SOLOPOS.COM - Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 Achmad Yurianto memberikan keterangan pers. (Antara/Sigid Kurniawan)

Solopos.com, SOLO -- Sebanyak 8.882 orang Indonesia terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan data hingga 26 April 2020. Jumlah itu bertambah 275 orang dibandingkan sehari sebelumnya yang masih 8.607 orang.

Sementara jumlah orang terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dunia bertambah 23 orang menjadi 743 orang. Di sisi lain, pasien yang sembuh dari penyakit tersebut juga bertambah sebanyak 65 orang menjadi 1.107 orang.

Promosi BRI Dipercaya Sediakan Banknotes untuk Living Cost Jemaah Haji 2024

Data tersebut diungkapkan Juru Bicara Pemerintah RI untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, dalam konferensi yang disiarkan Kompas TV, Minggu (26/4/2020).

Jemput Santri Ponpes Temboro, Sopir Meninggal dalam Mobil di Madiun

Data yang sama mengenai situasi Covid-19 pada 26 April mengungkapkan masih ada 19.648 pasien dalam perawatan atau PDP di berbagai rumah sakit di Indonesia. Sementara jumlah orang dalam pemantauan atau ODP masih sebanyak 209.040 orang.

"Saat ini ada 46 laboratorium yang beroperasi memeriksa sampel secara real time PCR [polymerase chain reaction] dengan jumlah orang yang dites sebanyak 56.974 orang," ujar Achmad Yurianto.

Kedisiplinan Masyarakat

Lebih lanjut, Achmad Yurianto mengatakan Provinsi DKI Jakarta masih menduduki peringkat teratas jumlah kasus positif Covid-19 yakni 3.798 orang, sembuh 335 orang, meninggal 353 orang.

Gejala Baru Covid-19: Indra Penciuman dan Perasa Hilang, Pizza Serasa Kardus

Sementara Jawa Tengah (Jateng) berdasar situasi Covid-19 Indonesia 26 April yang diumumkan website covid19.go.id, tercatat berada di peringkat keempat. Di Jawa Tengah ada 649 kasus positif, 72 orang sembuh, dan 58 orang meninggal dunia.

Dibanding sehari sebelumnya, di Jateng ada penambahan kasus positif sebanyak 28 orang, sembuh bertambah 14 orang, dan meninggal bertambah empat orang.

Dalam konferensi pers tersebut, Yuri menekankan kembali pentingnya kedisiplinan masyarakat mematuhi anjuran-anjuran pemerintah. Di antaranya agar tetap tinggal di rumah, tidak bepergian. tidak mudik.

Ibu Rumah Tangga Positif Corona dari Mangkubumen Solo Tak Punya Riwayat ke Luar Kota

Gotong royong yang terus menerus tanpa putus juga menjadi kunci penting untuk membendung persebaran Covid-19 yang pada 26 April telah menjangkiti 8.882 orang itu.

"Jika terpaksa keluar rumah, jangan lupa pakai masker dan batasi waktu beraktivitas di luar rumah. Segera pulang, bersihkan diri, cuci tangan pakai sabun, cuci masker dan ganti dengan yang baru," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya