SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (3/11/2023).

Solopos.com, SOLO—Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (3/11/2023), mengusung headline tentang menyeberangnya Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo yang awalnya diusung PDIP menjadi calon wakil presiden bagi Prabowo Subianto, calon presiden yang didukung Koalisi Indonesia Maju yang dipimpin Gerindra.

Hal itu, seperti diberitakan Solopos hari ini, berpotensi mengusik wilayah Soloraya khususnya Kota Solo yang sejak lama menjadi kandang banteng alias pusat pendukung PDI Perjuangan. Bahkan Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Gibran Solo, Ardianto Kuswinarno, berani menargetkan meraih 75% suara bagi pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran, di Kota Solo.

Promosi Dirut BRI dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Target itu diklaim Ardianto cukup realistis asal semua sumber daya bergerak. “Kami tunjukkan bahwa kami ini parpol koalisi besar, harus punya semangat. Ini yang terpenting. Nanti semua teman-teman bergerak di akar rumput,” kata dia seusai rapat pembentukan tim pemenangan di Solo, Selasa (31/10/2023) malam.

Untuk meraih target itu sejumlah elite dan influencer partai politik (parpol) Koalisi Indonesia Maju (KIM) akan diterjunkan ke Kota Solo. “Ke depan kami akan meminta teman-teman dari Golkar, dari Demokrat ada Mas Agus [Agus Harimurti Yudhoyono], dan parpol lain. Mas Agus ganteng dan pintar, perlu kami bawa ke Solo. Emak-emak nanti pasti jatuh cinta, dan memberikan suara sebanyak-banyaknya,” ujar dia.

Ardianto juga menyebut sosok Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, yang bila memungkinkan akan dihadirkan ke Solo. Sosok politikus muda dengan latar belakang pengusaha sukses dan bos Persis Solo itu dipastikan akan menjadi daya tarik bagi generasi muda. PSI menjadi motor di sektor anak muda.

Haul Habib Ali, Pagelaran Keraton Jadi Tempat Transit

Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Solo, biasanya dihadiri puluhan ribu orang dari berbagai penjuru Nusantara dan bahkan luar negeri. Salah satu kebutuhan utama bagi para jemaah adalah tempat untuk sekadar beristirahat. Kini, menjelang Haul ke-112 Habib Ali, ada tambahan alternatif tempat singgah para jemaah yaitu Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Solo.

“Tiga tahun lalu, banyak jemaah yang tidak dapat penginapan. Mereka tidur seadanya di area Keraton Solo. Kasihan mereka. Kemudian, kami berupaya memberi fasilitas transit untuk para jemaah. Lebih manusiawi istilahnya seperti itu,” kata salah satu kerabat Keraton Solo, K.P. Edhy Wirabhumi, saat berbincang dengan Espos, Kamis (2/11/2023).

Ada beragam fasilitas transit yang disediakan untuk para jemaah seperti kamar mandi dan lain-lain. Para jemaah juga bisa menyantap makanan dan minuman yang dijajakan para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di area Pagelaran Keraton Solo. Saat ini, petugas tengah mempersiapkan Sasana Sumewa Pagelaran Keraton Solo seperti membersihkan lokasi dan memasang kain penutup di sekelilingnya. Ada pula petugas keamanan yang disiagakan di sekitar lokasi transit.

RI-ANRPC Bentuk Komunike Bersama

JAKARTA—Indonesia memprakarsai komunike bersama keberlanjutan komoditas karet alam untuk menanggapi penerapan Undang-Undang Antideforestasi Uni Eropa (EUDR). Komunike bersama ini disepakati secara kolektif oleh negara anggota Asosiasi Negara Penghasil Karet Alam (Association of Natural Rubber Producing Countries/ANRPC) pada pertemuan ke-54 Komite Eksekutif ANRPC yang diselenggarakan pada 19 Oktober 2023 di India.

Direktur Jenderal Perundingan Internasional Kementerian Perdagangan Djatmiko Bris Witjaksono selaku National Liaison Officer (NLO) Indonesia untuk ANRPC mengatakan Komunike Bersama ANRPC menjadi sikap kepedulian terhadap keberlanjutan karet alam.

ANRPC merupakan forum koordinasi karet alam di bidang produksi dan pemasaran, stabilisasi harga yang bersifat remunerasi bagi petani, kerja sama teknis, dan penelitian. Menurut dia, ketatnya regulasi EUDR menjadi ancaman serius bagi industri karet alam saat ini, terutama petani yang sebagian besar merupakan pekebun rakyat. Mereka menjadi pihak yang paling terdampak.

Investasi Kawasan WGM Makin Bergairah

WONOGIRI—Nilai investasi skala usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di kawasan wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri dinilai bakal cepat tumbuh. Revitalisasi objek wisata WGM dan masuknya investor besar di bidang pariwisata disebut bakal berdampak pada pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.

Kepala Seksi Data Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Wonogiri, Sriyanto, saat ditemui Espos di kantornya pada Rabu (1/11/2023), mengatakan selama kurun waktu dua tahun terakhir nilai investasi di sekitar kawasan objek wisata Wonogiri meningkat. Investasi di bidang industri produk makanan dan rumah atau warung makan paling mendominasi di kawasan tersebut.

Berdasarkan data yang DPMPTSP Wonogiri, selama kurun waktu pertengahan 2021 hingga pertengahan 2023, nilai investasi di kawasan wisata WGM skala UMKM tercatat sebanyak Rp34,2 miliar. Nilai investasi itu terbagi dalam 603 UMKM yang menyerap tenaga kerja sebanyak 1.386 orang.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (3/11/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya