News
Rabu, 27 September 2023 - 14:32 WIB

Siswa SD di Jaksel Meninggal karena Jatuh dari Lantai IV, Disdik Lakukan Ini

Newswire  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi garis polisi (polri.go.id)

Solopos.com, JAKARTA – Seorang siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Jakarta Selatan meninggal dunia diduga karena terjatuh dari lantai IV gedung sekolahnya, setelah sebelumnya sempat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Fatmawati.

“Benar, tidak tertolong,” kata Kapolsek Pesanggrahan Kompol Tedjo Asmoro saat dimintai konfirmasi di Jakarta, Selasa (27/9/2023) seperti dilansir Antara.

Advertisement

Tedjo menjelaskan peristiwa itu terjadi pada pukul 08.00 WIB. Korban saat itu sedang bermain dengan teman-teman sekelas di pilar lantai IV gedung sekolah.

“Tidak lompat. Dia main-main di pilar terjatuh,” katanya.

Tedjo juga memastikan korban bukan melakukan percobaan bunuh diri dan ini sesuai dengan keterangan beberapa saksi yang sudah diperiksa.

Advertisement

“Lagi main main di pilar terjatuh. Iya bukan bunuh diri. Kan ada yang lihat juga posisi dia, di situ dari gurunya,” katanya.

Terkait kejadian ini, Tedjo mengaku telah meminta keterangan sejumlah teman-teman korban termasuk guru-guru yang saat itu ada di lokasi.

Dia juga membantah, siswa SD itu merupakan korban perundungan oleh teman-temannya.

Advertisement

“Tidak ada [perundungan]. Sementara ini kita tanya-tanya, tidak ada itu di sekolah. Apalagi masih-masih anak SD. Tadi, kita juga tanya guru mereka,” ujarnya.

Sementara itu Tedjo menambahkan jenazah telah diserahkan ke pihak keluarga.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta fokus melakukan pemulihan trauma siswa maupun guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Jakarta Selatan tersebut, setelah kejadian.

“Kalau evaluasi kita justru mengarah ke ‘next’ [tahap selanjutnya],” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Purwosusilo saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (27/9/2023) seperti dilansir Antara.

Pihaknya harus menjaga agar jangan sampai teman anak di SD itu maupun guru yang melihat atau dengar, ada trauma dan ada pengaruh. “Itu yang penting,” katanya.

Menurut Purwosusilo, siswa dan guru ataupun pihak sekolah yang ada di lokasi pasti akan penasaran dan melihat langsung kejadian ataupun mendengar cerita dari orang lain.

Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan DKI Jakarta bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak Dan Pengendalian Penduduk (DPPAPP) Provinsi DKI Jakarta, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dalam menyelesaikan persoalan tersebut.

Selain itu, Purwosusilo menyebutkan, pemulihan dan pendampingan bukan hanya dilakukan untuk siswa SDN 06 Pesanggrahan, tetapi berlaku untuk seluruh siswa di DKI Jakarta demi tujuan ke depannya yang lebih baik.

“Kita general aja, karena semua bisa dengar, lihat, semua siswa dan pendampingan juga berlaku untuk seluruh siswa di DKI Jakarta,” katanya.

Apalagi anak-anak pasti tahu peristiwa itu. “Anak-anak kan juga bisa lihat berita, video, internet dan lain sebagainya, maka kita akan berikan pendampingan,” kata Purwosusilo.

Adapun proses belajar-mengajar di SDN lokasi kejadian di Jakarta Selatan, dihentikan sementara. Proses berlangsung lewat pembelajaran jarak jauh (PJJ) hingga waktu yang belum ditentukan.

“Hari ini kan masih ada ‘police line’, kita jaga, menghormati itu karena semua sudah ditangani juga kan, maka pembelajaran tetap berlangsung tetapi jarak jauh, PJJ hari ini,” kata Purwosusilo.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menegaskan, tidak ada perundungan terhadap siswa SDN 06 Pesanggrahan, Jakarta Selatan, yang tewas setelah terjatuh dari lantai 4 gedung sekolahnya.

“Tidak [dirundung], tidak begitu. Ini ada gurunya, ada kepala sekolahnya, ada dari sudin, ada bapaknya, ada semua di sini,” kata Purwosusilo.

Purwosusilo menyebutkan, siswa itu sebelumnya mengikuti pelajaran bersama gurunya dan melakukan kegiatan olahraga di lapangan sekolah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif