SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Rabu (3/1/2024).

Solopos.com, JAKARTA—Kabar tentang berakhirnya status pandemi Covid-19 tahun lalu yang benar-benar memacu aktivitas kepariwisataan diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Rabu (3/1/2023). Jumlah kunjungan wisatawan nusantara selama Januari hingga November 2023 menjadi yang tertinggi jika dibandingkan periode yang sama sejak lima tahun terakhir.

Diberitakan Solopos hari ini, Plt. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia Widyasanti, Selasa (2/1/2024), menuturkan jumlah kumulatif kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) periode Januari-November 2023 telah mencapai 749,11 juta perjalanan.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Angka tersebut meningkat 11,99% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya dan sudah lebih tinggi 14,4% dibandingkan kondisi sebelum pandemi Covid-19 pada periode yang sama.

Khusus untuk November 2023, BPS mencatat jumlah kunjungan wisnus sebanyak 60,33 juta perjalanan. Pergerakan tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan Oktober 2023 yang mencapai 62,70 juta perjalanan. Pulau Jawa menjadi daerah tujuan utama perjalanan wisnus di mana Jawa Timur menjadi tujuan terfavorit dengan proporsi perjalanan mencapai 24,98% dari total perjalanan wisnus.

Setelah itu Jawa Barat menjadi yang kedua terbanyak dituju yaitu 18,57%, Jawa Tengah sebanyak 14,22%, DKI Jakarta (7,49%), dan Banten (5,29%). Di Jawa Timur, daerah yang terbanyak dituju adalah Kota Surabaya dan Kabupaten Malang.

”Pemilu Bukan Hanya Pilih Presiden”

JAKARTA—Masyarakat sebaiknya tidak terpaku pada pemilu presiden dan wakil presiden alias pilpres. Pemilu Serentak 2024 juga akan memilih para anggota legislatif pusat dan daerah. Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif Pembina Pemilu untuk Demokrasi (Perludem) Khoirunnisa Nur Agustyati.

”Yang masih menjadi perhatian publik adalah soal pilpresnya, padahal Pemilu 2024 nanti bukan hanya soal pilpres,” kata Ninis, panggilan akrabnya, Senin (1/1/2024). Dia menyatakan masyarakat perlu menyadari bahwa anggota legislatif yang dipilih memiliki peran krusial dalam mengawasi kebijakan pemerintah, mengusulkan undang-undang, dan mengawal jalannya pemerintahan.

Oleh karena itu, lanjut Ninis, perhatian publik terhadap pemilu calon anggota legislatif seharusnya seimbang dengan perhatian terhadap pilpres. ”Publik perlu juga memberikan perhatian terhadap empat jenis pemilu lainnya,” ujarnya. Keempat pemilu lain itu adalah pemilihan anggota legislatif DPR, DPRD provinsi, DPRD kabupaten/kota, dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Tarif Pesawat Belum Berubah

JAKARTA—Belum ada perubahan harga tiket pesawat setelah pembahasan rapat koordinasi di tingkat eselon antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan instansi terkait sejak Oktober 2023 lalu. Hingga saat ini, tarif batas atas (TBA) masih mengacu Keputusan Menteri Perhubungan tahun 2019.

Diberitakan sebelumnya, pada pertengahan tahun lalu, sejumlah maskapai mengajukan usulan penyesuaian batas atas tiket pesawat kepada Kemenhub. Pemerhati penerbangan sekaligus Ketua Umum Asosiasi Pengguna Jasa Penerbangan Indonesia (Apjapi), Alvin Lie, menyebut kebijakan tarif batas atas tiket pesawat perlu dikaji ulang. Hal tersebut karena asumsi penghitungan yang menjadi dasar penetapan tiket batas atas pada 2019 lalu telah berubah secara signifikan hingga akhir 2023.

“Kepmenhub soal tiket batas atas yang paling baru ini sudah 4,5 tahun tidak dievaluasi. Padahal dalam ketentuannya disebutkan 3 bulan sekali harusnya dilakukan [evaluasi],” ujar Alvin, belum lama ini.

Restorasi Film Klasik Menambah Wawasan Generasi Muda

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi pada Desember 2023 lalu meluncurkan film hitam putih hasil restorasi berjudul Dr. Samsi. Ini film produksi tahun 1952. Film Dr.Samsi digarap sutradara Ratna Asmara.

Film ini bermateri seluloid 35 milimeter yang tersimpan dalam koleksi Sinematek Indonesia dengan kondisi yang nyaris punah dan tidak lengkap. Restorasi menyelamatkan film Indonesia klasik itu, diubah dari format seluloid ke format digital.

Direktur Perfilman Musik dan Media Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Ahmad Mahendra, sebagimana dikutip Espos dari siaran pers kementerian itu yang diakses pada Selasa (2/1/2024), mengatakan restorasi dan peluncuran kembali film Dr. Samsi diharapkan dapat menambah kekayaan arsip dan penyelamatan catatan kejayaan sinema nasional.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Rabu (3/1/2024), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya