SOLOPOS.COM - Suasana galian pengeboran air yang mengeluarkan semburan gas alam di Panongan, Kabupaten Tangerang. (Azmi Samsul Maarif)

Solopos.com, TANGERANG — Warga Kampung Panongan, RT001/RW701, Desa Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten menemukan potensi gas alam, saat membuat sumur bor untuk kebutuhan air bersih di area pemukiman warga.

Rojani, 48, warga Kampung Panongan, Kecamatan Panongan, di Tangerang, Rabu, mengatakan penemuan yang diduga gas tersebut terjadi saat warga membuat sumur bor pada Selasa (26/9/2023), sekitar pukul 14.20 WIB.

Promosi UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi bagi Pemudik di Pekalongan

Peristiwa terjadi ketika salah satu warga hendak membangun rumah dan membuat sumur bor untuk keperluan pembangunan di samping pekarangan. 

Setelah mengebor sekitar kedalaman 28 meter, seketika dari dalam galian mengeluarkan lumpur serta asap putih dan bau khas seperti gas.

“Pengeboran itu sekitar 28 meter langsung keluar air, tapi tidak lama disusul keluar lumpur dan gas,” katanya.

Setelah kejadian tersebut, proses pengeboran yang dilakukan warga itu dihentikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Setelah keluarnya semburan gas itu, langsung dilaporkan ke polisi dan BPBD,” tutur dia.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang Ujat Sudrajat membenarkan perihal penemuan potensi gas alam olah warga.

Pihaknya telah melakukan pengecekan langsung ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk memastikan adanya potensi kebocoran gas alam tersebut.

“Kemarin, kita sudah cek lokasi. Memang benar ada semburan lumpur dan gas,” ujarnya.

Ia mengungkapkan untuk proses penyelidikan lebih lanjut, kegiatan penggalian itu telah diperintahkan untuk diberhentikan.

“Dalam hal ini kami juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang untuk melakukan pengujian,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya