SOLOPOS.COM - MAL IT -- Suasana IT Mall Computer Center Point (CCP) di Solo Center Point, Purwosari, Solo. Satu-satunya mal yang mengkhususkan diri untuk penyediaan produk IT ini membidik pasar pelajar dan mahasiswa. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

MAL IT -- Suasana IT Mall Computer Center Point (CCP) di Solo Center Point, Purwosari, Solo. Satu-satunya mal yang mengkhususkan diri untuk penyediaan produk IT ini membidik pasar pelajar dan mahasiswa. (JIBI/SOLOPOS/Sunaryo Haryo Bayu)

SOLO – IT Mal Computer Center Point (CCP) di Solo Center Point (SCP) membidik segmen pasar khusus anak-anak sekolah. Pengelola CCP SCP, Ikhwan N Hidayat, menyampaikan segmen pasar ini jadi fokus pasar utama setidaknya untuk satu bulan pertama sejak IT Mal CCP beroperasi di Kota Solo.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

“Jadi pasar yang kami bidik memang segmented,” kata Ikhwan, Selasa (29/5/2012). Maka dari itu, manajemen IT Mal CCP setiap pekannya rutin menggeber berbagai aktivitas dengan melibatkan sekolah-sekolah. Program ini merupakan upaya memperkenalkan IT Mal kepada masyarakat. “Di awal operasional kami tidak ada target transaksi. Tapi kami ingin IT Mal ini bisa lebih dikenal masyarakat.”

Ikhwan menyampaikan IT Mal CCP sudah beroperasi selama dua pekan. Dari 90 toko yang ada di mal tersebut, masih ada 18 kios yang belum terjual. IT Mal pertama di Solo itu, lanjut dia, rupanya dilirik oleh banyak pengusaha IT dari Jogja, Semarang, Jakarta bahkan Surabaya. “Tapi akan kami tawarkan dulu ke pemain lokal. Dan pertengahan Juli kami optimistis semua toko sudah terisi.”

Manajemen Dagang
Dia menyebutkan, masing-masing toko IT di IT Mal berlomba memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen yang datang. Hanya kelemahannya, kata dia, mayoritas pedagang di IT Mal belum memahami manajamen berdagang di mal. Dia mencontohkan, banyak pedagang yang sudah menutup usahanya pada sore hari. Selain itu ada juga yang libur pada saat hari Minggu. “Ini yang akan kami edukasi kepada penyewa toko. Pasar mal efektif adalah pada malam hari dan hari Minggu, maka mal kami buka pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB. Bahkan ke depan rencananya akan lebih lama, dari pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.”

Edukasi kepada konsumen juga akan dilakukan. Karena menurut Ikhwan, konsumen IT di Solo masih beranggapan bahwa jam kerja toko IT hanya sampai pukul 16.00 WIB. Kondisi ini membuat tingkat kunjungan masyarakat ke IT Mal masih terbilang minim. Tapi, lanjut Ikhwan, dengan kondisi sekarang nilai transaksi dari toko sudah terbilang tinggi. “Karena orang datang ke mal pasti untuk belanja.”

Seperti diketahui, IT Mal CCP adalah mal IT pertama dan terbesar di Solo yang menyediakan fasilitas one stop service mulai dari penjualan produk, servis hingga penyediaan PC rakitan dan aksesoris. Pengelola IT Mal CCP, Iwan Hermawan, pernah menyebutkan mal tersebut ditarget bisa meraup tingkat kunjungan 3.000 orang per hari. Pihaknya pun optimistis dalam kurun waktu dua bulan pasar di IT Mal CCP sudah bisa terbentuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya