SOLOPOS.COM - Koran Solopos edisi Jumat (15/12/2023).

Solopos.com, KLATEN—Prediksi tentang sekitar 14 juta pemudik akan masuk ke wilayah Jawa Tengah (Jateng) saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 atau Nataru diangkat menjadi headline Harian Umum Solopos edisi Jumat (15/12/2023) hari ini. Sementara, jumlah kendaraan yang masuk ke Jateng melalui gerbang tol Kalikangkung diperkirakan 35.000 kendaraan.

Diberitakan Solopos hari ini, hal itu disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng, Erry Derima Riyanto, saat ditemui di sela-sela kunjungan Penjabat (Pj) Gubernur Jateng, Nana Sudjana, di ruas tol Solo-Jogja wilayah Klaten, Kamis (14/12/2023). Erry menjelaskan jumlah itu berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Dia menjelaskan saat puncak libur Nataru nanti, diperkirakan ada 35.000-40.000 kendaraan yang masuk lewat tol Kalikangkung. Jumlah itu lebih sedikit dibandingkan saat Lebaran lalu. “Saat Lebaran itu puncaknya ada 72.000 kendaraan yang masuk tol Kalikangkung. Kalau ini di angka 35.000-40.000 kendaraan saat puncak di Kalikangkung. Patokan kami untuk jalan tol itu di Kalikangkung kemudian menyebar ke seluruh Jateng,” jelas Erry.

Dishub Jateng juga akan menyiapkan sejumlah posko seperti posko terpadu Pemprov Jateng di kantor gubernur. Selain itu, ada enam posko di seluruh Balai Pengelola Sarana Prasarana Perhubungan wilayah Jateng. Selain itu, ada 22 posko di terminal tipe B seluruh Jateng.

“Kemudian melengkapi rambu-rambu di semua ruas jalan provinsi terkait fasilitas perlengkapan jalan dari rambu, PJU, rambu penunjuk jurusan, warning light, sosialisasi imbauan ke masyarakat termasuk fungsional tol Solo-Jogja,” kata Erry.

Ingatan Kerusuhan Mei 1998 Perlu Dirawat

SOLO—Memorialisasi peristiwa kerusuhan Mei 1998 penting untuk merawat ingatan mengenai kejadian tersebut. ”Merawat ingatan menjadi sangat penting karena kerusuhan 1998 menjadi penanda jika Solo pernah mengalami peristiwa yang kelam dan situasi yang tidak bisa dibayangkan,” ujar akademisi Universitas Sebelas Maret (UNS), Akhmad Ramdhon.

Hal ini disampaikan Ramdhon dalam kegiatan Konsolidasi Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan 2023 oleh Komisi Nasional Antikekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) di Hotel Harris Solo, Kamis (7/12/2023) lalu. Ramdhon menyebut Komnas Perempuan juga menjadi bagian penting memorialisasi ini karena Komnas Perempuan merupakan putri sulung reformasi.

Korban perempuan dalam kerusuhan Mei 1998 belum banyak disorot, sehingga menurut Ramdhon memorialisasi ini juga penting untuk mengungkap sisi lain kerusuhan tersebut. Dia juga menyesali selama 25 tahun Orde Reformasi, isu perempuan dan gender tidak menjadi arus utama. Hal ini terlihat karena Undang-Undang tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (UU TPKS) baru ada setelah 20 tahun Orde Reformasi ada di Indonesia.

Di Antara Potensi dan Tantangan

JAKARTA—Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat industri perfilman memiliki potensi besar bagi pertumbuhan ekonomi. Namun demikian, industri ini masih menghadapi sejumlah tantangan seiring teknologi dan perubahan zaman, seperti kehadiran platform daring yang menjadi alternatif medium tayang selain bioskop serta perubahan perilaku penonton.

Badan Perfilman Indonesia (BPI) menemukan banyak permasalahan yang memerlukan dialog bersama antara sejumlah kementerian yang terkait di industri film, seperti Kemendikbudristek, Kemenparekraf, Kemenaker, Kemenkominfo, hingga Kemendagri.

Ketua Umum BPI, Gunawan Paggaru, mengatakan permasalahan regulasi perfilman dan hubungan industrial perfilman hanya dua di antara beragam permasalahan yang disoroti dan dipetakan BPI. Ini mencakup dorongan untuk mengganti undang-undang (UU) induk perfilman agar ada harmonisasi dengan peraturan lain di luar UU tersebut.

Nyanyian Firli dan Bukti Baru Polisi

JAKARTA—Polisi menemukan barang bukti dalam penggeledahan apartemen yang diduga milik Ketua nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri di Jakarta Selatan, pekan lalu. Kasus ini juga diwarnai nyanyian Firli tentang penanganan kasus rasuah lainnya di KPK.

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Ade Safri Simanjuntak mengatakan barang bukti tersebut ditemukan dalam kamar salah satu apartemen Dharmawangsa Essence. “Yang jelas ada yang disita penyidik dari penggeledahan di salah satu kamar di apartemen Dharmawangsa Essence tersebut dan barang bukti itu menjadi salah satu materi yang didalami di penyidikan,” kata Ade kepada wartawan, Kamis (14/12/2023).

Meski demikian, Ade enggan menjelaskan detail temuan bukti tersebut. Dia hanya menyebutkan bukti baru yang ditemukan itu bakal diungkap dalam persidangan. “Mohon maaf materi penyidikan, belum bisa kami ungkap sampai persidangan nantinya,” kata Ade.

Simak berita di Koran Solopos edisi hari ini, Jumat (15/12/2023), lewat gawai Anda dengan mengakses koran.solopos.com. Untuk memulai berlangganan silakan daftar ke Solopos ID dengan harga mulai Rp9.999. Berlangganan Solopos ID, Anda bisa mengakses berita Koran Solopos lewat gadget, membaca konten khas Solopos.com yaitu Espos Plus, serta menikmati semua berita di Solopos.com tanpa gangguan iklan.

Bila ada pertanyaan atau kendala mengenai Solopos ID, Anda bisa mengakses Pusat Bantuan atau menghubungi WhatsApp pusat layanan pelanggan SoloposID di 081548554656.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya