News
Sabtu, 4 November 2023 - 06:18 WIB

Solopos Hari Ini : Berburu Untung Aneka Acara di Solo

Tim Solopos  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Sabtu (4/11/2023).

Solopos.com, SOLO—Ulasan tentang Kota Solo kembali menjadi tuan rumah kegiatan berskala besar diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Sabtu (4/11/2023). Di tingkat lokal ada Haul ke-112 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Masjid Riyadh, Pasar Kliwon. Di tingkat internasional ada Piala Dunia U-17.

Diberitakan Solopos hari ini, dengan segala geliat dan riuh rendah dampak yang dibawa dalam aneka acara di Solo, ada sejumlah catatan yang perlu menjadi perhatian. Misalkan saja yang disampaikan Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Surakarta, Mirza Ananda.

Advertisement

Dia meminta pengusaha lokal dan masyarakat dilibatkan secara aktif dalam perhelatan internasional Piala Dunia U-17 2023 agar dampak ekonomi terasa sampai bawah. Dia mengaku pihaknya belum dilibatkan dalam pelaksanaan event internasional tersebut. “Semuanya dari pusat, jadi sampai detik ini tidak ada koordinasi dengan kami dari lokal, dan seringnya seperti itu terus, kami juga belum paham missing link-nya di mana ini,” kata dia ketika dihubungi Espos, Kamis (2/11/2023).

Dia mengatakan setiap kali ada event internasional di Solo, pemerintah tidak pernah menggandeng promotor atau agen travel lokal. Idealnya jika ada event besar, pemerintah pusat bisa menggandeng paling tidak organisasi Asita yang ada di Solo. “Paling utama kan Asita, karena kami asosiasi travel agent yang resmi di Solo, kalau bisa kami diajak duduk bareng, di sana butuhnya apa, kami bisa menyediakan apa. Selama ini tidak ada. Sampai detik ini pun untuk Piala Dunia anggota kami belum ada yang terlibat,” kata dia.

Advertisement

Dia mengatakan setiap kali ada event internasional di Solo, pemerintah tidak pernah menggandeng promotor atau agen travel lokal. Idealnya jika ada event besar, pemerintah pusat bisa menggandeng paling tidak organisasi Asita yang ada di Solo. “Paling utama kan Asita, karena kami asosiasi travel agent yang resmi di Solo, kalau bisa kami diajak duduk bareng, di sana butuhnya apa, kami bisa menyediakan apa. Selama ini tidak ada. Sampai detik ini pun untuk Piala Dunia anggota kami belum ada yang terlibat,” kata dia.

Dia menyebut event internasional apa pun yang dilaksanakan di Solo, termasuk Piala Dunia harus melibatkan pengusaha dan masyarakat setempat. Hal itu lantaran mereka lebih paham mengenai potensi pariwisata yang bisa digenjot. Termasuk potensi pergerakan ekonomi lintas sektor. “Harusnya kami yang orang lokal lebih mengerti seluk beluk Kota Solo kan dijawil gitu ya,” kata dia.

Baluwarti, Kekayaan Budaya di Balik Dinding Keraton

Anda bolehlah membayangkan tinggal di dalam sebuah kompleks benteng, dengan dinding tinggi dan tebal yang menjadi pembatas dari dunia luar. Namun di dalam lingkup benteng itu, ada kekayaan budaya yang luar biasa. Hal itu bisa dijumpai di kawasan Baluwarti, di dalam kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Advertisement

”Program ini sudah kami ajukan sejak 2018 karena kami menyadari kami memiliki kekayaan budaya yang sangat banyak. Hal tersebut tidak dipungkiri lahir karena kami merupakan kampung yang terbentuk di area Keraton [Kasunanan Solo] sehingga kami mendapatkan kebudayaan langsung dari mereka,” ujar Danang saat ditemui Espos di kantornya, Jumat (3/11/2023) siang.

Kreativitas di Area Mahkota

Jumlah sepeda motor di Jawa Tengah mencapai 18.301.431 unit. Angka itu ditulis di laman Electronic Regristation Identification Korlantas Polri, dikutip Espos pada Jumat (3/11/2023). Pada tabel statistik kendaraan itu, Jawa Tengah (Jateng) menduduki peringkat ketiga dengan kontribusi populasi kendaraan 12,99% secara nasional.

Total kendaraan di Jawa Tengah 20.596.918 unit, per Kamis (2/11/2023) pukul 22.30 WIB. Secara nasional, jumlah sepeda motor yang terdaftar sistem registrasi elektronik itu sebanyak 132.387.250 unit. Bisa dikalikan dua untuk melihat potensi kebutuhan helm jika asumsinya satu sepeda motor membutuhkan dua helm, untuk pengendara dan penumpangnya. Artinya, ratusan juta unit helm dibutuhkan di Indonesia.

Advertisement

Menggunakan helm dengan Standar Nasional Indonesia telah diatur dalam Undang-Undang No. 22/2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sementara itu, helm tak lagi dipandang sebagai kelengkapan keamanan berkendara. Helm menjadi lini penting untuk mencitrakan selera dan gaya pengendara sepeda motor.

API Awards untuk Pracima Tuin dan Atraksi Prajurit

SOLO–Kota Solo mendapatkan dua penghargaan berupa Anugerah Pesona Indonesia atau API Awards 2023, Rabu (1/11/2023). Kedua anugerah tersebut untuk Pracima Tuin dan Atraksi Prajurit Keraton Solo.

Kepala Bidang (Kabid) Destinasi dan Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Gembong Hadiwibowo, menjelaskan Kota Solo mendapatkan Juara II Kategori Destinasi Baru berupa Pracima Tuin di Pura Mangkunegaran. Selain itu, kata dia, Kota Solo mendapatkan Juara I untuk Kategori Atraksi Budaya melalui Atraksi Budaya Prajurit Keraton Solo. Pencapaian itu bakal menjadikan Pracima Tuin dan Atraksi Budaya Prajurit Keraton Solo semakin dikenal luas.

Advertisement

“Penghargaan ini menambah curiousity [rasa penasaran] orang-orang untuk datang ke Kota Solo. Jadi khalayak yang pengin tahu Pracima Tuin dan Atraksi Budaya Prajurit Keraton Solo bisa datang ke Solo,” kata dia, Kamis (2/11/2023). Menurut dia, jumlah kunjungan ke Pracima Tuin maupun Pura Mangkunegaran terus meningkat.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Sabtu (4/11/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif