SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (1/12/2023).

Solopos.com, SEMARANG–Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (1/12/2023), mengangkat headline tentang Upah minimum kabupaten/kota (UMK) 2024 di wilayah Jawa Tengah yang resmi diumumkan pada Kamis (30/11/2023) sore.

Diberitakan Solopos hari ini, besaran UMK dituangkan dalam Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 561 / 57 Tahun 2023 tanggal 30 November 2023, dan mulai berlaku 1 Januari 2024 mendatang. Dalam surat keputusan yang diteken Pejabat (Pj.) Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Nana Sudjana, itu UMK ter­tinggi berada di Kota Semarang, yakni sebesar Rp3.243.969.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Sementara UMK terendah adalah Kabupaten Banjarnegara, yakni Rp2.038.005,00. Nana menyatakan penetapan UMK 2024 mem­perhatikan inflasi provinsi, per­tum­buhan ekonomi kabupaten/kota, serta nilai alfa. Penentuan nilai alfa mempertimbangkan tingkat penyerapan tenaga kerja dan rata-rata atau median upah.

“Data yang digunakan dalam penghitungan penyesuaian nilai upah minimum, menggunakan data dari lembaga berwenang, yaitu BPS,” jelas Nana dalam penjelasan tertulis yang menyertai pengumuman penetapan UMK 2024 untuk 35 kabupaten/kota di Jateng.

Nana menegaskan UMK ini hanya berlaku bagi pekerja dengan masa kerja kurang dari satu tahun. Pemerintah menetapkan UMK untuk melindungi pekerja dengan masa kerja kurang dari satu tahun agar tidak dibayar di bawah upah yang telah ditetapkan. “Bagi pekerja atau buruh yang sudah bekerja lebih dari satu tahun, upahnya berpedoman pada struktur skala upah,” tandasnya.

Adu Mesin Gol Argentina dan Mali

Laga perebutan peringkat ketiga Piala Dunia U-17 2023 antara Argentina U-17 menghadapi Mali U-17, akan berlangsung di Stadion Manahan, Jumat (1/12/2023) ma­lam ini. Ini menjadi momen “balas dendam” bagi kedua tim yang gagal menggapai partai final.

Bagi Argentina, kekalahan dari Jerman di babak gugur tentu harus segera dilupakan. Tim asuhan Diego Placente ini tampil apik sejak fase grup, mengemas 19 gol sepanjang turnamen. Ketajaman Argentina U-17 tentu bertumpu pada sang penyerang andalan, Agustin Ruberto.

Agustin Ruberto mengemas total delapan gol sejauh ini, artinya, 42% gol Argentina U-17 dicetaknya. Setelah kekalahan dari Jerman U-17, Agustin Ruberto juga menunjukkan ambisi­nya untuk pulang sebagai peringkat tiga di Piala Dunia U-17 2023. ”Kami kalah terhormat, karena di­singkirkan lewat adu penalti. Kami harus merebut juara ketiga nantinya,” ucap Ruberto saat dijumpai di area mix zone Stadion Manahan, Selasa (28/11/2023).

Cukai Plastik & Minuman Manis Masuk APBN Lagi

JAKARTA—Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memasukkan komponen cukai plastik dan cukai minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) di APBN 2024.

Keputusan tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 76/2023 tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2024 yang diundangkan pada Selasa (28/11/2023). Berdasarkan lampiran Perpres No. 76/2023, komponen cukai plastik dan cukai MBDK dimasukkan perincian penerimaan perpajakan tahun anggaran 2024.

Pemerintah memasukkan target cukai plastik sebesar Rp1,85 triliun dan cukai MBDK senilai Rp4,39 triliun. Dengan demikian, target penerimaan yang dibidik dari cukai plastik dan cukai MBDK pada tahun depan mencapai Rp6,24 triliun. Target penerimaan dari dua jenis cukai baru tersebut lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya atau di APBN 2023.

Nataru, Jembatan Kaca WGM Belum Siap Pakai

WONOGIRI—Revitalisasi objek wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri ditargetkan rampung Desember 2023 ini. Kendati demikian, scenic bridge atau jembatan kaca yang bakal menjadi ikon baru objek wisata unggulan Wonogiri itu dipastikan belum bisa digunakan pada libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengambangan (Bappeda Litbang) Wonogiri, Heru Utomo, kepada Espos pada Kamis (30/11/2023), mengatakan progres pembangunan proyek revitalisasi objek wisata WGM Wonogiri sudah mencapai 85%. Pengerjaan proyek fokus pada pembangunan jembatan kaca yang menjorok ke perairan WGM.

Sebagai informasi, proyek revitalisasi WGM Wonogiri ditangani PT Jaya Sempurna Sakti sebagai pengembang atau kontraktor. Pagu anggaran proyek revitalisasi itu Rp28 miliar. Tetapi nilai kontrak pengerjaan proyek itu sebesar Rp22 miliar. Proyek revitalisasi itu berada di tengah objek wisata WGM dengan luas lahan sekitar 2 hektare.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (1/12/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya