SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (22/2/2024).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang sejumlah politikus senior di se­jumlah wilayah di Soloraya masih berkesempatan lolos dalam pemilu anggota legislatif 2024 diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (22/2/2024). Mereka masih bertahan menjadi wakil rakyat bahkan hingga beberapa periode.

Diberitakan Solopos hari ini, salah satunya adalah caleg petaha­na dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sragen, Anggoro Sutrisno, yang ba­kal memasuki periode keenam berdasar­kan hasil Pileg 2024. Kader senior PKS ini men­jadi legislator terlama di Sragen atau barangkali se-Soloraya kare­na men­ja­bat legislator DPRD Sragen sejak 1999 si­lam.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Selain Anggoro Sutrisno, ada dua legislator yang memasuki periode kelima dari Pileg 2024 ini, yakni Fathurrohman dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Inggus Subaryoto dari Partai Demokrat Sragen. Namun, ada yang mulai memasuki periode kelima tetapi kemungkinan bisa tumbang pada Pileg 2024 ini.

Anggoro sudah merasakan kedudukan atau jabatan di hampir semua alat ke­lengkapan (alkap) DPRD Sragen sejak 1999.

“Pemilu itu politik yang sangat lokal. Kalau ingin menilai perilaku politik pemilih itu dilihat per rukun tetangga [RT]. Dalam perjalanan dari periode ke periode itu yang dilihat bukan partai politik [parpol] tetapi lebih ke personal atau figur. Dulu caleg tingkat provinsi dan DPR jarang datang ke daerah. Sekarang caleg DPR datang menemui pemilih sampai ke basis RT,” jelas Anggoro saat berbincang dengan Espos, Rabu (21/2/2024) siang.

Bursa Calon Wali Kota Solo Mulai Hangat

SOLO—Jadwal pemilihan kepala daerah (pilkada) memang masih agak lama, di mana prosesnya sesuai jadwal yang sudah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru dimulai pada Agustus mendatang dengan tahapan pendaftaran pasangan calon kepala dan wakil kepala daerah pada 24 Agustus 2024.

Meski begitu, dengan rampungnya pe­mu­­ngutan suara pemilu presiden dan le­gis­latif dan di tengah proses rekapitulasi sua­ra, kasak-kusuk persiapan pilkada pun mulai menghangat. Sejumlah nama dan kemungkinan pembentukan koalisi partai pengusung merebak. Hal ini antara lain diungkapkan Se­kretaris DPD Partai Golkar Kota Solo, Taufiqurahman. Dia berani menyebut kemungkinan adanya tiga poros koalisi dalam Pilkada Solo 2024.

“Dengan hasil Pemilu Legislatif 2024 saat ini, kemungkinan ada tiga poros koalisi Pilkada Solo. Pertama PDIP sendiri, la­lu poros PKS entah dengan siapa, dan poros Gerindra-PSI. Gerindra-PSI itu saya yakin ma­ju bareng itu,” ujar dia, Rabu (21/2/2024).

Produk Ikan Sulit Masuk Uni Eropa

JAKARTA—Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus meningkatkan mutu produk perikanan Indonesia agar mampu menembus pasar Uni Eropa. Banyak kendala yang dihadapi pemerintah dalam merealisasikan target itu.

“Menjaga dan meningkatkan mutu produk perikanan sehingga bisa memenuhi persyaratan yang diminta Uni Eropa,” kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Budi Sulistiyo di Jakarta, Senin (19/2/2024).

Upaya lain mengupayakan penurunan tarif melalui perundingan Indonesia-EU CEPA dan ikut serta dalam pameran Seafood Expo Global (SEG) yang merupakan pameran seafood terbesar di dunia. Pihaknya juga mendorong penambahan eksportir baru ke Uni Eropa melalui pemenuhan 10 rekomendasi hasil inspeksi Uni Eropa terhadap produk perikanan Indonesia.

Harga Bahan Pokok Makin Mencekik

WONOGIRI—Harga beras dan sejumlah komoditas pangan lain di Kabupaten Wonogiri terus merangkak naik, Rabu (21/2/2024). Kenaikan harga itu diprediksi berlangsung lama dan rawan menurunkan daya beli warga.

Warga mengeluhkan kenaikan harga yang terjadi secara bersamaan itu. Pedagang beras di Pasar Wonogiri, Tomo, mengatakan saat ini harga beras kualitas medium sudah mencapai Rp16.000/kilogram (kg) sejak beberapa hari menjelang Pemilu 2024.

Jika menurut aturan harga eceran tertinggi, harga beras sedianya hanya sekitar Rp11.000/kg. Kenaikan harga beras sebesar itu disebut Tomo merupakan tertinggi sepanjang dia berjualan di pasar Wonogiri sejak puluhan tahun lalu. Kenaikan harga beras ini, kata Tomo, cukup anomali. Sebab pada kenyataanya ketersediaan beras di pasar masih aman.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (22/2/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya