SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Sabtu (16/3/2024).

Solopos.com, SOLO–Pemaparan tentang sejumlah nama kandidat yang mencuat untuk dicalonkan sebagai Wali Kota Solo mendatang memiliki kelemahan yang bisa membebani mereka diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi hari ini, Sabtu (16/3/2024).

Diberitakan Solopos hari ini, psikolog politik Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Moh. Ab­dul Hakim, menilai ada dua figur cukup me­nonjol untuk terjun dalam kontestasi Cawali-Cawawali Solo 2024. Mereka yaitu Kaesang Pa­ngarep dan K.G.P.A.A. Mangkunegoro X (MN X).

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

“Dari sisi figur, kemarin ada survei dari dosen Unisri [Universitas Slamet Riyadi], ada 12 nama. Tapi saya amati hanya dua yang cukup populer, Gusti Bhre [Mangkunegoro X] dan Kaesang,” ujar dia, Jumat (15/3/2024).

Hakim menjelaskan ada tiga ukuran dalam menilai seseorang, yaitu popularitas, kesukaan, dan elektabilitas. Kaesang dan Mangkunegoro X sama-sama memenuhi ketiga kriteria itu. Tapi Mangkunegoro X dinilai masih memiliki satu kekurangan penting.

“Saya melihat Gusti Bhre mempunyai keterbatasan di faktor elektabilitas. Elektabilitas ini membutuhkan kedekatan de­ngan masyarakat. Dan saya lihat Gusti Bhre masih menunjukkan kecanggungan dengan masyarakat,” ungkap dia. Sementara Kaesang dinilai belum bergerak ke arah Pilkada Solo 2024. Tapi diakui Hakim dia mempunyai modal popularitas untuk maju sebagai Cawali Solo.

”Dasar Hukum Pemilu Bukan Peraturan Internal Partai”

SOLO—Adanya mekanisme internal partai yang membuat calon anggota legislatif belum pasti lolos ke parlemen meski meraih suara terbanyak dinilai pengamat hukum sebagai wujud pelanggaran hukum.

Penilaian itu disampaikan dosen hukum tata negara Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Agus Riewanto, Kamis (14/3/2024). “Calon terpilih itu kan tidak taat kepada internal parpol, tapi UU di atasnya. Jadi parpol tidak boleh mencampuri di aspek-aspek keterpilihan seorang calon berdasarkan UU,” ungkap dia.
Agus mengakui parpol lazim mengatur inter­nalnya merujuk kepada kebijakan maupun AD/ART.

“Lazimnya memang parpol itu mengatur internal parpol, tapi berhenti di internal partai, tidak sampai kepada aspek pengaturan di luar parpol. Bila itu dilakukan, berarti parpol melanggar UU,” sambung dia.

Berburu Spot Ngabuburit Asyik

Ramadan tiba. Pola hidup umat Islam berubah. Tak ada aktivitas makan dan minum Subuh-Maghrib. Hal itu juga membuat perubahan pola terhadap para penjualan makanan dan minuman. Namun, Ramadan juga membuka peluang baru bagi pedagang musiman dengan produk seperti takjil. Banyak juga pengusaha kuliner menjual tempat serta paket buka bersama (bukber).

Di Kota Solo dan Soloraya, Ramadan selalu membawa cerita baru. Sebut saja tentang mobilitas orang-orang menunggu azan Maghrib alias mengabuburit. Di Solo saja, banyak pilihan mengabuburit. Mengabuburit bisa dilakukan sambil “cuci mata”, berolahraga, sekadar keluar cari angin yang lokasi menghabiskan waktu tersebut dengan sentra-sentra penjualan takjil.

Seperti yang terlihat saat Espos menyambangi kompleks Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/3/2024). Tak hanya pedagang di selter kuliner, suasana jelang azan Maghrib di sana juga diwarnai aktivitas para pedagang kaki lima di sisi timur stadion. Tepat di parkiran Gedung Wanita Manahan, payung warna-warni menghiasi lapak-lapak pedagang takjil.

Borneo FC Perdana Dapat Tempat

SOLO — Borneo FC menjadi tim pertama yang mengunci satu tempat di championship series Liga 1 2023. Perolehan Pesut Etam yang kini mengemas 69 poin setelah menang lawan PSS Sleman, tidak mungkin terkejar oleh PSIS Semarang, Madura United atau Persik Kediri yang berebut posisi ke-4.

Borneo FC bahkan hanya butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan diri menjadi pemuncak klasemen Liga 1 sebelum championship series dengan lima pertandingan tersisa. Pelatih Borneo FC Pieter Huistra saat ini lebih memilih untuk fokus menjaga kondisi para pemainnya.

“Kami akan bertarung di championship series, jadi kami harus memastikan para pemain siap dengan kondisi terbaik. Sekarang kami beristirahat dengan baik untuk championship series,” ucap Pieter Huistra, Jumat (15/3/2024), pascalaga melawan PSS Sleman di Stadion Manahan, Solo,

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Sabtu (16/3/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya