US$2,5 miliar, juga disumbang dari rotan.

Kesemua ekspor rotan ini tidak pernah dalam bentuk mentah. Hal itu disebabkan larangan dari pemerintah melakukan ekspor rotan mentah berdasarkan Permendag No. 35 Tahun 2011. Data statistik Kanada menunjukkan pada 2021 nilai impor Kanada secara global untuk produk furnitur rotan sebesar CA$35,6 juta dengan pertumbuhan sebesar 48.2% dibandingkan impor 2020 yang hanya sebesar CA$18,44 juta.

Mengutip laman Indonesia.go.id, Minggu (18/2/2024), laporan KJRI Vancouver, Kanada, menyebutkan Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai eksportir produk furnitur rotan ke negara itu pada 2021 dengan nilai ekspor sebesar CA$624.000. Selain itu, pada tahun yang sama, nilai ekspor Indonesia ke Provinsi British Columbia mencapai CA$108.570, sedangkan ke Provinsi Alberta baru sebesar CA$11.500.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (20/2/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya