SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Sabtu (13/1/2024).

Solopos.com, SOLO–Ulasan tentang optimisme soal kinerja ekonomi pada 2024 masih mengemuka, khususnya di wilayah Asia, diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Sabtu (13/1/2024). Meski ada risiko terkait situasi geopolitik, namun pertumbuhan ekonomi di kawasan ini diyakini tetap semarak.

Diberitakan Solopos hari ini, optimisme itu diungkap dalam webinar proyeksi kondisi perekonomian dan politik Asia 2024, Asia Outlook 2024, yang digelar Economist Intelligence Unit (EIU), lembaga kajian dari media ekonomi internasional The Economist, yang diikuti Espos, Rabu (10/1/2024).

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Dalam webinar itu ada sejumlah tema penting di mana antara lain disebutkan bahwa Asia berpotensi kuat menyumbangkan 60% nilai produk domestik bruto (PDB) pada 2024, yang bahkan lebih tinggi dari rerata sebelum terjadinya pandemi Covid-19. Makin menguatnya sumbangan nilai kinerja perekonomian Asia ini sekaligus menunjukkan makin melemahnya kontribusi kinerja perekonomian dari kawasan Amerika Utara dan Eropa yang di masa lalu lebih mendominasi.

Pertumbuhan ekonomi di kedua kawasan ini juga diyakini melemah pada 2024. Sementara China diyakini ma­sih mengalami perlambatan ekonomi, akan tetapi kekuatannya masih tak bisa diremehkan. China diprediksi bakal menyumbang setidaknya dua digit persentase untuk tingkat pertumbuhan di Asia pada 2024.

Sementara India diprediksi memberi kontribusi sekitar 15%. Wilayah Asia Teng­gara yang dipimpin Indonesia akan memberikan sumbangan pertumbuhan meski tidak terlalu tinggi. Bangladesh, Indonesia, Vietnam, Malaysia , dan Filipina diproyeksikan tumbuh lebih cepat di skala menengah.

Kijing Misterius di Tepi Waduk Gajah Mungkur

Di Dusun Kedungareng, Desa Sendang, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, terdapat sebuah kijing atau batu penanda makam yang dinilai misterius. Penduduk setempat tak tahu persis siapa yang dimakamkan di situ atau siapa yang memasang kijing itu.

Meski begitu tempat itu sering disambangi orang yang bertirakat atau berdoa untuk kebutuhan atau hajat tertentu. Salah satu warga Dusun Kedungareng, Ny. Pur, mengatakan menurut cerita turun-temurun dari leluhur, tempat itu sebenarnya bukan makam, melainkan tempat di mana ada tetesan darah. Namun penduduk setempat juga tidak mengetahui darah siapa yang disebut ada di situ.

Pengamatan Espos, Jumat (12/1/2024), kijing itu dilindungi sebuah bangunan beratap dengan luas sekitar 2 x 3 meter. Di dalam bangunan itu ada bekas dupa yang sudah dibakar dan botol bekas minyak wangi. Dua botol berisi air tergeletak di bagian pojok belakang. Di depan makam, terdapat satu pohon jati besar yang menaungi bangunan tersebut. Pur menyampaikan meski tak mengetahui persis asal-usul kijing itu, penduduk setempat memercayai lokasi itu keramat.

Panggung Kustomisasi Kuda Besi

Aksi Bryan Fuller dalam serial Cafe Racer menjadi salah satu inspirasi dan membuat orang ingin menunggang sepeda motor berkonsep Cafe Racer. Film ini menggambarkan kehidupan masyarakat underground, istilah umum yang merujuk kepada berbagai macam genre musik di luar budaya arus utama.

Penonton serial bisa kepincut meniru gaya penunggang kuda besi berkonsep Cafe Racer. Jadi tampak keren, apalagi penunggang motor Cafe Racer memiliki selera musik antimainstream seperti dikisahkan dalam serial tersebut.

Terkadang, kisah film atau serial mampu memengaruhi gaya dan pandangan hidup penontonnya. Lagi pula, banyak tontonan yang memiliki ciri kendaraan atau sepeda motor tertentu. Sebut saja serial Renegade yang dibintangi Lorenzo Lamas yang tayang di salah satu TV swasta pada era 90’an.

Istana Sebut Ada yang Ambil Kesempatan

SOLO—Wacana pemakzulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyeruak menjelang pemungutan suara Pemilu 2024. Istana menuding ada kelompok yang hendak memanfaatkan narasi pemakzulan untuk kepentingan elektoral.

Wacana itu muncul dari sekelompok tokoh yang menamakan diri Petisi 100 saat menemui Menkopolhukam Mahfud Md. di Kantor Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa (9/1/2024). Beberapa tokoh itu antara lain Faizal Assegaf, Marwan Batubara, dan Letnan Jenderal TNI Marsekal (Purn) Suharto.

“Teman-teman dari Petisi 100 menyampaikan kepada Pak Mahfud solusi tepat untuk mengurangi, mencegah kecurangan, itu adalah memakzulkan Pak Jokowi dalam kapasitas sebagai presiden,” kata Faizal kepada wartawan seusai pertemuan dengan Mahfud.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Sabtu (13/1/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya