SOLOPOS.COM - PT Aksara Solopos menggelar uji kompetensi wartawan (UKW), Rabu-Kamis (14-15/12/2022). Acara bertempat di Hotel Bintang Baru Magetan, Jawa Timur diikuti 21 wartawan dari 89 jurnalis yang terdaftar di kabupaten tersebut. (Solopos Institute)

Solopos.com, MAGETAN — PT Aksara Solopos kembali melakukan uji kompetensi wartawan (UKW), Rabu-Kamis (14-15/12/2022). Kali ini UKW digelar di Hotel Bukit Bintang Magetan, Jawa Timur diikuti 21 wartawan dari 89 jurnalis yang terdaftar di kabupaten tersebut.

UKW Solopos digelar setelah mendapat izin dari Dewan Pers. PT Aksara Solopos menjadi satu dari 30 lembaga uji kompetensi wartawan yang terdaftar di Dewan Pers.

Promosi Tenang, Asisten Virtual BRI Sabrina Siap Temani Kamu Penuhi Kebutuhan Lebaran

Wartawan yang lolos administrasi untuk ikut UKW Solopos berjumlah 27 orang namun enam orang berhalangan hadir karena berbagai alasan.

Ketidakhadiran enam peserta itu otomatis menggugurkan ujian yang akan mereka jalani alias dinyatakan belum berkompeten. Kegiatan UKW di Magetan difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Magetan.

Baca Juga: Dewan Pers: Waspadai Penumpang Gelap Wartawan!

Wakil Bupati Magetan, Nanik Endang Rusmiartini, membuka acara UKW Solopos mewakili Bupati Suprawoto yang berhalangan hadir.

Di hadapan peserta, Nanik Endang menekankan pentingnya UKW untuk menguji sejauh mana profesionalitas wartawan yang bertugas di Magetan.

Nanik berharap UKW Solopos bisa menyaring sekaligus memberikan edukasi kepada wartawan tentang pentingnya standar kompetensi wartawan.

“Saya memberikan apresiasi tinggi atas terselanggaranya UKW oleh Solopos. Mudah-mudahan dengan UKW profesionalitas wartawan di Magetan meningkat sehingga tercipta produk jurnalistik yang bagus di masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga: Solopos Uji Kompetensi Wartawan di Aceh

Wabup Nanik menambahkan, profesi wartawan adalah hak asasi setiap warga negara. Namun profesi wartawan berhubungan dengan kepentingan publik sehingga standar moralitas harus dijaga dengan ketat.

“Saya pesankan kepada teman-teman semua agar mengikuti semua materi dan semoga seluruhnya kompeten. Bagi yang belum kompeten jangan patah semangat, terus belajar dan semoga bisa mengikuti UKW selanjutnya,” pesan Bupati.

Sebelumnya Kepala Dinas Kominfo Magetan, Cahaya Wijaya, menyatakan di Kabupaten Magetan tercatat ada 89 wartawan yang bertugas.

Baca Juga: Polisi Blora Jadi Wartawan Belasan Tahun, Aturan Dewan Pers Dilanggar

“Di Magetan ini ada sekitar 89 wartawan, yang lolos administrasi untuk UKW kali ini sebanyak 27 orang. Semoga semuanya dinyatakan kompeten,” katanya.

Penguji PT Aksara Solopos yang bertugas di UKW di Magetan adalah Rini Yustiningsih, Yonantha Chandra Premana, Bambang Aris Sasangka, Ichwan Prasetyo dan Abu Nadzib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya