SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Selasa (16/1/2024).

Solopos.com, KLATEN–Ulasan tentang temuan kasus lumpuh layu di wilayah Jatim serta satu kasus polio di Klaten, memicu tindakan cepat dari pemerintah yang menyatakan status keja­dian luar biasa (KLB) dan penggelaran Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Selasa (16/1/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, kegiatan tersebut digelar serentak di seluruh kabu­paten/kota di Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) serta Kabupaten Sleman, DIY, mulai Senin (15/1/2024). Sub PIN Polio digelar serentak dalam dua pu­taran dengan putaran pertama digelar pada 15-20 Januari 2024. Sementara, pu­taran kedua digelar pada 19-25 Februari 2024. Sasaran Sub PIN Polio yakni anak usia nol tahun hingga tujuh tahun 11 bulan 29 hari.

Promosi Kirana Plus, Asuransi Proteksi Jiwa Inovasi Layanan Terbaru BRI dan BRI Life

Di Klaten, sasaran Sub PIN Polio yakni 127.183 anak. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Yunita Dyah Suminar, menjelaskan di Jateng ada 3,9 juta anak yang menjadi sasaran Sub PIN Polio. Capaian imunisasi tambahan itu ditargetkan minimal 95% dari target sasaran.

“Kami mengimbau agar 3,9 juta anak di Jateng dibawa ke tempat-tempat pos Sub PIN Polio. Imunisasi ini gratis dan tidak menyebabkan anak demam dan sebagainya,” kata Yunita saat ditemui wartawan seusai pencanangan Sub PIN Polio di Desa Tanjungsari, Kecamatan Manisrenggo, Klaten, Senin.

Yunita menilai semestinya di Klaten tidak ada kasus polio karena cakupan imunisasi polio di Klaten sudah mencapai 101%. Selain itu, Klaten menjadi salah satu Kabupaten Sehat serta memiliki status open defecation free (ODF) alias sudah tidak lagi buang air besar sembarangan.

Apindo Janji Hak Pilih Buruh Terjamin

SEMARANG—Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Tengah (Jateng) berkomitmen mem­be­ri­kan hak suara atau hak untuk memilih bagi buruh atau karyawan dalam Pemilu 2024. Apindo pun mendorong 1.350 pengusaha yang berada di bawah naungan organisasi tersebut untuk bisa memberikan libur ketika pemilihan presiden (Pilpres) 2024 yang akan berlangsung 28 hari lagi.

Ketua Apindo Jateng, Frans Kongi, menyatakan telah mengingatkan para pengusaha agar tak menghalangi hak pilih karyawan mereka. Oleh sebab itu, ia mendorong para pengusaha di 35 kabupaten/kota bisa memberikan libur penuh saat hari pemungutan suara 14 Februari mendatang. “Kita semua tahu, 14 Februari merupakan libur resmi pemerin­tah. Dan kami dorong semua karyawan menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara. Maka jangan sampai ada yang tak gunakan hak pilihnya,” kata Frans kepada Espos, Senin (15/1/2024).

Kendati mendorong libur, Frans tak menampik saat ditanya soal apakah bakal ada perusahaan yang tetap meminta karyawannya masuk kerja. Namun ia telah meminta agar para perusahaan-per­usahaan yang tak bisa me­liburkan karyawannya itu untuk berkomunikasi lebih lan­jut agar tak merenggut hak pilih pekerja.

Plastik di Antara Peluang Ekspor dan Impor

JAKARTA—PT Amandina Bumi Nusantara (Amandina), perusahaan daur ulang botol plastik, mampu mengekspor resin PET atau polyethylene terephthalate daur ulang ke Eropa sebagai salah satu langkah penerapan sirkular ekonomi di Indonesia. Di sisi lain, Indonesia juga masih kesulitan menghadapi banjir impor produk-produk plasik.

Amandina memproses botol plastik PET pascakonsumsi menjadi resin recycled PET yang dapat digunakan langsung untuk kemasan makanan dan minuman (food-contact approved). Managing Director PT Amandina Bumi Nusantara, Suharji Gasal, mengatakan pabrik Amandina di Cikarang merupakan pabrik daur ulang resin PET pertama yang berhasil memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Amandina berhasil memenuhi Standar Nasional Indonesia untuk sistem manajemen kualitas, meraih standar ISO 9001, serta membuktikan kualitas produk daur ulang yang diproduksi Amandina mampu diterima pasar Eropa,” kata Suharji dalam siaran persnya, dikutip Sabtu (13/1/2024).

Perlintasan Sebidang di Taji Perlu Palang Pintu

KLATEN – Tim Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten mengecek lokasi kecelakaan antara satu unit mobil dengan Kereta Api Gaya Baru Malam Selatan di perlintasan sebidang tanpa palang pintu di Desa Taji, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

Hasil pengecekan meunculkan kesimpulan perlintasan sebidang di Desa Taji itu perlu ditambah palang pintu. Kecelakaan di lokasi tersebut pada Minggu (14/1/2024) menyebabkan dua orang meninggal dunia. “Semakin hari semakin ramai perlintasan sebidang ini. Memang perlu [ditambah palang pintu], tetapi ada beberapa hal yang jadi pertimbangan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Klaten, Supriyono, saat dihubungi Espos pada Senin (15/1/2024).

Pertama, soal penganggaran untuk pengadaan palang pintu yang nanti prosesnya paling cepat melalui APBD Perubahan 2024. Kedua, butuh penjaga yang tentu juga butuh biaya untuk mengupah penjaga itu. Ketiga, mengupayakan alternatif pembiayaan, antara lain, melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) dan alternatif lainnya.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Selasa (16/1/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya