SOLOPOS.COM - Suasana pagi SDN Mojo di Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Foto diambil belum lama ini. SDN Mojo direncanakan menjadi SMAN 9 Solo pada PPDB 2023. (Istimewa/Sigit Pambudi)

Solopos.com, SOLO—Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 9 Solo tidak masuk daftar zonasi di surat keputusan (SK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah.  SK bernomor 420/06582 itu tentang penetapan wilayah zonasi penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA Negeri di Jawa Tengah 2023/2024.

Pada SK tersebut hanya ada delapan SMA yang terdaftar daerah zonasi Kota Solo. Sedangkan SMAN 9 Solo belum tercantum.

Promosi BRI Bantu Usaha Kue Kering di Sidoarjo Berkembang Kian Pesat saat Lebaran

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah, Uswatun Hasanah, menjelaskan meski tidak tercantum di SK, pihaknya memastikan SMAN 9 Solo tetap membuka pendaftaran untuk PPDB tahun ajaran 2023/2024.

“Karena izin baru turun, Nanti [SK] menyusul,” kata dia ketika dihubungi Solopos.com, Selasa (23/5/2022).

Hal senada disampaikan oleh Plt Kepala Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Wilayah VII Jawa Tengah, Suratno. Dia juga memastikan SMAN 9 Solo tetap membuka pendaftaran. Saat ini pihaknya sedang menunggu izin Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah.

“Apabila izin selesai maka [SK] akan segera disusulkan. Sementara ini mempercepat proses izin dulu,” kata dia kepada Solopos.com, Selasa (23/5/2023).

Setelah izin keluar, Suratno menjelaskan tinggal menunggu SK Pendirian SMAN 9 Solo. “Nanti kalau SK Pendirian sudah jadi akan kita usulkan untuk masuk daftar PPDB,” lanjut dia.

Sebelumnya, Camat Pasar Kliwon, Solo, Ahmad Khoironi, berharap realisasi SMA baru di kecamatan Pasar Kliwon bisa segera terselesaikan. Mengingat sistem zonasi masih menjadi persoalan di kecamatan yang dia pimpin itu, karena belum ada satupun SMA berdiri di zona itu.

“Mohon doanya, prosesnya lancar sehingga tahun ini sudah bisa PPDB SMAN 9 Solo,” kata dia ketika dihubungi Solopos.com, Minggu (14/5/2023).

Pria akrab disapa Roni itu yakin Juni mendatang warga Pasar Kliwon sudah bisa mendaftarkan anaknya ke sekolah baru tersebut.  “Karena saat ini semua stakeholders berkomitmen dan bersinergi untuk percepatan proses tersebut,” kata dia.

Menurut dia, sampai sejauh ini proses pengadaan SMAN 9 Solo sudah sesuai jalur. Dia menunggu proses perizinan yang saat ini sedang diurus Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII. “Semua proses sudah dilaksanakan oleh stakeholders terkait, sehingga target PPDB tahun ini masih on the track,” lanjut dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya