SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Kamis (9/11/2023).

Solopos.com, JAKARTA—Harian Umum Solopos edisi hari ini, Kamis (9/11/2023), mengusung headline tentang adanya sejumlah pihak mendesak agar Anwar Usman mundur dari jabatannya sebagai hakim Mahkamah Konstitusi (MK) setelah terbukti melakukan pelanggaran berat kode etik dan kode perilaku hakim.

Hal itu terkait proses persidangan dan penerbitan putusan mengenai batas usia minimal pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Diberitakan Solopos hari ini, sesakan antara lain dilayangkan Ketua Badan Pengurus Setara Institute Ismail Hasani.

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Dosen hukum tata negara UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini menilai secara moral dan politik, Anwar Usman melalui putusan MK soal batas usia minimal capres-cawapres telah berkepentingan memupuk kekuasaan dan mencederai martabat MK.

”Secara moral dan politik, putusan itu kehilangan legitimasi. Untuk memulihkan muruah mahkamah kami mendesak Anwar Usman mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Hakim MK, sehingga tidak lagi membebani mahkamah,” tegasnya.

Selain itu, menurutnya, ruang untuk memulihkan kualitas demokrasi sesuai UUD 1945 masih bisa dilakukan oleh MK karena masih terdapat perkara uji material syarat usia capres-cawapres. ”Atas nama konstitusi, [MK] bisa mengoreksi Putusan 90, meski tidak akan mampu menahan laju Gibran [Rakabuming Raka] masuk gelanggang Pilpres. Karena syarat verifikasi calon presiden dan calon wakil presiden juga diagendakan akan diumumkan,” pungkasnya.

10 Unit Shuttle Bus Bakal Layani Penonton

SOLO—Dinas Perhubungan (Dishub) Solo menyiapkan 10 unit shuttle bus untuk mengangkut penonton dari area parkir kendaraan bermotor ke Stadion Manahan Solo dan sebaliknya. Layanan transportasi itu digeber selama penyelenggaraan Piala Dunia U-17 pada 10 Oktober-2 Desember.

Kepala UPT Transportasi Dishub Solo, Agus Purnomo menjelaskan layanan shuttle bus itu bisa diakses di empat lokasi parkir yang disiapkan, yakni Pura Mangkunegaran, Ter­minal Tirtonadi, Ben­teng Vastenburg, dan Lapangan Sumber, Ban­jarsari. ”Masyarakat yang hendak menonton pertandingan piala dunia bisa memarkirkan kendaraan di empat lokasi itu. Kemudian, naik shuttle bus ke Stadion Manahan Solo,” kata dia saat berbincang dengan Espos, Rabu (8/11/2023).

Untuk menikmati layanan itu, tarifnya hanya Rp6.000 per penumpang. ”Jika memarkirkan kendaraan di sekitar stadion pasti macet. Lebih baik sedikit jauh namun ada layanan bus dari lokasi parkir ke stadion,” ujar dia.

Panen Raya 2024 Mundur

JAKARTA—Kementerian Pertanian memperkirakan panen raya padi tahun depan akan mundur seiring imbas El Nino yang berlangsung pada tahun ini. Di saat yang sama menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) produksi panen pada 2023 merosot dibandingkan tahun sebelumnya.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan panen raya padi 2024 tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Penanaman yang sedikit tertunda akibat fenomena kekeringan dari El Nino di 2023 menyebabkan panen raya 2024 akan mundur dari biasanya.

“Kalau mundur selama 1 bulan-2 bulan [penanaman], kan jatuhnya [panen raya] April-Mei [2024], dulu kan Maret-April,” ujar Amran di Kementerian Pertanian, Selasa (7/11/2023). Kendati begitu, Amran mengatakan pihaknya mulai mengebut penanaman mulai saat ini, terutama di daerah yang telah turun hujan dan tersedia air.

Sinterklas “Terbang” akan Ramaikan Balai Kota

SOLO–Panitia Natal 2023 menyiapkan instalasi lampu serta ornamen Natal yang berbeda dibandingkan tahun lalu. Semuanya itu mulai dinyalakan pada 1 Desember 2023. Salah satu yang unik adalah pemasangan kereta Sinterklas atau Santa Claus yang bisa “terbang”.

Ketua pelaksana Natal 2023 Sumartono Hadinoto menjelaskan instalasi lampu serta ornamen Natal berbeda dibandingkan tahun lalu supaya warga tidak bosan berfoto. Panitia menyiapkan tambahan instalasi di Jl. Jend. Sudirman sampai Jl. Jend. Urip Sumoharjo.

“Lampion pohon Natal ada 13 buah. Yang 11 di antaranya ada di Jl. Jend. Sudirman dan dua di Benteng Vastenburg. Kereta Santa Claus dengan rusanya terbang di kanan-kiri Plaza Balai Kota Solo, sementara yang satunya dipasang di Benteng Vastenburg,” kata dia saat ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Rabu (8/11/2023).

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Kamis (9/11/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya