SOLOPOS.COM - Logo SNMPTN (Dok/JIBI/Solopos)

SNMPTN 2015 segera dimulai. Sejumlah sekolah di Solo menyiapkan tim khusus untuk mengisi PDSS dan mendamingi siswa memilih perguruan tinggi.

Solopos.com, SOLO – Jelang pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015, sejumlah sekolah di Kota Solo menyiapkan tim khusus untuk pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS).

Promosi BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel

Selain itu, sekolah juga mendampingi siswa dalam memilih jurusan di PT yang dituju.

Kepala SMA Negeri (SMAN) 3 Solo, Makmur Sugeng, saat dihubungi solopos.com melalui telepon genggamnya, Senin (2/2/2015), mengemukakan, sekolah tersebut saat ini dalam proses pengelolaan PDSS.

Tim yang dipersiapkan sekolah untuk mengelola PDSS terdiri atas dua lini, yakni dari kurikulum dan Bimbingan dan Konseling (BK).

“Nantinya proses entry [memasukkan] data di bawah pengawasan kurikulum, serta ada petugas khususnya. Selain itu, kami juga mengerahkan BK yang peranannya sebagai konseling para siswa,” ungkap Sugeng.

Dia menjelaskan dalam proses pengisian PDSS tersebut, siswa akan dilibatkan dan didampingi agar cermat memilih jurusan di PT yang dituju. Menurut dia, hal itu agar siswa tidak sembarangan dalam memilih.

Dihubungi terpisah, Kepala SMA Muhammadiyah 2 Solo, Sri Darwati, menyampaikan hal senada. Meskipun saat ini sekolah dan siswa masih berkonsentrasi pada kesiapan ujian nasional (UN), pihaknya juga telah menyiapkan tim khusus menyusul adanya sosialisasi dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo terkait SNMPTN 2015 pekan lalu.

Diakuinya, pembentukan tim khusus untuk PDSS dilakukan tahun ini.

“Kalau tahun lalu, siswa sendiri yang mengisikan. Tapi untuk tahun ini, siswa akan didampingi tim, di antaranya dari tiga wakil kepala sekolah, guru BK, dan admin,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Eksekutif Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) UNS Solo, Sunardi, mengatakan sejauh ini, belum ada sekolah yang menghubungi pihak UNS terkait pengisian PDSS. Dia menjelaskan, data PDSS nantinya langsung masuk ke panitia pusat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya