SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Sekitar 240 orang dari 2.441 orang yang telah dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), gugur. Sebab mereka tidak hadir dalam tahap registrasi on desk yang dilakukan di kampus UNS, Selasa (17/6/2014).

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Panitia Lokal (Panlok) 44 UNS, Sutarno. “Data terakhir, ada sekitar 240 orang yang tidak hadir [registrasi],” terang dia. Selain itu, ada 41 peserta yang diterima Bidikmisi yang tidak hadir.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

“Awalnya 43 orang yang tidak hadir. Tapi ada dua orang yang menyusul, alasannya karena tidak tahu informasinya. Jadi total yang tidak hadir ada 41 orang,” lanjut dia. Sebelumnya dia mengatakan jika peserta Bidikmisi yang telah diterima melalui SNMPTN tapi tidak diambil, maka otomatis akan dicoret dari daftar. Meskipun peserta tersebut kembali diterima di UNS melalui jalur SBMPTN.

Sutarno mengatakan, berdasarkan surat edaran dari Dikti pada 16 Juni lalu, UNS mendapatkan kuota 618 orang. Namun sampai saat ini baru terisi 577 orang. Dengan begitu masih tersisa kuota 41 orang. “Jadi nanti akan kami data lagi siapa yang berhak mendapatkan Bidikmisi. Sebab saat pendaftaran dulu yang mestinya berhak menerima Bidikmisi tapi dari sekolah asal tidak direkomendasikan juga banyak,” jelas dia.

Mengenai peserta SNMPTN yang tidak menghadiri proses registrasi on desk sebagai mahasiswa UNS, hal itu akan menjadi catatan tersendiri. Rektor UNS, Ravik Karsidi, mengatakan harus ada surat pernyataan dari sekolah asal jika peserta mengundurkan diri. “Tahun ini kami minta, untuk pengunduruan diri [peserta SNMPTN] harus diketahui kepala sekolah asal,” jelas dia, Selasa.

Selanjutnya, akan ada peringatan khusus atau sanksi bagi sekolah asal calon mahasiswa tersebut. Sebab mereka dinilai tidak serius merekomendasikan siswanya untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Berdasarkan data dari Panlok 44, jumlah peserta SNMPTN yang diterima di UNS sebanyak 2.441 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya