SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO — Peminat pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 yang tidak direkomendasi sekolah dipastikan tidak akan diproses. Sebab, rekomendasi sekolah menjadi poin  penting, khususnya bagi peminat yang memilih prodi yang memberikan syarat menyertakan keterampilan.

Ketua Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) 2013 UNS, Sutarno, mengatakan rekomendasi yang diberikan sekolah itu menjadi patokan panitia SNMPTN 2013 untuk menyatakan peminat diterima atau tidak.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

“Kalau tidak ada rekomendasi itu, kami tidak bisa melihat nilai praktik itu bisa dipercaya atau tidak,” ungkapnya saat menggelar jumpa pers di gedung rektorat UNS, Rabu (27/3/2013).

Bidang keterampilan yang dimaksud yakni kesenian dan olahraga. Menurutnya, bidang itu ada pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fakultas Sastra dan Seni Rupa (FSSR). Prodi yang dimaksud, di antaranya Pendidikan Seni Rupa, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Kriya Seni, Seni Rupa Murni, Desain Interior dan Desain Komunikasi Visual.

Meski demikian, Sutarno tidak memiliki jumlah pasti peminat yang belum direkomendasi pada bidang keterampilan itu. Menurutnya, pendaftar bidang keterampilan di UNS pada FKIP ada sekitar 700 peminat dan pada FSSR ada sekitar 500 peminat.
Dia menegaskan keterampilan itu memiliki bobot 50%-60% dari total penilaian.

“Jika tidak ada rekomendasi akibatnya fatal karena itu adalah salah satu syaratnya. Apalagi, bobot untuk keterampilan yang harus direkomendasi itu mencapai 50 persen untuk olahraga dan 60 persen untuk seni,” jelasnya.

Meski demikian, peminat SNMPTN 2013 pada bidang non keterampilan yang tidak diberikan rekomendasi tetap bisa diproses.
“Kalau untuk bidang selain keterampilan tidak mengalami masalah, masih bisa diproses,” paparnya.

Saat ini, seleksi untuk SNMPTN masih dalam proses dan pengumuman akan dilakukan pada 28 Mei.

Terpisah, Rektor UNS, Ravik Karsidi, mengimbau peminat SNMPTN 2013 yang tidak direkomendasi sekolah supaya tidak terlalu khawatir. Menurutnya peminat yang tidak akan diproses itu masih memiliki kesempatan untuk diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) dari dua jalur lainnya, yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi (UMBPT).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya