SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Foto: Detikcom)

Jakarta (Solopos.com)–Soal untuk Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat telah selesai dicetak.
Soal-soal itu dipastikan akan mulai terdistribusi pada H-1 UN atau pada Minggu (17/4/2011).

“Jadi soal-soal ini akan didistribusikan pada H-1 ke rayon-rayon,” ujar Wakil Gubernur DKI, Prijanto, saat berkunjung ke  percetakan PT Balai Pustaka, Kawasan Industri Pulo Gadung, Jakarta Timur.

PT Balai Pustaka terpilih sebagai percetakan yang mencetak soal-soal ujian baik di tingkat SMA, SMP dan SD.

Soal itu nantinya akan didistribusikan ke 27 rayon. PT Balai Pustaka sudah mempersiapkan 75 armada yang akan membawa soal-soal itu untuk dikirimkan melalui PT Pos Indonesia.

“Masing-masing rayon ada tiga mobil box, kunci box dipegang oleh pengawas lain yang langsung ke rayon itu,” terang manager produksi PT Balai Pustaka, Andi Rivai di kesempatan yang sama.
Andi juga bertugas sebagai koordinator pengadaan soal UN.

Andi tidak memperinci berapa banyak soal yang dicetak. Dia memastikan soal-soal ini aman dari kebocoran.

“Insya Allah aman, karena kita tidak perkenankan orang lain masuk sekalian petugas. Tidak boleh bawa masuk alat elektronik,” tutur Andi.

Untuk mengerjakan soal-soal ini sedikitnya 140 petugas dikerahkan. Soal dipastikan telah siap sejak 2 pekan lalu.

“Sekarang sudah pengkaplingan, Minggu dikirim. Petugas bekerja dari pukul 08.00 WIB sampai 20.00 WIB dengan jumlah kertas yang dihasilkan tiap satu jam 12 ribu kertas soal perjam,” jelas Andi.

Untuk soal-soal yang rusak PT Balai Pustaka memastikan akan dihancurkan agar tidak disalahgunakan pihak-pihak tidak bertanggung jawab. “Untuk kertas yang gagal langsung dihancurkan,” ucapnya.

(Detikcom/nad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya