SOLOPOS.COM - Harian Umum Solopos edisi Kamis (7/3/2024).

Solopos.com, SOLO—Nama-nama tokoh yang dinilai berpotensi terjun dalam kontestasi pemilihan kepala daerah (pilkada) di kawasan Soloraya dan Jawa Tengah mulai bermunculan diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Kamis (7/3/2024). Salah satunya adalah CEO Kusuma Mulia Group, Rudy Indijarto Sugiharto.

”Banyak yang meminta saya untuk jadi pemimpin Kota Solo, sehingga saya bisa berguna lebih banyak lagi,” terang Rudy seusai acara Launching dan Luncheon Biografi Rudy Indijarto Sugiharto Naik Level Menjadi Pusat Solusi, di Alila Hotel Solo, Rabu (6/3/2024), seperti diberitakan Solopos hari ini. Rudy pun mengaku sudah menjajaki beberapa partai politik (parpol) besar.

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

Rudy memilih tidak menyebutkan parpol mana yang sudah melakukan penjajakan. Dia tidak menolak permintaan agar dirinya menjadi pemimpin di Kota Solo, karena menurutnya hal ini membuatnya lebih mampu berkontribusi dan berguna bagi masyarakat. Walaupun telah berkontribusi di dunia usaha, menurut Rudy kontribusi yang dilakukan memiliki ruang lingkup terbatas.

Dengan menjadi pemimpin daerah, dia menilai bisa membuat regulasi dan mengawal aturan hingga ke lapisan paling bawah. ”Karena saya lihat, kalau saya sebagai pengusaha saja itu ruang lingkupnya terbatas. Karena apa? Karena kita tidak bisa membuat regulasi, kita tidak bisa membuat aturan, dan kita harus mengawal aturan itu sampai ke bawah. Sampai ke tingkat pelaksanaan dan bahkan memberikan bimbingan untuk mereka supaya mereka mengerti betul,” kata dia.

Jika mendapat kepercayaan dari masyarakat Solo, Rudy mengaku siap untuk keluar dari zona nyaman dan membuat Kota Solo berkembang dan menemukan kejayaan kembali. ”Mudah-mudahan kalau Yang di Atas mengizinkan, ya agar berjalan lancar dan sukses,” ujar Rudy.

Hotel dan Restoran Tarik Investasi Terbesar di Solo

SOLO—Kota Solo menarik realisasi sebesar hampir Rp1 triliun pada 2023. Sektor hotel dan restoran menjadi sasaran investasi terbanyak.
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Solo mencatat realisasi investasi sebanyak Rp917.758.926.569 atau mencapai 152,96% dari target Rp600 miliar.

Realisasi pada 2023 terdiri atas penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp747.795.900.000 atau 81,49%. Sedangkan penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp169.963.026.559 atau 18, 51%. Kepala DPMPTSP Kota Solo, Andriyani Sasanti, mengatakan pihaknya selalu berkoordinasi dengan para pelaku usaha agar mendapatkan kemudahan dalam mengurus perizinan.

“Itu adalah salah satu kunci, kalau mau berinvestasi sedangkan perizinan sulit pasti berpengaruh pada animo investasi mereka di Solo,” kata dia saat ditemui Espos di kantornya, Selasa (5/3/2024).

Industri Pengolahan Daging Berkembang

JAKARTA–Peluang industri pengolahan daging di Indonesia masih terbuka lebar menyusul meningkatnya nilai ekspor dan permintaan daging. Pemerintah mencatat baru ada 64 perusahaan yang mempekerjakan 25.839 orang di industri ini.

Terkait urusan konsumsi daging, warga Indonesia terhitung jauh dari ideal. Bahkan jauh dari batas wajar yang disarankan ahli kesehatan. Sebagaimana laporan di laman World Cancer Research Fund, aturan makan daging dalam sehari tak lebih dari 50 gram-70 gram atau 350 gram-500 gram per pekan.

Mengutip laman Indonesia.go.id, Senin (4/3/2024), rata-rata konsumsi daging (sapi/kerbau) di Tanah Air merujuk laporan Badan Pusat Statistik (BPS) hanya 0,009 kilogram (kg) per kapita per pekan selama periode 2017-2021 atau hanya berkisar 9 gram. Dibanding negara tetangga Malaysia, Indonesia juga masih tertinggal.

Stadion Manahan dapat Kesempatan Pertama

SOLO – Stadion Manahan Solo akan mendapat kesempatan pertama penggunaan video assistant referee (VAR) di Indonesia. Penggunaan VAR rencananya di uji coba saat laga final Elite Pro Academy (EPA) U-20 saat Persis Solo U-20 melawan Persita Tangerang U-20, Kamis (7/3/2024) sore. Kedua tim menyambut positif uji coba VAR untuk sepak bola Indonesia tersebut.

Pelatih Persis Solo U-20, Alief Syahrizal, mengatakan laga tersebut akan menjadi tonggak sejarah bagi sepak bola di Indonesia. “Tentu pertandingan akan menjadi laga yang spesial bagi semua yang terlibat karena ini adalah momen bersejarah bagi sepak bola Indonesia. Itu akan dilakukan Persis Solo dan Persita Tangerang. Perasaan kami sangat bangga dan tak sabar menunggu pertandingan,” ujar Alief dalam press conference di Stadion Manahan, Rabu (6/3/2024).

Hal senada juga dikatakan pemain Persis Solo U-20, Ahmad Athalla. Ia mengatakan pertandingan tersebut akan membanggakan bagi para pemain untuk menjadi bagian dari sejarah. “Sangat menarik tentunya, karena itu kali pertama di Indonesia di usia muda. Ini buat pengalaman semua pemain baik Persis Solo serta Persita Tangerang,” ucap dia.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (7/3/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya