SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (20/10/2023).

Solopos.com, JAKARTA—Ulasan tentang dua pasangan calon presiden dan wakil presiden kembali menegaskan visi program mereka saat mendaftarkan diri di hari pertama masa pendaftaran capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Kamis (19/10/2023), diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Jumat (20/10/2023).

Diberitakan Solopos hari ini, calon presiden Anies Baswedan misalnya, berharap gagasan perubahan yang digaungkan koalisinya dapat dinikmati semua lapisan masyarakat, terutama rakyat kecil. ”Kami membawa gagasan perubahan, perubahan untuk dirasakan keluarga-keluarga di Indonesia,” ujar Anies.

Promosi BRI Meraih Dua Awards Mobile Banking dan Chatbot Terbaik dalam BSEM MRI 2024

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin agar harga kebutuhan bahan pokok dapat terjangkau. Lalu, kehidupan para buruh, seperti petani, peternak, dan nelayan turut sejahtera. Ia ingin adanya kesetaraan kesempatan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik. ”Kami ingin adanya kesetaraan kesempatan, kesempatan untuk bekerja, kesempatan untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik melalui pendidikan, dan kesempatan perlindungan kesehatan yang lebih baik,” katanya.

Untuk itu, Anies menekankan gagasan dasar yang ingin dibawa pasangan Anies dan Muhaimin adalah perubahan untuk menghadirkan kesetaraan dan keadilan. Selain itu Anies menegaskan bahwa pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar siap memberikan contoh konsistensi kepada masyarakat Indonesia. ”Hari ini kita menyaksikan, bangsa ini sedang memberikan contoh apa itu konsistensi. Apa itu keteguhan serta apa itu lisan dan perbuatan,” katanya.

Menurut Anies, perubahan yang diharapkan rakyat Indonesia adalah perubahan tentang kepercayaan atau mengembalikan kepercayaan publik kepada proses politik dan mengembalikan kepercayaan kepada para pemimpin-pemimpinnya.

Cawapres Prabowo dan Misteri Huruf ”E”

JAKARTA—Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali meramaikan suasana politik dengan cuitannya di akun X (sebelumnya bernama Twitter) @gibran_tweet. Dia mengunggah huruf “E” pada pukul 16.55 WIB pada Kamis (19/10/2023). Warganet pun mengaitkan cuitan Gibran sebagai kode terkait sosok yang akan menemani calon presiden (capres) Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden dalam menghadapi pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Alhasil, dua nama pun mencuat terkait huruf “E” itu yaitu nama Menteri BUMN Erick Thohir dan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil Dardak. Emil Dardak, menjadi salah satu nama yang muncul di antara daftar sosok potensial Cawapres Prabowo Subianto. Ada dua anggapan yang bisa menjadi penafsiran terkait Emil.

Pertama karena Emil Dardak turut berkontribusi memberikan usulan agar batas usia capres dan cawapres diturunkan melalui gugatan di Mahkamah Konstitusi. Emil Dardak juga bakal mendapatkan efek positif dari keputusan MK yang menerima usulan bahwa batas usia minimal capres-cawapres adalah 40 tahun atau berpengalaman sebagai kepala daerah. Emil sendiri menjadi salah penggugat batas usia capres cawapres.

Meminimalisasi Limbah Makanan

JAKARTA— Kementerian Pertanian (Kementan) serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sepakat mengembangkan teknologi pascapanen untuk mengurangi kerugian akibat food loss dan waste (susut pangan dan limbah pangan). Taksiran kerugian ekonomi akibat keduanya mencapai Rp213 triliun – Rp551 triliun per tahun atau setara dengan 4% -5% PDB Indonesia per tahun.

Kerja sama pengembangan teknologi itu terjadi antara Plt Mentan Arief Prasetyo Adi dan Kepala BRIN Laksana Tri Handoko. “Jadi nanti teknologi pascapanen meliputi panen sampai terhidang ke meja. Indonesia menjadi salah satu yang terbesar, sekitar 14% hilang setelah panen [food loss] dan 17% hilang di meja makan [food waste]. Jadi total 31% itu hilang. Nilainya sekitar Rp550 triliun,” kata Arief di Jakarta, Rabu (18/10/2023).

Melalui penandatanganan kesepakatan bersama tersebut, kedua pihak sepakat meningkatkan efisiensi hasil pertanian di Indonesia dengan menciptakan inovasi di bidang pangan mulai dari hulu ke hilir. “Tak hanya inovasi pertanian di hulu, tapi hilirnya juga. Beliau [kepala BRIN] utang pada saya untuk teknologi iradiasi. Saya ingin menggunakan teknologi iradiasi untuk memperpanjang shelf life,” ucap Arief.

Dunia Belum Berdaya Hadapi Israel

JAKARTA—Saat korban warga Palestina terus berjatuhan dalam tragedi kemanusiaan di Jalur Gaza, Dewan Keamanan PBB kembali gagal mengupayakan bantuan pada Rabu (18/10/2023). Amerika Serikat (AS) dan Israel terus berkelit dan menuding Hamas sebagai penyebabnya.

“Laju kematian, penderitaan, penghancuran, pelanggaran hukum internasional sangatlah luar biasa,” kata Kepala Bantuan Kemanusiaan PBB Martin Griffiths dari Mesir melalui pesannya kepada peserta pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB.

Griffiths berusaha merundingkan pembukaan akses untuk bantuan ke Gaza. Dia mengatakan gencatan senjata kemanusiaan akan sangat membantu mengurangi penderitaan luar biasa yang dialami warga Palestina di Gaza.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (20/10/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya