SOLOPOS.COM - Halaman Depan Harian Umum Solopos edisi Rabu, 31 Desember 2014

Solopos hari ini memberitakan ditemukannya pesawat Airasia QZ 8501 yang sempat hilang kontak Minggu (28/12/2014).

Solopos.com, SOLO – Penemuan pesawat Airasia QZ 8501 jadi berita utama Harian Umum Solopos hari ini, Rabu (31/12/2014).

Promosi BRI Taipei Berikan Layanan Penyetoran PNBP Langsung ke Kas Negara

Diberitakan Solopos, tiga hari setelah dinyatakan hilang kontak pada Minggu (28/12/2014), pesawat Airasia akhirnya ditemukan tim pencari, Selasa (30/12/2014). Selain menemukan serpihan-serpihan pesawat, tim pencari juga melihat sejumlah jasad mengapung.

Kabar lain, dari revitalisasi Pasar Klewer setelah terbakar, Pemkot Solo menargetkan pembangunan pasar darurat untuk 12.170 pedagang Pasar Klewer dimulai Februari 2015.

Simak rangkuman berita utama Harian Umum Solopos edisi Rabu, 31 Desember 2014;

AIRASIA DITEMUKAN: Keluarga Langsung Histeris

Tiga hari setelah dinyatakan hilang kontak pada Minggu (28/12), pesawat Airasia akhirnya ditemukan tim pencari, Selasa (30/12). Tangis duka keluarga korban pun pecah di ruang Crisis Center Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur.

Sejumlah anggota keluarga bahkan jatuh pingsan, dan langsung diberi bantuan medis. Terlihat sejumlah sukarelawan berusaha menenangkan keluarga korban, pun dengan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, yang tak beranjak dari ruang Crisis Center sejak hari pertama hilangnya Airasia.

Harapan mereka mengenai penumpang masih hidup, pupus sudah. ”Tidak, tidak!” teriak mereka sambil berpelukan dengan kerabatnya. Para keluarga korban histeris dan menangis, ada juga yang pingsan dan ditandu oleh petugas PMI.

(Baca Juga: Terguncang, 6 Keluarga Penumpang Pingsan, Jokowi akan Temui Keluarga Korban, Temukan Serpihan dan Sosok Mayat, Ini Langkah yang Ditempuh Basarnas)

ANALISIS PAKAR: Pesawat Menukik ke Laut

Badan SAR Nasional (Basarnas) dan TNI AU menemukan bayangan besar di dalam Laut Jawa di dekat Selat Karimata, yang diduga bangkai pesawat Airasia QZ 8501.

Diduga pesawat Airbus A320-200 tersebut menukik dengan tajam ke laut, sehingga upaya pendaratan darurat pun gagal.

”Sudah tampak dari udara bayangan besar dari badan pesawat di laut yang memiliki kedalaman 20 meter-30 meter. Bila ini adalah upaya dari pendaratan darurat di air [ditching] walaupun tidak berhasil, tapi membuka kemungkinan ada yang selamat,” kata pilot senior Garuda Indonesia yang kini menjadi salah satu pilot air race, Jeffrey Adrian, melalui Twitter, Selasa (30/12).

(Baca Juga: Inilah Kronologi Penemukan Serpihan dan Korban QZ-8501, Airasia Hilang Diharapkan Tak Ganggu Ekonomi Indonesia, Sinyal Ponsel Penumpang Terdeteksi di Barat Kalimantan)

PENCARIAN AIRASIA: Tiga Jasad Terlihat Bergandengan…

Pencarian pesawat Airasia QZ8501 membuahkan hasil. Selain menemukan serpihan-serpihan pesawat, tim pencari juga melihat sejumlah jasad mengapung.

Pesawat Hercules A-1319 mendarat di Lanud Iskandar Pangkalan Bun, Selasa (30/12) siang. Awak pesawat tersebut datang melaporkan foto temuan serpihan-serpihan pesawat Airasia QZ 8501 dan sesosok jasad terapung-apung di perairan radius 227 dan berjarak sekitar 175 km dari Pangkalan Bun.

Selesai berkoordinasi, Hercules tersebut kembali menyusur wilayah selatan Perairan Pangkalan Bun. Pada pukul 15.30, awak Hercules tersebut kembali melihat sejumlah sosok manusia terbawa arus.

(Baca Juga: Tony Fernandes: Ada yang Salah dengan Kecelakaan QZ-8501, Polisi Mulai Kumpulkan Data Ante Mortem Korban, Presiden Jokowi Nyatakan Belasungkawa, Basarnas: Serpihan 100% Terbukti Bagian dari Airasia)

PEMULIHAN PASAR KLEWER: Pasar Darurat Baru Dibangun Februari 2015

Pemkot Solo menargetkan pembangunan pasar darurat untuk 12.170 pedagang Pasar Klewer dimulai Februari 2015. Kini, Pemkot menyiapkan detail engineering design (DED) yang membutuhkan anggaran Rp865 juta atau 3% dari total kebutuhan anggaran pembangunan pasar darurat senilai Rp28,84 miliar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Solo, Agus Djoko Witiarso, memaparkan hal ini di Gedung DPRD Solo, Selasa (30/12).

(Baca Juga: Ini Dia 11 Pasar Tradisional untuk Pedagang Korban Kebakaran Pasar Klewer Solo, Pemkot Solo Sediakan 11 Pasar Tradisional untuk Pedagang Korban Kebakaran Pasar Klewer Solo, Penentuan Nasib Pedagang Klewer Timur Deadlock)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya