SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Rabu (8/11/2023).

Solopos.com, JAKARTA—Ulasan tentang Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) memberikan sanksi berat kepada Ketua MK Anwar Usman berupa pemberhentian dari jabatannya karena dianggap melakukan pelanggaran berat soal etika diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (8/11/2023).

Akan tetapi, seperti diberitakan Solopos hari ini, sanksi terhadap Anwar Usman ini tidak menggugurkan putusan MK soal batas usia capres-cawapres yang membuat Gibran Rakabuming Raka bisa diusung sebagai cawapres bagi capres Prabowo Subianto.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Dalam putusannya pada Selasa (7/11/2023), MKMK menyatakan Hakim Terlapor (Anwar Usman) terbukti melakukan pelanggaran berat terhadap Kode Etik dan Perilaku Hakim Konstitusi sebagaimana tertuang dalam Sapta Karsa Hutama, Prinsip Ketakberpihakan, Prinsip Integritas, Prinsip Kecakapan dan Kesetaraan, Prinsip Independensi, dan Prinsip Kepantasan dan Kesopanan.

Ketua MKMK, Jimly Asshiddiqie dan dua anggotanya yaitu Wahiduddin Adams dan Bintan R. Saragih, dalam putusannya juga memutuskan Anwar Usman tidak berhak untuk mencalonkan diri atau dicalonkan sebagai pimpinan Mahkamah Konstitusi sampai masa jabatannya sebagai hakim konstitusi berakhir.

Sebelumnya, enam hakim di Mahkamah Konstitusi (MK) mendapat sanksi teguran lisan karena dinyatakan terbukti tidak menjaga informasi sehingga hasil rapat permusyawaratan hakim soal batas usia capres-cawapres bocor ke publik. Keenam hakim konstitusi itu yakni Manahan Sitompul, Enny Nurbaningsih, Suhartoyo, Wahiduddin Adams, Daniel Yusmic Pancastaki Foekh, dan M. Guntur Hamzah.

UMK 2024, Buruh Berharap Naik Banyak

JAKARTA—Upah minimum provinsi atau UMP 2024 akan ditetapkan dan diumumkan paling lambat pada 21 November 2024. Terkait hal ini, kalangan buruh berharap ada kenaikan yang signifikan.

Sekretaris Jenderal Kemenaker Anwar Sanusi mengatakan, penetapan dan pengumuman UMP sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No.36/2021 tentang Pengupahan. ”Sesuai PP No.36/2021, UMP ditetapkan dan diumumkan paling lambat setiap tanggal 21 November, ” kata Anwar kepada Bisnis Indonesia, beberapa waktu lalu.

Setelah itu, upah minimum kabupaten/kota (UMK) paling lambat ditetapkan dan diumumkan pada 30 November. Kemenaker telah memberi sinyal bahwa UMP akan naik tahun depan. Kendati begitu, Anwar belum bisa membeberkan berapa persen kenaikan UMP 2024. Kalangan buruh sebelumnya menuntut kenaikan upah di kisaran 10%-15% pada 2024.

Pesimistis Target Wisatawan Nusantara

JAKARTA—Sejumlah pelaku usaha pesimistis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mampu mencapai target 1,2 miliar – 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) pada 2023.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), perjalanan wisnus hingga September 2023 baru mencapai 626,09 juta perjalanan. Angka ini melampaui level 2019 atau prapandemi. “Lebih tinggi 18,67% dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi Covid-19 pada periode Januari hingga September 2019,” kata Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini dalam rilis BPS, Rabu (1/11/2023).

Pada periode yang sama di 2019, jumlah perjalanan wisnus tercatat mencapai 527,59 juta. Kemudian, jumlah perjalanan wisnus turun drastis akibat pandemi Covid-19 pada 2020 di mana kala itu hanya 370,28 juta perjalanan. Pemulihan jumlah wisnus mulai terlihat di tahun berikutnya. Pada 2021, jumlah kunjungan meningkat 12,35% menjadi 416 juta perjalanan dan kembali meningkat di 2022.

Menunggu Kosambi Versi Wonogiri

WONOGIRI—Meski belum ditentukan kapan penataan lantai III Pasar Wonogiri dimulai, sejumlah lapak pedagang makanan di lokasi tersebut sudah dipindahkan ke sisi selatan. Sisi utara lantai III Pasar Wonogiri bakal diubah menjadi food court dan lapak produk usaha mikro, kecil (UMK) nonmakan.

Salah satu pedagang makanan di lantai III Pasar Wonogiri, Jimin, mengatakan pemindahan lapak pedagang makanan dari sisi utara ke sisi selatan sudah dilakukan sebulan lalu. Informasi yang dia dapatkan, pemindahan itu lantaran lantai III sisi utara akan ditata ulang menjadi pasar kuliner dan pasar ikan hias. Bahkan ada kabar yang mengatakan lokasi itu juga akan menjadi pasar burung.

Hanya, realisasi penataan pasar lantai III itu belum jelas kapan dimulai. Para pedagang makanan yang sudah eksis lama di lokasi tersebut belum mendapatkan informasi soal itu. Kali terakhir pertemuan antara para pedagang dan Pemkab Wonogiri, hanya disampaikan rencana penataan itu.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (8/11/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya