SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Senin (19/2/2024).

Solopos.com, JAKARTA–Kabar tentang Perum Bulog menggelontor beras ke pasar diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Senin (19/2/2024) hari ini. Langkah membanjiri pasar ini sebagai upaya untuk meredam harga beras.

Diberitakan Solopos hari ini, tekanan inflasi akibat kenaikan harga-harga bahan kebutuhan pokok diperkirakan meningkat pada Maret 2024 seiring momentum Ramadan. Perkiraan itu muncul berdasarkan Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia di mana Indeks Ekspektasi Harga Umum pada Maret 2024 tercatat sebesar 137,2 atau lebih tinggi dibandingkan dengan Februari 2024 yang sebesar 129,3.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

“Hal ini didorong oleh ekspektasi ke­naikan harga pada bulan Ramadan,” kata Asisten Gubernur sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, Minggu (18/2/2024).

Sementara itu, tekanan inflasi pada Juni 2024 diperkirakan menurun, dengan Indeks Ekspektasi Harga Umum yang tercatat sebesar 125,8 atau lebih rendah dibandingkan indeks pada Mei 2024 se­besar 132,4. Erwin mengatakan, me­nurun­nya tekanan inflasi tersebut ter­utama didorong oleh kelancaran distribusi dan ketersediaan pasokan yang dipandang mendukung pembentukan harga yang lebih rendah.

Erwin mengatakan BI optimistis infla­si hingga akhir 2024 akan tetap terjaga pada kisaran 1,5%-3,5%. Menu­rutnya, laju inflasi yang berhasil diken­dalikan pada tingkat yang rendah hingga Januari 2024 merupakan hasil dari kon­sistensi kebijakan moneter serta sinergi pengendalian inflasi antara BI dan pemerintah (pusat dan daerah) dalam Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID).

Jenang Tak Sekadar Bikin Perut Kenyang

Jenang alias bubur tidak bisa dipisahkan dari peristiwa boyongan atau perpindahan Keraton Mataram dari Kartasura ke sebuah desa bernama Sala atau yang kini dikenal dengan nama Kota Solo.

Karena itulah Festival Jenang Solo selalu digelar bersamaan dengan perayaan hari jadi Kota Solo, yang mengambil momentum dari peristiwa perpindahan Keraton Mataram di masa pe­me­rintahan Sinuhun Paku Bu­wono II, tepatnya pada 17 Februari 1745.

Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta, Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (K.G.P.H.) Dipo­kusumo menjelaskan perpindahan Keraton ke Desa Sala melibatkan banyak orang. Untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan konsum­sinya, pihak Keraton membawa wadah yang berisi berbagai ma­kanan, termasuk tujuh belas jenis jenang.

Pesimistis, Okupansi Mal di 2024

JAKARTA—Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) pesimistis tingkat okupansi atau keterisian mal mampu mencapai 90% pada 2024 imbas terbitnya Permendag No. 36/2023 tentang Kebijakan dan Pengetatan Impor.

Sebelumnya, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) telah menggelar pesta diskon di seluruh pusat perbelanjaan di Indonesia pada 14 Februari lalu atau pada saat hari pencoblosan Pemilu 2024. Selain untuk mengurangi jumlah pemilih golongan putih (golput), acara itu sekaligus bertujuan meningkatkan belanja masyarakat. Program itu terbukti bisa mendongkrak tingkat kunjungan pada hari libur pemilu.

Ketua Umum Appbi Alphonzus Widjaja menyampaikan sejumlah industri ritel telah mengumumkan untuk mengurangi bahkan tidak membuka toko baru pada 2024 imbas kebijakan ini. Beberapa toko yang memasok barang dari luar negeri tentunya sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. “Kami merevisi prediksi [okupansi] di 2024,” kata Alphonzus di sela-sela agenda Rakernas Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Rabu (31/1/2024).

PSU di Sragen Selesai, Prabowo-Gibran Menang

SRAGEN – Pelaksanaan Pemungutan Ulang (PSU) yang diselenggarakan di TPS 5 Desa Tenggak, Kecamatan Sidoharjo Sragen berjalan lancar. Capres-cawapres Prabowo-Gibran memperoleh suara terbanyak dalam PSU yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen, Minggu (18/2/2024).

Proses PSU berlangsung seperti Pemilu biasa dimulai sekitar pukul 07.00 hingga pukul 13.00 WIB. Setelah pemungutan suara selesai dilanjutkan dengan penghitungan yang rampung pada pukul 15.00 WIB. Dari DPT sejumlah 255 orang, yang diundang PSU sebanyak 222 pemilih. Hal ini lantaran sebagian pemilih diketahui tidak di rumah dan sebagian merantau. Dari 222 pemilih di TPS 05 Desa Tenggak yang hadir 210 orang.

Sementara itu, dari hasil PSU tersebut, Capres Paslon 01 Anies-Muhaimin mendapatkan 22 suara. Kemudian Paslon 02 Prabowo–Gibran di TPS tersebut mendapatkan 124 suara, dan Paslon 03 Ganjar–Mahfud Md. mendapatkan 61 suara. Lantas tiga suara dinyatakan tidak sah. Ketua KPU Sragen Prihantoro menyampaikan perhitungan berjalan lancar dan selesai pukul 14.00 WIB dan dilanjutkan proses administrasi.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Senin (19/2/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya