SOLOPOS.COM - SMP SKO Solo menerapkan Kurikulum Merdeka namun dengan penyesuaian. (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—SMP Khusus Olahraga atau SKO Kota Solo mengenakan kurikulum Merdeka, namun ada beberapa penyesuaian. 

Kepala SKO Kota Solo, Bambang Sigid Pramono, mengatakan kurikulum pembelajaran tetap mengikuti pemerintah dengan kurikulum merdeka namun tetap ada penyesuaian. Penyesuaian tersebut disesuaikan dengan jadwal latihan siswa.

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

“Ini sementara kita pakai kurikulum merdeka nanti kita modifikasi, misal di jam kegiatan belajar mengajar (KBM) itu masuknya kurang siang,” kata dia ketika dihubungi Jumat (18/8/2023).

Menurutnya untuk saat ini latihan pagi para siswa tidak maksimal lantaran terlalu mepet dengan KBM di sekolah. “Jadinya anak-anak yang olahraga atau latihan di jam pagi belum maksimal tapi harus kejar waktu untuk sekolah,” kata dia.

Saat ini SMP Khusu Olahraga yang sudah membuka angkatan pertama itu masih menempati SMPN 1 Solo. Rencananya setelah pembangunan gedung SMP SKO yang baru selesai, para siswa bakal pindah.

“Nanti kalau sudah menempati gedung baru, tetap pakai kurikulum merdeka tapi akan kita modifikasi,” lanjut dia.

Dia mengatakan meski gedung sudah selesai, namun fasilitas dan sarana prasarana belum lengkap. Pihaknya juga masih menunggu pemenuhan guru yang saat ini belum lengkap. 

“Mungkin 1 September sudah lengkap, jadi kita tunggu dulu ada konfirmasi untuk bisa pindah,” kata dia. Dia mengatakan saat ini guru yang tersedia baru lima.

Sub Koordinator Pendidikan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Solo, Sugeng Haryadi mengatakan fasilitas yang sudah tersedia baru penunjang pembelajaran. Menurutnya sarana prasarana untuk keperluan latihan masih kurang.

“Karena itu masih kurang GOR indoor untuk latihan sama untuk multi spotnya kan belum. Ini yang dibangun baru kelas-kelas sama ruangan untuk kegiatan belajar mengajar, tapi untuk fasilitas latihan belum,” kata dia.

Dia masih menunggu pemenuhan fasilitas untuk menunjang para siswa yang terdiri dari 12 cabang olahraga (Cabor) itu latihan. Saat ini SMP SKO Kota Solo terdapat 12 cabor yakni atletik, renang, tenis, tenis meja, panahan, bola voli, sepakbola, taekwondo, pencak silat, karate, anggar, dan judo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya