SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Kamis (16/3/2023).

Solopos.com, JAKARTA — Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan akan berupaya mengurangi interaksi wajib pajak (WP) dengan fiskus atau aparat pajak. Upaya ini ditempuh melalui penggunaan layanan automasi core tax administration system yang akan digunakan pada 2024.

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo mengatakan bahwa upaya tersebut bertujuan menutupi celah negosiasi antara WP dengan aparat pemungut pajak  serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Kami juga bersiap untuk implementasi core tax di tahun 2024, yang secara total memang kami arahkan untuk mengurangi interaksi antara petugas pajak dengan wajib pajak,” ujar Suryo dalam konferensi pers APBN Kita, Selasa (14/3/2023). 

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

Core tax administration system merupakan teknologi informasi yang akan menyediakan dukungan bagi pelaksanaan tugas Ditjen Pajak dalam automasi proses bisnis, mulai dari pemrosesan surat pemberitahuan, dokumen perpajakan, pembayaran pajak, hingga penagihan. Pemberlakukan sistem tersebut juga telah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 40/2018. Aturan ini mengatur pengembangan core tax system yang menjadi salah satu pembaruan sistem administrasi perpajakan di Tanah Air. 

Suryo menuturkan bahwa sebelum core tax diterapkan mulai 2024, Ditjen Pajak saat ini masih terus berusaha mengurangi interaksi antara WP dengan aparat. Salah satu contohnya adalah pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) yang kini sebagian besar diakses secara daring. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Kamis (16/3/2023).

Perbaikan Gapura Jurug Sertakan Pembangunan Pelindung

SOLO — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Solo bakal segera memperbaiki Gapura Jurug di Jl Ir Sutami, Solo yang rusak. Bangunan pelindung gapura juga akan didirikan.

Berdasarkan pantauan Espos, Rabu (15/3/2023) siang, sejumlah personel dari DPUPR Solo, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo, Balai Pelestarian Kebudayaan Jateng-DIY, Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Polresta Solo, dan PT Bengawan Solo Trans meninjau Gapura Jurug yang rusak ditabrak bus Batik Solo Trans (BST) pada Selasa (14/3/2023) pagi. Di sekitar bagian gapura yang dibangun di era Sinuhun Paku Buwono X itu terpasang garis polisi. 

Kepala DPUPR Solo, Nur Basuki, mengatakan Gapura Jurug rusak bukan akibat kesengajaan namun kecelakaan. Semua sepakat Gapura Jurug dikembalikan seperti semula. “Dikembalikan seperti semula dengan memanfaatkan material yang ada. Nanti kami rekonstruksi lagi. Mungkin nanti ada penguatan dan dipasang rambu-rambu pengamanan agar hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi,” kata dia.

Dia mengatakan DPUPR Solo telah mengalokasikan anggaran untuk pengecatan dan perawatan sejumlah gapura penanda wilayah Kasunanan Surakarta Hadiningrat di Kota Solo tahun ini. Jumlahnya lebih kurang Rp200 juta bersumber dari APBD Kota Solo. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Kamis (16/3/2023).

Hujan Cuan Digital Printing dan Perhotelan

SOLO — Bisnis jasa cetak digital atau digital printing semakin dibutuhkan. Pelaku usaha digital printing diperkirakan menangguk keuntungan berlipat menjelang agenda politik nasional pada 2024. Kondisi yang sama juga akan dirasakan sektor perhotelan menyusul akan banyak pertemuan dalam skala besar.

Bos Gage Design, Bambang Nugroho, mengatakan bisnis digital printing mampu melewati masa sulit saat badai pandemi Covid-19 yang menggerus sektor usaha maupun perdagangan selama lebih dari dua tahun. Usaha digital printing justru mengalami perkembangan cukup signifikan pada masa pandemi Covid-19.

“Kami mampu melewati masa pandemi Covid-19 di mana banyak lini usaha bertumbangan. Alhamdulillah, banyak order permintaan pemasangan billboard di pinggir jalan,” kata dia saat ditemui wartawan, Rabu (8/3/2023).

Pria yang akrab disapa Bambang Gage ini menyampaikan order pemasangan billboard atau reklame cukup tinggi pada tahun lalu. Order tersebut berasal dari tokoh-tokoh politik maupun pelaku usaha yang menawarkan produk melalui reklame atau billboard. Selengkapnya di halaman Ekonomi-Bisnis Harian Solopos edisi Kamis (16/3/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya