SOLOPOS.COM - Slank akan berkolaborasi dengan gamelan milenial dalam rangka satu abad SD Pangudi Luhur Solo. (Instagram/@slankdotcom)

Solopos.com, SOLO–SD Pangudi Luhur bersama Yayasan Lintas Cakrawala dan Milenial Gamelan akan menghadirkan konser Slank di Kota Solo. Ini merupakan salah satu rangkaian acara memperingati satu abad SD Pangudi Luhur. 

Kepala SD Pangudi Luhur Solo, Adi, mengatakan sekolah yang dia pimpin itu berdiri sejak 3 April 1923. “Maka pada 2023 ini kita merayakan seratus tahun, kami dari Desember sudah mengadakan gowes, jalan sehat, donor darah, lalu konser Slank,” kata dia dalam jumpa pers, Jumat (24/2/2023).

Promosi Jangkau Level Grassroot, Pembiayaan Makro & Ultra Mikro BRI Capai Rp622,6 T

Konser yang akan berlangsung di Benteng Vastenburg Solo, Kamis (4/3/2023) pukul 19.00 WIB ini mengusung konsep yang unik. Pasalnya band bergenre Rock n Roll itu akan dikolaborasikan dengan para musisi gamelan. 

Ketua Yayasan Lintas Cakrawala ISI Solo, Iwan Darmawan, menyebut sudah ada empat lagu yang disiapkan untuk dikolaborasikan dengan musik tradisional gamelan.

“Slank punya kepedulian tidak hanya pada gamelan, tapi juga musik-musik nusantara, sehingga lahirlah konsep band nasional yang disandingkan dengan musisi lokal,” ujar dia.

Selain itu juga akan ada tari tradisional dan kontemporer yang mengiringi Slank selama manggung. Iwan berharap dengan adanya perpaduan antara musik Slank dan gamelan bisa memberi warna baru. 

“Kami harap ada harmoni karena kita tahu musik Slank itu dari barat, sedangkan kita masyarakat Jawa ada pelog dan slendro. Makanya kita lihat harmonisasi yang tercipta,” kata dia. 

Ketua panitia konser Slank, Dukhe Manesye, mengatakan acara tersebut sepenuhnya ditujukan untuk amal. Nantinya hasil konser digunakan untuk kegiatan kemasyarakatan baik itu sosial, pendidikan, dan budaya. 

“Ini acara donasi, mereka yang berdonasi dapat undangan, dan donasi akan kami salurkan untuk kegiatan sosial, budaya, dan pendidikan,” kata dia.

Meski begitu dia menegaskan acara konser Slank tidak terbatas untuk keluarga besar Pangudi Luhur semata, namun juga untuk umum. 

Panitia memperkirakan kapasitas penonton di Benteng Vastenburg sekitar 10.000 orang. Bagi masyarakat umum dan Slankers yang ingin nonton wajib berdonasi terlebih dahulu melalui aplikasi Goers.

“Nanti setelah itu bagi yang sudah donasi dikirim undangan,” kata dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya