SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Jumat (30/12/2022).

Solopos.com, JAKARTA — Di tengah rencana pemerintah mencabut status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), varian baru virus SARS CoV-2 yaitu Omicron BF.7 justru teridentifikasi sudah berjangkit di Indonesia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan setidaknya terdapat 15 kasus Covid-19 yang disebabkan oleh subvarian baru tersebut. Budi pada Kamis (29/12/2022) menyebut subvarian BE.7 ini belum berpengaruh besar pada penambahan kasus harian Covid-19. Menurutnya, kenaikan subvarian BF.7 di Indonesia sangatlah kecil.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Di sisi lain, Budi memastikan bahwa Indonesia kini telah berhasil melewati puncak gelombang dua varian Covid-19 terdahulu, yakin subvarian Omicron XBB, BQ.1, dan BA.5. “Yang bikin naik [kasus] itu BQ.1 sama XBB dan kita sudah lewat, sudah kena. Yang BA.5 di kita juga sudah lewat siklusnya, tinggal yang BF.7,” kata dia seperti dikutip Bisnis Indonesia.

Sementara Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Ngabila Salama, menyebut ada dua kasus Covid-19 varian Omicron BF.7 yang ditemukan di Jakarta. “Kasus didiagnosis pada 24 Oktober 2022 dan 1 November 2022. Keduanya tinggal di Jakarta, laki-laki, dan berusia 30-40 tahun,” kata dia.

Ngabila menyebutkan kedua pasien memiliki gejala ringan dan menjalankan isolasi mandiri di rumah kala itu. “Keduanya sudah dinyatakan sembuh, tapa ada komorbid dan tidak ada riwayat perjalanan luar negeri,” papar Ngabila.

Baca Juga: 15 Kasus Omicron BF7 Ditemukan, Menkes Imbau Tetap Tenang

Ngabila menjelaskan untuk menentukan jenis varian pada pasien Covid-19 harus meng-gunakan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) yang dilakukan di Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Badan Pengawan Obat dan Makanan (BPOM), dan Indonesian Medical Education and Research Institute Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IMERI FKUI).

“Perlu ditingkatkan pemeriksaan genome sequencing utamanya yang dirawat di R$ dan meninggal untuk melihat pola dominansi varian dan kapan kemungkinan prediksi puncak kasus dan akan berakhir puncak kasus. Tapi semoga tidak ada lonjakan kasus kali ini,” papar Ngabila. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (30/12/2022).

Banyak Panggung Hiburan di Car Free Night

SOLO — Acara Solo Car Free Night (CFN) yang akan digelar pada Sabtu (31/12/2022) mulai pukul 21.00 WIB di beberapa lokasi, akan menampilkan banyak suguhan menarik.

Mengambil tema Solo is Solo, akan ada 11 panggung hiburan dan tiga street performance di lima kecamatan yang menyajikan hiburan saat malam pergantian tahun. Lokasi-lokasi tempat hiburan itu tersebar mulai dari Patung Slamet Riyadi Gladak, Plaza Balaikota, Plaza Bank Indonesia, perempatan Ngarsopuro, hingga rel bengkong Purwosari.

Baca Juga: CFN Malam Tahun Baru di Solo: Ada 14 Lokasi Hiburan dan 2 Atraksi Kembang Api

Atraksi yang disuguhkan juga beraneka ragam, mulai dari Keroncong Sawunggaling hingga Street Performance Gajah Krumpyung. Selain itu ada dua atraksi kembang api di dua lokasi berbeda yaitu di Balaikota dan koridor Ngarsopuro.

Dalam rilis yang diterima Espos pada Kamis (29/12/2022) dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, 14 atraksi tersebut adalah street performance di rel bengkong Purwosari oleh Gajah Krumpyung, panggung hiburan band di depan Restoran Diamond, street performance di depan Mapolresta Solo oleh Lembu Sora, dan Keroncong Sawunggaling di depan Loji Gandrung. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (30/12/2022).

Konflik Keraton Diselesaikan Lewat Mediasi

SOLO — Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Ahmad Luthfi, mendorong penyelesaian konflik di Keraton Solo dengan pendekatan restorative justice (RJ). Pernyataan itu dia sampaikan dalam konferensi pers akhir tahun 2022 Polda Jateng di Mapolda Jateng, Kamis (29/12/2022).

“Bukan zamannya saling lapor, yang justru membuat Keraton tidak bagus. Keraton ini cagar budaya,” ujar dia sebagaimana dikutip dari siaran Youtube Kompas TV. Dikarenakan merupakan bangunan dan kawasan cagar budaya, menurut Luthfi, Keraton Solo kaya akan nilai-nilai luhur di dalamnya.

Baca Juga: Kapolda Jateng Klarifikasi Insiden Dugaan Penodongan Pistol di Keraton Solo

Nilai-nilai luhur itu pun sampai sekarang mash diugemi atau diikuti sebagian masyarakat dalam sikap dan perilaku. Kapolda Jateng sangat mema-hami konflik di Keraton Solo karena pernah bertugas sebagai Wakapolresta Solo.

Menurut dia, polisi tidak bisa mencampuri urusan atau konflik yang terjadi di internal Keraton Kasunanan Solo. Selama ini, polisi melakukan pengamanan, mediasi, maupun mem fasilitasi pihak-pihak berkonflik. “Kapolresta [Solo] sudah saya arahkan kemarin, semua sudah saya kumpulkan, sebisanya dilakukan RJ,” ujar dia. Selengkapnya di halaman Soloraya Harian Solopos edisi Jumat (30/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya