SOLOPOS.COM - Panitia penyelenggana Solo Great Sale (SGS) 2017 menggelar closing ceremony SGS di Pasar gede Solo, Selasa (28/2/2017) malam. Acara tersebut dilanjutkan dengan pengundian hadiah dengan hadiah utama sebuah rumah dan mobil. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solo Great Sale 2018 menawarkan diskon aneka produk selama sebulan.

Solopos.com, SOLO — Pesta diskon Solo Great Sale (SGS) tahun ini akan memasuki kali keempat penyelenggaraan. Pihak yang digandeng panitia untuk menyukseskan event tersebut pun terus bertambah.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Tak hanya pengusaha lokal atau tenant mal yang berasal dari luar kota, badan usaha milik negara (BUMN) yang bergabung pun bertambah. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Surakarta untuk kali pertama terlibat dalam perhelatan tahunan tersebut.

BUMN di bidang energi ini menghadirkan sejumlah kemudahan selama SGS berlangsung pada Februari nanti, di antaranya adalah adanya program angsuran untuk pengajuan tambah daya maupun pemasangan baru.

Manager Area PLN Area Surakarta, Mundhakir, menyampaikan pelanggan yang mengajukan tambah daya atau pemasangan baru daya 900 VA-197 KVA bisa mengangsur hingga lima kali. Layanan 234 atau layanan cepat dengan sistem pasang baru online cepat dan pasti (Pasopati) juga akan dilakukan.

“Saat pembukaan SGS di car free day [CFD] Minggu [28/1/2018] juga akan diluncurkan becak listrik, gerobak listrik, dan lumbung setrum,” ungkap Mundhakir saat ditemui wartawan di Sekretariat Panitia SGS, Selasa (23/1/2018).

Becak listrik itu diberi nama Bimo (becak listrik untuk masyarakat Solo), gerobak Setiaki (setia melayani dengan aki listrik), dan Semar (senantiasa melayani kebutuhan rakyat) untuk lembung setrum. Semar merupakan sumber daya listrik yang bisa mobile yang bisa dimanfaatkan pelanggan sembari menunggu PLN membangun jaringan listrik.

Saat launching, masing-masing ada dua unit Bimo dan Setiaki yang dibawa yang merupakan prototype. Harapannya setelah launching, ada investor yang berminat untuk mengembangkan sehingga bisa diproduksi massal.

Setiaki merupakan gerobak untuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Tak hanya menyediakan sarana tapi juga prasarana penunjang Bimo dan Setiaki, yakni stasiun penyedia listrik umum (SPLU) di tempat umum sebagai penyedia daya atau tempat men-charge.

Di Solo terdapat 13 titik SPLU dan akan ditambah 22 SPLU di tahun ini dengan menyasar lokasi strategis. Keberadaan Bimo, Setiaki, dan SPLU ini diharapkan dapat membantu geliat ekonomi masyarakat. Namun penyediaan SPLU ini juga untuk menyiapkan apabila sepeda listrik mulai booming di Kota Bengawan.

“Masyarakat bisa memanfaatkan SPLU dengan membeli token listrik terlebih dahulu,” kata dia.

Sementara itu, PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga kembali memeriahkan SGS dengan memberikan potongan harga ke penumpang tujuan Solo (Stasiun Solo Balapan, Stasiun Solo Jebres, dan Stasiun Purwosari) dari berbagai daerah. Diskon yang ditawarkan tahun ini lebih banyak jika dibandingkan sebelumnya, yakni mencapai 20%.

Corporate Communication Manager PT KAI Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, menyampaikan diskon 20% diberikan ke penumpang untuk keberangkatan Senin, Selasa, dan Rabu, yakni pada 5, 6, 7, 12, 13, 20, 21, 26, 27, dan 28 Februari 2018.

Penumpang juga akan mendapat diskon 10% setiap Kamis, yakni pada 1, 8, dan 22 Februari 2018. Sedangkan diskon ini tidak berlaku untuk keberangkatan Jumat-Minggu, pada 2, 3, 4, 9, 10, 11, 23, 24, dan 25 Februari 2018 serta saat libur Imlek pada 14-18 Februari 2018.

Sebanyak 18 kereta api (KA) akan mengikuti program promo, yakni KA Argo Wilis, Argo Lawu, Argo Dwipangga, Gajayana, Bima, Turangga, Bangunkarta, Lodaya (pagi dan malam), Sancaka (pagi dan sore), Malabar, Malioboro Ekspres, Ranggajati, Mutiara Selatan, Senja Utama Solo, Majapahit, Jaka Tingkir, Singasari, dan Joglokerto.

“Pemesanan tiket promo ini hanya dapat dilakukan melalui loket di stasiun sejak Senin [22/1/2018] kemarin,” ujar Eko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya