SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi akhir pekan yang terbit Sabtu (19/8/2023).

Solopos.com, SEMARANG – Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko terang-terangan mendukung Prabowo Subianto melalui deklarasi Relawan Prabowo-Budiman (PraBu) di Marina Convention Center, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (18/8/2023) siang. Berita tersebut menjadi headline Harian Umum Solopos yang terbit hari ini, Sabtu (19/8/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, acara deklarasi itu dihadiri langsung oleh calon presiden (capres) Partai Gerindra Prabowo Subianto. Bicara soal alasannya mendukung Prabowo, Budiman menegaskan hal itu adalah sikap pribicara jabatan.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

“Enggak ada titipan, enggak ada jabatan ya. Orang-orang jangan ngira saya dapat duit atau jabatan, enggak ada. Ini pribadi saya dan teman-teman aktivis [mendukung Prabowo], jangan bawa partai [PDIP],” tegas Budiman seusai acara deklarasi tersebut.

“Indonesia itu butuh kepemimpinan strategi. Pak Ganjar [Pranowo, capres PDIP] baik, bukan buruk. Tapi [Indonesia] butuh kepemimpinan stategic di tengah situasi global ini,” ujar dia. Dia pun mengulangi Ganjar Pranowo bukan sosok yang buruk.

Namun berdasarkan penilaiannya, sosok strategis yang dimaksud itu belum sepenuhnya terpancar di capres yang saat ini masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah itu. “Bukan berarti Pak Ganjar jelek, tidak. Kita butuh kepemimpinan strategis, yang bisa melihat tatanan global, ekonomi perang, segalanya, macam-macam, teknologi. Menurut saya, strategi menetapkan visi misi jangka panjang sembari menyelesaikan persoalan rakyat,” jelasnya.

Pesta Kembang Api Tutup Pawai Pembangunan

SOLO– Atraksi kembang api sekitar 12 menit menyemarakkan Karnaval Pawai Pembangunan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Indonesia di Balai Kota Solo, Jumat (18/8/2023) malam. Kembang api yang dinyalakan pukul 19.30 WIB menghiasi langit malam. Atraksi itu memukau ribuan warga Kota Solo maupun warga luar kota yang menyaksikan Karnaval Pawai Pembangunan yang mengusung tema 17 Titik Prioritas Pembangunan Kota Solo.

Warga yang antusias sudah datang sejak sore. Mereka duduk menyemut di sekitar halaman Balai Kota Solo begitu peserta pawai selesai melakukan perjalanan dari simpang Gendengan, Solo. Banyak warga merekam atraksi kembang api menggunakan kamera ponsel masing-masing.

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Solo, dan warga sempat menari bersama begitu pesta kembang api selesai. Penyelenggara memutar lagu Rungkad.

Warga Mojosongo, Jebres, Solo, Alfia Yogi Destyana, 18, tiba di Balai Kota Solo bersama dua orang temannya,  Assyifa Kori, 18, dan Wynnesi Ega Carissa, 19, sejak pukul 16.30 WIB. Menurut dia, pesta kembang api itu keren untuk menutup pawai.  “Saya baru kali ini menonton pawai. Saya datang karena penasaran yang kemarin-kemarin bagus. Saya datang dan ternyata bagus banget,” jelas Alfia.

Pendidihan Global, Hunian Hijau Mahal

Pemanasan global sudah jauh-jauh hari diserukan ilmuwan. Bahkan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres, menggunakan istilah pendidihan global. Menurut Guterres, bulan terpanas terjadi pada Juli 2023. Cuaca panas dirasakan warga di Soloraya belakangan ini.

Pemanasan global menjadi hal yang harus dihadapi. Espos berdiskusi dengan sejumlah pakar mengenai cara menghadapi pemanasan global mulai dari lingkungan terkecil, rumah.

Konsep hunian hujau bisa menjadi salah satu upaya Namun harus diakui, butuh bujet mahal dan waktu lebih untuk menciptakannya. Masyarakat sebagai penghuni rumah atau institusi yang tengah membangun gedung harus membeli sensor, panel surya, AC ramah lingkungan, membeli media tanam, tanaman, dan lain-lain Belum lagi biaya perawatannya.

Hadapi Serdadu Tridatu Tanpa 4 Pilar

SOLO–Persis Solo dalam kondisi pincang saat menghadapi Bali United FC pada pekan ke-9 Liga 1 2023/2024 di Stadion Manahan Solo, Sabtu (19/8/2023) pukul 19.00 WIB. Laskar Sambernyawa tidak diperkuat raja assist Alexis Messidoro karena cedera.

Tidak hanya itu, Persis Solo juga tiga pemain pilar Ramadhan Sananta, Irfan Jauhari, dan Kanu Helmiawan karena sedamg berlaga untuk Tim Indonesia U-23 di ajang Piala AFF U-23 2023. Pemain asal Argentina itu dikabarkan harus beristirahat satu hingga dua pekan ke depan.

Hal itu diungkapkan oleh dokter tim Persis, Iwan Wahyu Utomo. “Hasil MRI Alexis Messidoro, strain hamstring sinistra sisi kiri. Diagnosa banding, myositis [radang] pada otot. Dia harus istirahat satu hingga dua minggu atau tergantung rasa nyeri dan penanganan pasca cedera,” kata Iwan Wahyu Utomo, dikutip dari laman Liga Indonesia Baru, Rabu (16/8/2023).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Sabtu (19/8/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya