SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (12/1/2024).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang panasnya hubungan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto dalam debat ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1/2024), mendominasi percakapan media digital hingga pertengahan pekan ini diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (12/1/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, kritik terhadap Prabowo dalam debat dibalas pendukungnya di media sosial. Hal itu terlihat dalam hasil pemantauan media (media monitoring) yang dilakukan Espos selama periode Jumat (5/1/2024) hingga Rabu (10/1/2024) di platform media digital seperti X, Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok, dan media daring.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Rentang waktu pemantauan tersebut dipilih untuk mengetahui perubahan yang terjadi pada percakapan tentang para calon presiden (capres) sebelum dan sesudah debat ketiga. Selama rentang waktu tersebut, Espos mendapatkan total 78.862 percakapan dengan total lebih dari 53 juta (tepatnya 53.196.307) interaksi atau engagement. Dari total jumlah tersebut, percakapan difilter hanya mengenai tiga nama capres yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Hasilnya, terjadi lonjakan percakapan terkait ketiga capres setelah debat ketiga. Sebelum debat, percakapan yang menyebut Prabowo seperti biasa terus men­dominasi media digital. Hingga pelaksanaan debat, yakni pukul 19.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB, Prabowo muncul dalam 11.127 percakapan. Ganjar me­nyusul dengan total 9.552 percakapan dan Anies paling rendah dengan 8.678 percakapan.

Dalam hal interaksi (like, komentar, share, dan lainnya), Prabowo juga paling tinggi dengan 3,2 juta tanggapan. Anies di urutan kedua dengan 2,85 juta tanggapan. Ganjar paling rendah dengan 1,7 juta tanggapan.

Setelah debat, yakni dari Minggu pukul 22.00 WIB hingga Kamis (11/1/2024) pukul 00.00 WIB, percakapan tentang ketiganya melonjak drastis. Prabowo yang terlibat saling serang dengan Anies masih mendominasi dengan disebut dalam 26.626 konten. Anies di urutan kedua dengan 20.655 konten dan Ganjar paling rendah dengan 18.912 konten.

Underpass Joglo Dibangun, Dua Jalan Ditutup

SOLO—Pengerjaan jalan lintas bawah atau underpass Joglo bakal membuat sebagian ruas Jl. Ki Mangun Sarkoro dan Jl. Sumpah Pemuda Solo ditutup. Penutupan direncanakan dilakukan mulai Senin (15/1/2024) lebih kurang pukul 21.00 WIB. Meski begitu penutupan itu tidak menghalangi akses ke simpang Joglo karena ruas-ruas jalan lain masih bisa digunakan untuk melintas di simpang Joglo.

Rapat koordinasi untuk mem­bahas pengerjaan underpass Joglo tahap dua digelar di aula Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Kamis (11/1/2024). Rapat itu dihadiri kontraktor pelaksana pro­yek, Satlantas Polresta Solo, Pe­merintah Kecamatan Banjarsari, ser­ta tokoh masyarakat. Dalam kesempatan itu, dipaparkan lini masa pekerjaan underpass Joglo tahap dua hingga tahap empat.

Pekerjaan tahap satu, yakni pembangunan saluran drainase dan utilitas di sekitar simpang tujuh Joglo yang sudah rampung. Selanjutnya adalah pengerjaan tahap dua, yakni pembangunan frontage dan dinding diafragma. Guna mendukung pekerjaan konstruksi fisik, dua ruas jalan di sekitar simpang Joglo bakal ditutup.

Industri Kosmetik Targetkan Rp30 Triliun

JAKARTA—Penerimaan sektor kosmetik pada tahun ini diproyeksikan mencapai US$1,94 miliar atau setara Rp30 triliun dengan pertumbuhan sebesar 5,53% per tahun. Saat ini, tercatat ada 1.010 perusahaan kecantikan yang eksis di Tanah Air.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Dirjen PEN) Didi Sumedi saat melepas ekspor perdana produk kosmetik dengan merek Azarine milik PT Wahana Kosmetika Indonesia ke Malaysia senilai RM 7 juta atau setara Rp23,25 miliar. Kegiatan itu berlangsung di PT Wahana Kosmetika Indonesia, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (8/1/2024), seperti dikutip dari laman kemendag.go.id yang diakses Kamis (11/1/2024).

Didi menyampaikan industri kosmetik Indonesia sedang tumbuh yang ditandai peningkatan jumlah pelaku usaha kosmetik Indonesia sebesar 11,4% pada tahun 2022 dibandingkan tahun sebelumnya. Penerimaan sektor kosmetik Indonesia pada 2024 diperkirakan mencapai US$1,94 miliar atau setara Rp30 triliun dan diproyeksikan meningkat sebesar 5,53% per tahun.

Mengkaji SE Larangan Konsumsi Daging Anjing

SOLO–Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dispartan KPP) Solo mengkaji penerbitan surat edaran (SE) larangan konsumsi olahan daging anjing. Hal ini seiring penggerebekan truk yang mengangkut ratusan anjing yang hendak diperdagangkan di wilayah Soloraya. Demikian disampaikan Kepala Dispartan KPP, Eko Nugroho Isbandijarso, Kamis (11/1/2024)

Eko mengakui Pemkot memang belum menerbitkan aturan terkait larangan konsumsi daging anjing di Kota Solo hingga saat ini. Pengawasan olahan daging anjing mengacu pada surat edaran Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah. “Kami sudah melaporkan hasil audiensi dengan Dog Meat Free Indonesia [DMFI] pada dua pekan lalu. Hasil audiensi telah dilaporkan kepada Sekda untuk dikaji mendalam agar segera diterbitkan SE Wali Kota-nya,” kata dia, Kamis.

Eko tak memungkiri warung kuliner olahan daging anjing banyak ditemukan di Kota Bengawan. Daging anjing yang dimasak berasal dari Jawa Barat, seperti Subang, Garut, dan Tasikmalaya. Menurut Eko, keberadaan warung kuliner olahan daging anjing sangat bergantung pada pasokan dari Jawa Barat.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (12/1/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya