SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (13/6/2024).

Solopos.com, SOLO–Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (13/6/2024), mengangkat headline tentang aturan domisili minimal tiga tahun yang diterapkan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK 2024 mempersulit pendaftar mengakali sistem jalur zonasi. Aturan itu menggagalkan upaya orang tua yang ingin menempatkan anak mereka di sekolah “favorit”.

Seperti diberitakan Solopos hari ini, di Kota Solo, banyak orang tua calon peserta didik (CPD) yang kecele. Anak-anak mereka tidak bisa mendaftar di sekolah-sekolah di luar zona asli mereka lantaran terbentur aturan domisili sesuai kartu keluarga (KK) minimal tiga tahun pada PPDB SMA/SMK 2024.

Promosi Fokus Bisnis Berkelanjutan, BRI Masuk CNBC Indonesia Green Business Ratings

Aturan ini diberlakukan untuk mengantisipasi orang tua/wali murid yang menitipkan anak ke KK orang lain agar bisa masuk ke sekolah tertentu lewat jalur zonasi. Ketua PPDB SMAN 1 Solo, Setya Anung Haryanto, mengatakan aturan zonasi tahun ini mengha­rus­kan calon peserta didik—yang berstatus bukan anak—ber­do­misi­li sesuai KK minimal tiga tahun terhitung sebelum tanggal pendaftaran.

“Dalam ketentuan zonasi ter­baru itu, KK bukan anak atau famili lain itu minimal tiga tahun. Jadi, [kalau belum] tiga tahun tidak bisa ke mana-mana,” kata dia kepada Espos, Rabu (12/6/2024). Akibatnya, banyak orang tua CPD yang tidak bisa mendaftar lantaran ketentuan tersebut. Dia mengatakan rata-rata yang pen­daftar di SMAN 1 Solo masuk KK yang berbeda dari keluarga inti kurang dari dua tahun.

“Rata-rata [yang mendaftar di sini] itu kurang dari tiga tahun [berdomisili sesuai KK], kira-kira satu sampai dua tahun. Jadi harus tiga tahun, itu pun ha­rus menyertakan surat per­tang­gungjawaban mutlak dari lurah,” kata dia.

Kaesang Siap Dampingi Anies, PDIP Enggan

JAKARTA—Putra bungsu Pre­si­den Joko Widodo (Jokowi) me­nyatakan siap maju ke Pil­ka­da Jakarta 2024 dan siap di­pa­sangkan dengan mantan Gu­bernur DKI Jakarta 2017-2022 Anies Baswedan. PDIP—yang juga melirik Anies—enggan me­ngulangi apa yang mereka sebut cacat demokrasi.

Kaesang yang kini menjabat Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengaku siap dipasangkan dengan Anies. Kaesang mengakui Anies adalah calon gubernur (cagub) Jakarta yang memiliki elektabilitas terbaik menjelang Pilkada 2024. Karena itu, Kaesang tidak akan menolak apabila dipasangkan dengan Anies.

”Saya kira itu juga baik dan ki­ta lihat juga kan Pak Anies ju­­ga surveinya sekarang yang pa­ling tinggi. Jadi, ya saya enggak ma­salah juga kalau nanti pun akan dipasangkan oleh Pak Anies,” ujar Kaesang kepada awak media, Rabu (12/6/2024).

Sinyal Harga Rokok Naik Lagi

JAKARTA—Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu Askolani memberi sinyal harga rokok naik lagi mulai tahun depan. Rencana itu disebabkan tarif cukai rokok multiyears yang telah ditentukan akan berakhir pada akhir 2024.

Harga rokok bakal terkerek setelah pemerintah mendapatkan restu dari DPR untuk menaikkan tarif cukai hasil tembakau (CHT) atau cukai rokok pada 2025. Seperti yang terjadi pada tahun sebelumnya, perubahan tarif CHT atau cukai rokok akan berdampak terhadap kenaikan harga rokok di level eceran atau harga yang dibayar konsumen.

Askolani menyampaikan alasan pemerintah melakukan penyesuaian tarif CHT lantaran tarif cukai rokok multiyears yang telah ditentukan akan berakhir pada akhir 2024. “Kami sudah dapat approval [dari DPR] untuk menyesuaikan tarif cukai [rokok] 2025, intensifikasi,” ujarnya kepada wartawan di kompleks DPR, Senin (10/6/2024).

Perang Jersei Retro di Euro 2024

Jersei menjadi barang yang wajib dirilis di setiap perhelatan turnamen akbar antarnegara di Benua Eropa, Euro (Piala Eropa). Menjelang Euro 2024 yang akan digelar pada 14 Juni – 14 Juli 2024 di Jerman, sebanyak 24 negara peserta berbondong-bondong merias diri agar jersei tempur masing-masing siap menarik perhatian dunia di ajang untuk penentuan tim nasional sepak bola terkuat di Benua Eropa tersebut.

Persaingan terjadi antara perusahaan kenamaan di dunia yang memproduksi jersei di antaranya Adidas, Nike, Puma, Macron, Hummel, maupun Joma untuk merepresentasikan jersei yang ikonik selama gelaran Euro 2024. Jenama alias merek Nike menjadi yang paling banyak meluncurkan tampilan seragam perang di kontestan Euro 2024. Nike meluncurkan jersei milik Timnas Kroasia, Inggris, Prancis, Belanda, Norwegia, Polandia, Portugal, dan Turki.

Di posisi kedua, jenama kenamaan yang berasal dari Jerman, Adidas, yang meluncurkan jersei dari timnas seperti Jerman, Spanyol, Belgia, Italia, Skotlandia, Hungaria, dan Wales. Kemudian di urutan ketiga Puma yang meluncurkan jersei Timnas Austria, Islandia, Serbia, dan Swiss. Jersei utama dari 24 kontestan masih didominasi dengan warna merah sebagai representasi bendera negara.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (11/6/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya