SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dok/JIBI/SOLOPOS)

SOLO–Panitia pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 akhirnya memberikan waktu tambahan kepada sekolah khusus untuk merekomendasi siswanya sampai Senin (11/3/2013) pukul 22.00 WIB. Sebab, hingga ditutupnya pendaftaran SNMPTN 2013 pada Jumat (8/3/2013), masih ada ribuan siswa yang belum direkomendasi sekolah.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Ketua SNMPTN 2013 Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Sutarno, mengungkapkan perpanjangan waktu itu tidak berlaku untuk siswa yang ingin mendaftar.

“Pendaftaran tetap ditutup [Jumat], tapi proses penyelesaian tahapan sampai rekomendasi siswa bisa dilakukan sampai Senin. Jadi, bagi yang baru mendaftar tetap tidak bisa,” kata Sutarno saat ditemui wartawan di sela-sela acara jalan santai yang digelar dalam rangka Dies Natalis ke-37 UNS, di kampus Kentingan,akhir pekan kemarin.

Pihaknya mengaku sudah menghubungi ratusan kepala sekolah (kasek) di wilayah sosialisasinya yang belum memberikan rekomendasi. Total, ada 534 sekolah yang belum memberikan rekomendasi pendaftar SNMPTN 2013 di Jawa Tengah (Jateng) pada Jumat. Sebanyak 534 sekolah itu dihubungi oleh empat perguruan tinggi negeri (PTN) yang ada di Jateng. Keempat PTN itu adalah UNS, Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

Dari ratusan sekolah itu, mayoritas yang belum memberikan rekomendasi adalah SMK dan MA. Dia menegaskan peminat yang sudah mendaftarkan diri tapi belum mendapatkan rekomendasi dari sekolah, tidak bisa mencetak kartu sebagai tanda pendaftar SNMPTN.  Menurutnya, sekolah yang belum memberikan rekomendasi 100% kepada siswanya disebabkan tidak tahu adanya rekomendasi yang harus dilakukan.

“Sedangkan, yang kurang 10 persen itu mungkin sedang mempertimbangkan atau malah tidak memberikan rekomendasi kepada siswa karena tidak sesuai dengan kemampuan,” katanya.

Sebelumnya, dia mengatakan di Solo juga ada puluhan sekolah yang belum melakukan rekomendasi. Namun, dia enggan untuk menyebutkan sekolah mana saja yang belum memberikan rekomendasi. Padahal, panitia SNMPTN UNS mengaku sudah memberikan penjelasan terkait hal itu saat sosialisasi kepada ratusan sekolah.

“Sampai Sabtu ini jumlah pendaftar di UNS baik pada pilihan pertama dan kedua ada lebih dari 80.000 peminat. Dari jumlah itu, 45.000 di antaranya memilih UNS sebagai pilihan pertama,” jelas Sutarno.

Dari 45.000 peminat, sambungnya, masih ada sekitar 2.000 peminat yang belum direkomendasi sekolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya